Archive Pages Design$type=blogging

Bentrok Pelaksanaan KKN dan Kompetisi Pesona


Beberapa keresahan muncul dari mahasiswa yang mengikuti KKN dan kompetisi Pesona, sebab waktu pelaksanaannya yang bentrok.



Kementerian Agama Republik Indonesia akan mengadakan Pekan Seni dan Olahraga (Pesona) antar Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) se-Indonesia. Kompetisi antar mahasiswa ini akan digelar di Bandung, 8 sampai 13 Agustus 2022.  Pada waktu yang bersamaan, mahasiswa semester enam tengah melakukan program Kuliah Kerja Nyata (KKN).


Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta telah mempersiapkan delegasinya untuk mengikuti berbagai cabang perlombaan. Dalam proses pemilihan delegasi, pihak kampus memberi amanat kepada beberapa Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) untuk turut membantu. 


Menurut keterangan Ketua Federasi Olahraga Mahasiswa (Forsa) Dimas, dalam memilih delegasi, UKM memiliki kewenangan untuk melakukan tahapan seleksi awal. Usai diseleksi oleh pihak UKM, nantinya daftar nama peserta akan disetorkan kepada pihak kampus. “Seleksi dilakukan oleh setiap UKM terlebih dahulu," ungkap Dimas, Selasa (14/6).


Menanggapi proses pemilihan delegasi, Ikhwan, Kepala Bagian (Kabag) Kemahasiswaan mengatakan pemilihan utusan lomba harus melalui UKM, sebab UKM merupakan organisasi intrakampus yang mewadahi berbagai bidang keahlian mahasiswa. "Sejak awal masuk, pihak kampus sudah mengimbau bagi mahasiswa yang punya keahlian untuk ikut UKM, itu sudah termasuk proses seleksi," kata Ikhwan, Kamis (16/6).


Salah satu delegasi yang ikut dua kegiatan, KKN dan Pesona, menuturkan keresahannya. Luthfi mengaku fokusnya terbagi antara KKN dan kompetisi Pesona, sebab jadwal pelaksanaannya yang bentrok. Luthfi juga mengaku hal ini mengakibatkan jadwal latihannya menjadi sedikit berantakan. "Bentroknya waktu pelaksanaan membuat jadwal latihan intensif Pesona berantakan," tutur Luthfi, Rabu (15/6).


Hal serupa turut dikeluhkan oleh Hasya, menurutnya dengan bentroknya dua kegiatan ini, dirinya harus bisa membagi waktu dengan baik. Ia juga mengaku gelisah terkait nasib nilai akhir KKNnya nanti. "Saya berharap pihak kampus, PPM, dan dosen pembimbing bisa berkomunikasi dengan baik, agar tidak berpengaruh ke nilai akhir KKN mahasiswa," ujar Hasya, Minggu (19/6).


Tak hanya mereka, Okki, mahasiswa semester 6 juga mengutarakan keluhan serupa. Baginya kedua kegiatan itu sangat penting. Lanjut Okki, mahasiswa tidak bisa meninggalkan salah satu dari kegiatan tersebut. Ia berharap pihak kampus bersifat bijak dalam menyikapi hal ini. "Supaya mahasiswa mendapat keringanan dan tidak tertinggal dalam KKN," ujar Okki, Selasa (21/6).


Pihak kampus langsung merespons terkait masalah tersebut. Ikhwan menegaskan, kampus akan memberikan surat tugas yang ditandatangani oleh rektor. "Kampus akan memberikan surat tugas, sebab ikut Pesona juga termasuk pengabdian," jelasnya, Kamis (16/6).


Kepala Pusat Pengabdian Masyarakat (PPM) UIN Jakarta, Kamarusdiana, turut menanggapi bahwa PPM akan memberikan izin bagi delegasi yang mengikuti kompetisi tersebut. Kamarusdiana lanjut menuturkan, permasalahan tersebut tak akan berpengaruh ke nilai akhir KKN apabila ada komunikasi antara mahasiswa dengan dosen pembimbing. "Komunikasikan dengan baik antara teman satu kelompok dan dosen pembimbing, pasti ada solusi terbaik," pungkasnya, Kamis (16/6).


Reporter: M. Naufal Waliyyuddin

Editor: Nur Hana Putri Nabila


COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism Edisi LXVI Edisi XLVI english edition humanitas Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah Majalah Institut newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel video wawancara
false
ltr
item
PERSMA INSTITUT - UIN JAKARTA: Bentrok Pelaksanaan KKN dan Kompetisi Pesona
Bentrok Pelaksanaan KKN dan Kompetisi Pesona
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhg1zwcKzqDGyEWF7Oyl93ZYwUH4zOTpndxMjmbkM13T7CwN0ukKXbinq1jWnUe4spLk1wu8EXteU8izcoNi6kyMefE8e1j3jk0uv24-abtMYinYYOc7lgGcO3rS-zWZIh7mLkqO2bJ2siXcjNODSVPvotAty06yq0RplQgbF3JTLFjnudHMq8Vq8mrYQ/s320/Template%20Instagram%20(1).png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhg1zwcKzqDGyEWF7Oyl93ZYwUH4zOTpndxMjmbkM13T7CwN0ukKXbinq1jWnUe4spLk1wu8EXteU8izcoNi6kyMefE8e1j3jk0uv24-abtMYinYYOc7lgGcO3rS-zWZIh7mLkqO2bJ2siXcjNODSVPvotAty06yq0RplQgbF3JTLFjnudHMq8Vq8mrYQ/s72-c/Template%20Instagram%20(1).png
PERSMA INSTITUT - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2022/06/bentrok-pelaksanaan-kkn-dan-kompetisi.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2022/06/bentrok-pelaksanaan-kkn-dan-kompetisi.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago