Archive Pages Design$type=blogging

Terombang-ambing di Pulau Reklamasi

 


Pulau Reklamasi menjadi persoalan lama di pesisir Jakarta Utara. Sejak adanya pulau  tersebut, hidup para nelayan sekitar dibuat terombang-ambing.


Zainal, seorang nelayan di Muara Angke mengatakan kebijakan Ahok yang membangun Pulau Reklamasi di tahun 2014 menuai perhatian para nelayan di Muara Angke, Jakarta Utara. Pasalnya, Pulau Reklamasi membawa dampak negatif terhadap ekosistem pantai dan hasil tangkap para nelayan. Adanya pembangunan Pulau Reklamasi, ucapnya,  meresahkan para nelayan sehingga melayangkan aksi penolakan pada 2017. 

Agus, seorang nelayan yang telah bekerja selama tiga tahun mengatakan pembangunan Pulau Reklamasi sempat terhenti karena aksi penolakan yang dilakukan oleh para nelayan pada 2017. Ia menambahkan karena sudah terlanjur dibangun pemerintah, akhirnya pembangunan Pulau Reklamasi kembali dilanjutkan. “Pemerintah mengiming-imingkan akan ditutup pembangunan Pulau Reklamasi. Namun ternyata, hanya ditutup sementara,” ucap Agus, Minggu (23/10). 

Laut yang diuruk, ujar Agus, untuk menjadi perumahan membuat ikan otomatis berpindah. Ia menambahkan, rusaknya ekosistem ikan, adanya limbah, dan rusaknya karang laut menjadi penyebab ikan berpindah jauh. 

Agus dan para nelayan di Muara Angke akhirnya mencari ikan ke tengah-tengah pulau lantaran ikan yang berpindah jalur. Bahkan para nelayan, ujar Agus, harus menambah bahan bakar minyak (BBM) solar 70–100 liter.

Agus mengkritik pemerintah karena kinerjanya yang tidak memuaskan. "Kalau masih mau diakui oleh rakyat, terjun lah ke lapangan hingga ke pelosok-pelosok Indonesia," tegas Agus, Minggu (23/10). 

Salah satu nelayan Muara Angke, Oki mengatakan Pulau Reklamasi juga membahayakan keselamatan para nelayan. Ia menambahkan, tiga kapal kecil pernah tenggelam karena terlalu mepet terbentur batu. Selain itu, Oki dan para nelayan lain harus berlayar ke berbagai pulau untuk mendapatkan ikan. “Kami harus pergi jauh ke Pulau Karawang, Pantai Marunda, Pulau Seribu, Pulau Untung Jawa, Pulau Bidadari, dan Pulau Putri,” tutur Oki, Minggu (23/10). 

Di sisi lain, Asep terpaksa berhenti dari pekerjaannya dan  beralih menjadi pemulung. Padahal, dirinya telah mengemban pekerjaan tersebut selama delapan tahun lamanya. “Selain risiko yang besar, seperti terjebak badai, penghasilannya juga tidak sesuai dengan kebutuhan keluarga,” ujar Asep, Minggu (23/10).

Asep berharap  agar pemerintah tidak berdiam diri di kantor dan turut melihat langsung keadaan rakyatnya. Asep melanjutkan, pemerintah harus ikut serta dan tidak hanya menyuruh bawahan yang sekadar menyerahkan laporan.

Reporter:  PA

Editor: Aisyah Fitriani Arief

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism Edisi LXVI Edisi XLVI english edition humanitas Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah Majalah Institut newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel video wawancara
false
ltr
item
PERSMA INSTITUT - UIN JAKARTA: Terombang-ambing di Pulau Reklamasi
Terombang-ambing di Pulau Reklamasi
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjSldrsNtOAPo2XLVQ01f0r7SUSKfk_x9QCtuzaSr3SFkxWMrN0VvUEPyzEAaajLmkfv9046p-vIWukk_rP9YHE_aDAbNTuLvDyE70lPEHimPi1V3t9oWb6Z9FnTPPuJieJxHTQJ_-XMEWJsU5qJbPXEtsGUjnExQrLw2eUxuhem0nG2ISxuTmYaWlFTQ/s320/20221025_203350_0000.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjSldrsNtOAPo2XLVQ01f0r7SUSKfk_x9QCtuzaSr3SFkxWMrN0VvUEPyzEAaajLmkfv9046p-vIWukk_rP9YHE_aDAbNTuLvDyE70lPEHimPi1V3t9oWb6Z9FnTPPuJieJxHTQJ_-XMEWJsU5qJbPXEtsGUjnExQrLw2eUxuhem0nG2ISxuTmYaWlFTQ/s72-c/20221025_203350_0000.png
PERSMA INSTITUT - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2022/10/terombang-ambing-di-pulau-reklamasi.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2022/10/terombang-ambing-di-pulau-reklamasi.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago