Archive Pages Design$type=blogging

Konservasi Berbuah Objek Wisata


Alam memang selalu menawarkan jutaan keindahan yang sangat indah untuk dinikmati oleh manusia. Salah satu keindahan alam tersebut berada di dalam Taman Wisata Alam Angke-Kapuk yang berlokasi di Muara Angke, Jakarta Utara.

Taman Wisata Alam Angke—Kapuk ini memiliki hutan bakau yang terkonservasi dengan baik. Penanggung Jawab Konservasi Taman, Resi Djati mengatakan bila konservasi ini sudah dilakukan sejak 2002. Membangun dan menanam pohon bakau bersama komunitas lingkungan lainnya, akhirnya membuahkan hasil: taman wisata yang bisa dinikmati keindahan dan keasriannya oleh semua orang.

Pengunjung yang datang ke taman wisata ini dapat membeli tiket masuk seharga Rp30 ribu(hari biasa) atau Rp35 ribu (hari libur) untuk dewasa dan Rp20 ribu untuk anak di bawah usia 12 tahun. Memasuki taman wisata, pengunjung akan langsung disapa oleh salah satu spesies fauna yang ada di taman wisata ini, yaitu biawak. 

Biawak di Taman Wisata Alam Angke—Kapuk ini, ucap Resi, berkembang biak dengan baik dan berkeliaran di sekitar hutan bakau. Selain biawak, Resi Djati mengatakan bahwa kurang lebih terdapat 60—70 spesies fauna yang terdapat di Taman Wisata Alam Angke ini, baik spesies yang hidup di darat maupun di air. “Sedangkan flora yang tumbuh selain hutan bakau, terdapat pepohonan yang lain, seperti api-api dan pidada,” jelas Resi, Kamis (2/12).

Pengunjung Taman Wisata Alam Angke-Kapuk Dewi menuturkan, di samping tempat wisata yang bagus dan banyak spot untuk berswafoto, masih terdapat kekurangan. “ Masih kurang tempat makan,” ucapnya, Kamis (2/12).  Kondisi ini diakui oleh salah seorang Kasir Toko Makanan taman wisata itu, Ahmad. 

Dia mengungkapkan jika pada hari biasa, hanya sedikit tempat makan yang dibuka. Namun, lanjut Ahmad, bila hari libur para pedagang kaki lima akan ramai berjualan di sekitar taman wisata. “Suasana taman wisata pun menjadi sangat ramai,” tuturnya, Kamis (2/12). 

Penjaga Tiket Taman Wisata Alam Angke-Kapuk, Wandi mengatakan memang pada hari biasa pengunjung yang datang ke Taman Wisata Alam Angke—Kapuk ini kira-kira hanya berkisar 140 pengunjung. Sedangkan pengunjung pada hari libur bisa bertambah tujuh kali lipat. “Pengunjung yang datang berkisar 1000 orang,” ungkap Wandi, Kamis (2/12). 

Selain memiliki spot foto yang Instagramable untuk para pengunjung, Taman Wisata Alam Angke—Kapuk ini juga memiliki wisata air untuk para pengunjung yang ingin menikmati keindahan hutan bakau dengan menyewa perahu atau speedboat dengan harga yang berbeda mulai dari yang Rp50 ribu—Rp450 ribu tergantung kapasitas dan kualitas perahu atau speedboat yang disewa.

Selain itu, bagi para pengunjung yang ingin merasakan suasana malam hari di hutan bakau, Taman Wisata Alam Angke—Kapuk menyediakan penginapan yang harga dan kapasitas kamarnya dapat dilihat dan diakses melalui RedDoorz. Taman Wisata Alam Angke–-Kapuk ini juga memiliki tempat yang unik dan menarik untuk acara pernikahan, jika ada para pengunjung yang ingin menikah di sana.       

AFM


COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism Edisi XLVI english edition humanitas Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah Majalah Institut newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel video wawancara
false
ltr
item
PERSMA INSTITUT - UIN JAKARTA: Konservasi Berbuah Objek Wisata
Konservasi Berbuah Objek Wisata
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEguRofpm79LdP8UHkJEvCD7vIWvEiwT5KoJ7uHiptvy58dgCeZuPiNeytiz846Zn7Nb8VNEi4eRQAuIESJPaCjZmK7nTeoVEKAuzei3YdTEjsjGbH_K8CH-Vc3kmdzklcM149mcVYmWgK1gqg6xVazkZvrKSos5iHVHnDW4EZ8Qe2ivVg0v6hLtoSE9zw=s320
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEguRofpm79LdP8UHkJEvCD7vIWvEiwT5KoJ7uHiptvy58dgCeZuPiNeytiz846Zn7Nb8VNEi4eRQAuIESJPaCjZmK7nTeoVEKAuzei3YdTEjsjGbH_K8CH-Vc3kmdzklcM149mcVYmWgK1gqg6xVazkZvrKSos5iHVHnDW4EZ8Qe2ivVg0v6hLtoSE9zw=s72-c
PERSMA INSTITUT - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2021/12/konservasi-berbuah-objek-wisata.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2021/12/konservasi-berbuah-objek-wisata.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago