Archive Pages Design$type=blogging

Rawat Lingkungan Lewat Aksi Kepedulian

Komunitas Kejar Mimpi Tangerang Selatan (KMTS) for Change mengadakan kegiatan peduli lingkungan yang diselenggarakan di Kelurahan Kedaung, Kecamatan Pamulang, Tangerang Selatan. Aksi peduli lingkungan yang berlangsung pada Sabtu (12/3) ini mengusung tema "Hadiah dari Kami untuk Merawat Lingkungan". 

Terkait pemilihan Pamulang sebagai tempat aksi, Ketua Pelaksana aksi Wiwit Purwoedi menjelaskan, wilayah tersebut dipilih sebab terdapat kesenjangan sosial yang nyata jika dibandingkan dengan wilayah sekitarnya, khususnya dengan kawasan Bumi Serpong Damai (BSD). 


Selain itu, di Pamulang, sungai dan lahan kosong seringkali dijadikan tempat untuk membuang sampah oleh masyarakat setempat. Meski begitu, kata dia, saat ini masyarakat setempat sudah mulai memiliki kesadaran untuk menjaga kebersihan lingkungan. 


Wiwit mengungkapkan, kegiatan ini dilakukan dalam beberapa tahap dengan tujuan untuk memberikan dampak yang berkepanjangan. Ia tak ingin kegiatan yang diinisiasi komunitasnya hanya menjadi angin lalu saja. Oleh sebab itu, pihaknya akan memantau perkembangan programnya secara berkala. 


Ia lanjut mengatakan, kegiatan ini dilakukan melalui 5 tahap. Pertama, edukasi mengenai pentingnya merawat lingkungan serta tindakan yang dapat merusak lingkungan. Kemudian tahap kedua, mengedukasi masyarakat perihal tata kelola sampah yang tepat. 


Tahap selanjutnya, memantau dan memastikan bahwa masyarakat telah membuang sampah secara tertib. Keempat, sampah yang sudah terkumpul akan langsung dibawa ke Tempat Pemrosesan Akhir (TPA). Kelima, berkolaborasi dengan karang taruna setempat untuk membimbing masyarakat dalam mengelola sampah agar nantinya, sampah tersebut dapat menjadi produk yang memiliki nilai jual.


“Kita sebagai generasi pembawa perubahan perlu mengedukasi masyarakat dan memberikan arahan yang tepat untuk merawat lingkungan," ucap Wiwit kepada Institut, Sabtu (12/3).


Masyarakat setempat merasa sangat antusias dengan kehadiran komunitas Kejar Mimpi Tangerang Selatan. Sebagaimana yang dirasakan Hani, salah seorang warga setempat yang menuturkan bahwa kegiatan ini sangat memberikan dampak positif bagi lingkungannya. 


"Kami sangat terbantu dengan programnya," kata Hani, Sabtu (12/3).


Reporter: Nurul Sayyidah Hapidoh, Febria Adha Larasati

Editor: Haya Nadhira 




COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism Edisi XLVI english edition humanitas Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah Majalah Institut newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel video wawancara
false
ltr
item
PERSMA INSTITUT - UIN JAKARTA: Rawat Lingkungan Lewat Aksi Kepedulian
Rawat Lingkungan Lewat Aksi Kepedulian
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEjq5vGGvcs0USMSD_h2ahvHQ6t1w0hnziZREvcbNVQzyWgyF4-LHwvX2h3t8VCBgAaET_00uewqGEv4rAy5jmMm8BBMXaQhQQHZ1z8PxOHAlEDj0cuQVHrdnSTTJVZ7CSmhBDtENG7PV_AHWtq6WhQpYx6d_pyauYhsttnAq5Y1qWrB2COKI1pxb92hwg=s320
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEjq5vGGvcs0USMSD_h2ahvHQ6t1w0hnziZREvcbNVQzyWgyF4-LHwvX2h3t8VCBgAaET_00uewqGEv4rAy5jmMm8BBMXaQhQQHZ1z8PxOHAlEDj0cuQVHrdnSTTJVZ7CSmhBDtENG7PV_AHWtq6WhQpYx6d_pyauYhsttnAq5Y1qWrB2COKI1pxb92hwg=s72-c
PERSMA INSTITUT - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2022/03/rawat-lingkungan-lewat-aksi-kepedulian.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2022/03/rawat-lingkungan-lewat-aksi-kepedulian.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago