Archive Pages Design$type=blogging

Gerakan Moxie Melawan Kesenjangan Gender Di Sekolah



Judul Film     : Moxie

Sutradara    : Amy Poehler 

Genre        : Coming Of Age 

Rilis        : 3 Maret 2021

Durasi        : 111 Menit

Moxie yang tayang di netflix pada 3 Maret 2021 lalu, merupakan sebuah film bergenre coming-of-age. Diadaptasi dari novel dengan judul sama, yakni “Moxie” yang ditulis oleh Jennifer Mathieu. Bercerita tentang perjuangan seorang remaja perempuan untuk menyulut perubahan sosial yang ada di sekolahnya. 

Kisah bermula ketika salah satu siswi bernama Vivian dari Rockport High School memulai pergerakan sosial secara anonim. Pergerakan sosial ini disebabkan oleh diskriminasi dan seksisme terhadap perempuan yang terjadi di sekolah tersebut. Melihat ketimpangan ini, Vivian merasa tergerak untuk membuat perubahan. 

Di tempatnya bersekolah, Vivian kerap kali melihat perbuatan semena-mena siswa laki-laki terhadap siswa perempuan. Kala itu Mitchell (teman sekelasnya) tampak sedang membully Lucy yang merupakan siswa baru di sekolah tersebut. Menyaksikan langsung perbuatan diskriminasitersebut membuat Vivian merasa geram dan kesal dengan apa yang sudah dilakukan Mitchell kepada Lucy. 

Merasa dirinya ditindas oleh apa yang sudah dilakukan Mitchell, Lucy melaporkannya ke kepala sekolah. Berharap pihak sekolah membela kasusnya, tapi yang diterima justru sebaliknya. Pihak sekolah menuduh Lucy terlalu berlebihan dalam menanggapi perbuatan Mitchell. Vivian yang tahu kejadian ini menyarankan agar Lucy mengabaikan saja apa yang sudah dilakukan Mitchell. Namun bagi Lucy perempuan juga bisa bicara dan memiliki harga diri, untuk itu Lucy bertekad memperjuangkan keadilan. Melihat keberanian Lucy membuat Vivian semakin yakin untuk memulai pergerakan sosial.

Sesampainya di rumah, Vivian mencoba mencari barang-barang milik ibunya saat muda, ia menemukan zine/pamphlet dan beberapa foto aksi yang dilakukan ibunya ketika remaja. Mengetahui ibunya merupakan seorang aktivis perempuan, membuat Vivian terinspirasi untuk melakukan gerakan perlawanan terhadap ketimpangan gender yang ada di sekolahnya. 

Pergerakan dan perjuangan Vivian dimulai dengan membentuk zine atau pamphlet yang kemudian dikenal dengan sebutan ‘’Moxie.’’ Zine-zine yang tersebar di seluruh penjuru sudut sekolah diharapkan dapat meningkatkan kesadaran siswa akan masalah yang ada. Alhasil gerakan moxie ini tersebar dengan cepat dan mendapatkan banyak dukungan dari para siswa. 

Lucy bersama dengan semua siswa yang mendukung moxie, memulai aksinya dengan menghilangkan kata ketimpangan gender di sekolahnya, Lucy juga mengkandidatkan teman perempuannya untuk menjadi kapten football dan menerima beasiswa menggantikan Mitchell. Permasalahan semakin rumit ketika pihak sekolah tidak menanggapi apa yang dituliskan dalam moxie.Tak berhenti disitu saja, Vivian mencari cara untuk memprotes pihak sekolah dengan menyebarkan tulisan “RAPEPORT” yang berarti ada pemerkosaan di Rockport high school. Ia juga mengajak teman-teman moxie untuk keluar kelas ketika bel masuk berbunyi. 

Keesokan harinya para murid keluar dari pintu kelas dan berkumpul di halaman sekolah. Di momen inilah Vivian berani mengaku bahwa ia adalah orang dibalik berdirinya moxie. Kemudian Vivian dan teman-teman moxie nya bangkit untuk membuat moxie lagi karena ada kasus pelecehan seksual yang harus mereka selesaikan.

Meskipun film ini hanya mendapatkan rating 6,7/10 dari para penonton, film ini merupakan film yang cukup mencuri perhatian. Di sepanjang jalan cerita, penulis memperlihatkan berbagai bentuk perlawanan yang dilakukan remaja perempuan atas tindakan diskriminasi terhadap perempuan di sekolah tersebut. Tokoh Vivian sendiri digambarkan sebagai sosok yang tangguh dan berperan penting dalam pergerakan tersebut. 

Di film ini para siswa mempunyai latar belakang yang berbeda, tetapi memiliki masalah yang sama yaitu ketimpangan gender. Hal ini membuat mereka merasa perlu untuk menghentikan segala bentuk ketimpangan dan seksisme yang ada. Tak hanya itu film ini juga mengajarkan bahwa perempuan dapat menjadi pelopor pergerakan, atas diskriminasi yang terjadi. Terlepas dari itu, isu feminisme dalam film ini tidak mewakili sistem pendidikan secara global. Solusi yang diperlihatkannya dalam film ini juga kurang relevan terhadap sekolah-sekolah yang berada di negara lain. Seperti diwilayah Asia, yang tidak terlalu bebas dalam berpakaian dibandingkan Amerika Serikat. 

Ken Devina



COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism Edisi LXVI Edisi XLVI english edition humanitas Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah Majalah Institut newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel video wawancara
false
ltr
item
PERSMA INSTITUT - UIN JAKARTA: Gerakan Moxie Melawan Kesenjangan Gender Di Sekolah
Gerakan Moxie Melawan Kesenjangan Gender Di Sekolah
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiUxAU9i9IUmv6m9gr6qIuJNXKqDrWK2BYb_DQTHB1BcWMWuVElMJXdDDX18vnC9oOxxWi2EPwSeiMHEg6tphC35T40gSNGWNsZvm3NYG62mQoiGDKALShjxemMROTIg46Bcw5CgUQYVwBrQO4G0NGg2_h-BZsJ5X0ej9mnwzNy7vmZ8aRf-hInIphHuA/s320/1%20MOXIE.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiUxAU9i9IUmv6m9gr6qIuJNXKqDrWK2BYb_DQTHB1BcWMWuVElMJXdDDX18vnC9oOxxWi2EPwSeiMHEg6tphC35T40gSNGWNsZvm3NYG62mQoiGDKALShjxemMROTIg46Bcw5CgUQYVwBrQO4G0NGg2_h-BZsJ5X0ej9mnwzNy7vmZ8aRf-hInIphHuA/s72-c/1%20MOXIE.png
PERSMA INSTITUT - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2022/06/gerakan-moxie-melawan-kesenjangan.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2022/06/gerakan-moxie-melawan-kesenjangan.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago