Archive Pages Design$type=blogging

Rendah Tingkat Wajib Lapor Mahasiswa

Wajib lapor mahasiswa perantau yang tidak digubris terus menghantui Kelurahan Cempaka Putih. Sosialisasi terus-menerus digencarkan tapi tidak pernah menuju hasil akhir.



Plakat bertuliskan “1x24 jam tamu wajib lapor” terpampang di setiap tembok indekos di Kelurahan Cempaka Putih, Ciputat, Tangerang Selatan. Wilayah di samping Kampus Satu Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta tersebut, memiliki lahan cukup luas bagi pemukiman indekos mahasiswa perantau. Namun, sedikit dari mereka yang mengurus administrasi kepada Ketua RT/RW setempat. Tidak jarang pula pemilik indekos tidak mengurusi penghuninya dan merasa cukup dengan mereka melunasi tagihan bayar. 


Menurut Daryadi, selaku Ketua RT 03, masalah ini berulang kali dibahas dalam Forum RT/RW dan tidak pernah mendapat respons yang maksimal baik dari pemilik indekos maupun mahasiswa. Padahal, lima puluh persen penghuni wilayah RT 03 adalah mahasiswa. Tapi, mereka dan pemilik indekos kurang pro aktif untuk melapor domisili ke pihak Ketua RT setempat. 


Daryadi menganggap tempat strategis Kelurahan Cempaka Putih di samping Kampus Satu, membuat para mahasiswa memilih bermukim di sana. Ia menilai pihak kampus seharusnya berperan menginstruksikan kepada mahasiswa perihal tanggung jawab mereka di lingkungan baru. Selama tiga periode dirinya menjabat, belum ada sosialisasi dari pihak kampus supaya mahasiswa kondusif mengurus domisili. “Pesan saya jangan sampai mahasiswa menjadi beban lingkungan,” katanya, Selasa (8/11). 


Fahri Husaen, Mahasiswa Program Studi (Prodi) Akidah dan Filsafat Islam mengaku tidak pernah dimintai Kartu Tanda Penduduk (KTP) oleh pemilik indekos sejak pertama kali menyewa. Selama tiga bulan bermukim, ia tidak tahu kalau ada kewajiban mengurus domisili ke pihak Ketua RT setempat. Laki-laki asal Purwakarta itu, pernah kehilangan laptop dan gawainya. Kemudian ia tidak tahu harus melapor hal itu ke siapa. “Sempat saya melapor ke pemilik indekos. Tapi, dia cuma bilang ‘hati-hati biasa gitu emang’,” tuturnya, Selasa (8/11).

 

Ketua RW 03, Sapri membenarkan apa yang dialami Fahri. Kejadian pencurian barang, kerap terjadi pada mahasiswa yang bermukim di Kelurahan Cempaka Putih. Sapri sudah berkali-kali mengingatkan, agar pemilik indekos meminta KTP calon penghuninya  dan mengurus status domisili mereka ke pihak Ketua RT. “Gara-gara mereka tidak tercatat di kelurahan kita. Ya, kita pasrahkan kepada pengurus RT tempat asal mereka,” ungkapnya, Selasa (8/11).


Salah satu pemilik indekos, Akbar, mengiyakan seharusnya pemilik indekos menyarankan agar penghuninya melapor domisili mereka ke pihak Ketua RT. Mahasiswa sebenarnya paham dengan isi plakat “1x24 jam tamu wajib lapor” hanya saja, mereka segan atau tidak tahu rumah RT/RW setempat. Akibatnya, semisal terjadi kehilangan, mereka tidak bisa berkoordinasi dengan RT/RW setempat dan pihak kepolisian. “Memang tidak semua pemilik indekos merealisasikan wajib lapor demikian,” ucapnya, Senin (14/11). 


Al Syafiq Juliandra Mahasiswa Prodi Akidah dan Filsafat Islam asal Riau menuturkan, sejak pertama menyewa indekos ia telah dimintai KTP oleh pemilik indekos. “Setahu saya itu buat identitas biar saling kenal saja. Saya kagak kepikiran soal wajib lapor itu. Dan saya kira tanpa wajib lapor seperti itu, indekos saya aman-aman saja,” tuturnya singkat. 


Reporter: FS

Editor: Syifa Nur Layla

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism Edisi LXVI Edisi XLVI english edition humanitas Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah Majalah Institut newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel video wawancara
false
ltr
item
PERSMA INSTITUT - UIN JAKARTA: Rendah Tingkat Wajib Lapor Mahasiswa
Rendah Tingkat Wajib Lapor Mahasiswa
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh7Hu3CdFmzK-91iKtgTVOmpu1-XD8XCqw-RYnIThXRABr_Jje_7rT_0KtBJ4CeE81O2zzeBJKecxicogt_8FECXjQCYJkrZoAMLh_lk9-_Xgt0JqyLuXd7am53NfskZ9VCskKQOX73-aDPowv9rGvVGpUPhxHf6Iyepzj36svlVMo7DZkB9SE9dRlPXQ/s320/png_20221117_192850_0000.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh7Hu3CdFmzK-91iKtgTVOmpu1-XD8XCqw-RYnIThXRABr_Jje_7rT_0KtBJ4CeE81O2zzeBJKecxicogt_8FECXjQCYJkrZoAMLh_lk9-_Xgt0JqyLuXd7am53NfskZ9VCskKQOX73-aDPowv9rGvVGpUPhxHf6Iyepzj36svlVMo7DZkB9SE9dRlPXQ/s72-c/png_20221117_192850_0000.png
PERSMA INSTITUT - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2022/11/rendah-tingkat-wajib-lapor-mahasiswa.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2022/11/rendah-tingkat-wajib-lapor-mahasiswa.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago