Archive Pages Design$type=blogging

Hutan Kota Tingkatkan Kualitas Udara Jakarta

 


Terletak di Kembangan, Jakarta Barat, Hutan Kota Srengseng (HKS) hadir sebagai upaya meningkatkan kualitas udara di Jakarta. Selain mewujudkan upaya tersebut, hutan kota memiliki variasi pohon yang beragam.


Memasuki hutan kota, terdapat gapura kayu yang bermakna sebagai penyambut kedatangan pengunjung. Terdapat taman bermain dan pohon rindang di sisi kanan dan kiri gapura yang memberi hawa sejuk. Memasuki kawasan utama hutan kota, terlihat danau yang melentang lebar dikelilingi berbagai pohon mentereng dan megah. Tiap batang serta daun yang ada di hutan kota saling berhimpitan sehingga memberi kesan estetik dan cendayam dipandang mata.

Dengan membayar 2 ribu rupiah saja, pengunjung sudah dapat menikmati sejuknya Hutan Kota Srengseng. Pengunjung yang membawa kendaraan roda dua akan dikenakan biaya 2 ribu rupiah, sedangkan kendaraan roda empat dikenakan 4 ribu rupiah. HKS juga dilengkapi dengan fasilitas panjat tebing dan taman bermain anak. 

Penjaga HKS Rojak menuturkan, hutan kota hadir sebagai penghasil oksigen dan daerah resapan air di tengah hiruk pikuk kota. Rojak lanjut mengatakan, HKS masuk ke dalam kategori hutan konservasi sehingga sesuai untuk wisata edukasi masyarakat. “Terdapat kode QR yang berisi informasi detail pada setiap pohon,” ucap Rojak, Jumat (8/7).

Rojak lanjut mengatakan, berbagai fasilitas yang ada di HKS dapat dimanfaatkan oleh pengunjung sebagai bentuk pengoptimalan hutan. Masyarakat pun dapat menggelar berbagai kegiatan seperti festival budaya di HKS. 

Rojak menambahkan, HKS berbeda dengan hutan kota lainnya, sebab HKS termasuk dalam Kelompok Tani Hutan (KTH), sehingga tanaman yang ditanam menghasilkan sesuatu berupa jahe merah, tanaman hias, dan pembibitan. Tak hanya fokus pada tanaman, kata Rojak, HKS juga berfokus pada budidaya lebah trigona yang madunya bermanfaat bagi tubuh manusia. Hasil tersebut nantinya juga ditawarkan dan dijual ke khalayak luas.

Lanjut, kata Rojak, pemeliharaan HKS dilakukan dengan cara membersihkan tiap sudut hutan dengan menyapu, memotong rumput liar yang berseliweran di sekeliling tanaman, dan membersihkan danau dari berbagai daun kering yang berjatuhan. "Tujuannya agar menjadikan HKS terawat, nyaman, bersih saat dikunjungi," tutur Rojak, Jumat (8/7).

Pengunjung HKS, Nabila mengaku mengunjungi HKS sebab dekat dengan tempat tinggalnya. Suasana yang sejuk dan menawan juga menjadi alasannya mengunjungi HKS. Nabila berharap, fasilitas di KHS lebih dikembangkan agar pengunjung yang datang lebih ramai.  “Secara keseluruhan HKS sudah bagus, namun fasilitas yang ada di HKS perlu dikembangkan lagi,” kata Nabila, Jumat (8/7).

Serupa dengan Nabila, pengunjung lainnya, Nurma mengaku HKS menjadi tempat yang cocok untuk melepas penat, sebab suasananya yang tenang. “HKS memiliki hawa yang tentram di tengah situasi kota yang berkaru sehingga sesuai untuk kegiatan outdoor seperti piknik,” pungkas Nurma, Jumat (8/7).

Reporter: Aisyah Fitriani Arief

Editor: Nur Hana Putri Nabila


COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism Edisi LXVI Edisi XLVI english edition humanitas Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah Majalah Institut newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel video wawancara
false
ltr
item
PERSMA INSTITUT - UIN JAKARTA: Hutan Kota Tingkatkan Kualitas Udara Jakarta
Hutan Kota Tingkatkan Kualitas Udara Jakarta
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiaRZ3HLEh-USHwrgLHGxDXyt7aKulKunNFG3dMM4LSsxFsYofm_nzD-6GwygrYnJTWbwptoS6P4rq5AHwcXdrsjwO-s-OfRy6dEP3jbPEh9Iy6WNQK0m3fY9nwXLebXnEyuG3SwTU8ER9nq7i8byxCMugs05XP9p3B6s3vsdQv5HSpSrcp5FPReQzohg/s320/20220713_183547_0000.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiaRZ3HLEh-USHwrgLHGxDXyt7aKulKunNFG3dMM4LSsxFsYofm_nzD-6GwygrYnJTWbwptoS6P4rq5AHwcXdrsjwO-s-OfRy6dEP3jbPEh9Iy6WNQK0m3fY9nwXLebXnEyuG3SwTU8ER9nq7i8byxCMugs05XP9p3B6s3vsdQv5HSpSrcp5FPReQzohg/s72-c/20220713_183547_0000.png
PERSMA INSTITUT - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2022/07/hutan-kota-tingkatkan-kualitas-udara.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2022/07/hutan-kota-tingkatkan-kualitas-udara.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago