Archive Pages Design$type=blogging

Perjuangan Menuntut Keadilan

Film : The Mauritanian 

Sutradara : Kevin Macdonald

Durasi : 129 Menit

Rilis : 12 Februari 2021 

Genre : Drama, Thriller, Dokumenter

Dua bulan setelah serangan teroris di World Trade Center (WTC) di kota New York, keluarga Mohamedou Ould Slahi mengadakan sebuah pesta di Mauritania. Ketika pesta berlangsung, secara tiba-tiba seorang polisi datang dan membawa pergi Slahi dari pesta. Sesaat kemudian Ia memperhatikan sosok ibunya yang semakin menjauh dan mengecil dari kaca mobil. Pemandangan emosional yang mengisyaratkan akan pertemuan terakhir dengan ibunya.

Mohamedou Ould Slahi ditangkap karena diduga menjadi dalang pengeboman WTC. Hal yang mendasari penangkapan dia, karena namanya yang mirip dengan nama tersangka pelaku teroris. Selain itu, dari jejak akademisnya, Ia memiliki hubungan dengan tersangka lainnya. Alasan lainnya ialah dari riwayat teleponnya yang pernah terhubung dengan satelit seluler milik Osama bin Laden. Tiga hal tersebut cukup untuk membuat Slahi tertuduh sebagai perekrut dan pendanaan dalam  serangan 9 September.

Akibat hal tersebut, Slahi harus mendekam di hotel prodeo untuk waktu yang cukup lama. Dirinya menghabiskan sisa hidupnya untuk berjuang dari penjara militer Amerika Serikat di Teluk Guantanamo di Kuba. Selama itulah, Slahi mencoba menguatkan diri, menjaga keimanannya dan membuktikan bahwa Ia tidak bersalah. Slahi menuliskan pengalamannya dalam sebuah buku yang bertajuk Guantanamo Diary, buku tersebut yang pada akhirnya diangkat ke layar lebar oleh sutradara Kevin MacDonald.

The Mauritanian ini mengisahkan perjuangan seseorang untuk meraih keadilannya. Film ini menggambarkan setiap detail kejadian, hingga penonton dapat merasakan ketegangan yang terdapat di cerita. Perjuangan dalam film ini melalui dua sudut pandang cerita, yakni  tentang usaha pengacara yang mencari cara dan bukti-bukti bahwa penahanan Slahi sama sekali tidak berdasar. Hal lainnya yaitu mengisahkan tentang Slahi sendiri yang harus bertahan dari segala tekanan di dalam penjara.

Film ini membuat penonton bertanya-tanya apakah Slahi benar bersalah atau tidak. Akting Tahar Rahim pada film ini cukup baik dalam menggambarkan periode gelap yang harus dihadapi Slahi di penjara. Para penegak hukum merasa menyiksa, memanipulasi hingga melecehkan narapidana. Menjelang akhir film kita akan melihat bagian penyiksaan yang digambarkan dengan cukup nyata.

Benedict Cumberbatch yang berperan sebagai pengacara pihak penuntut memiliki konflik tersendiri. Karakter ini punya motivasi personal untuk menghukum Slahi. Dia adalah sahabat dari pilot pesawat yang dibajak teroris pasca peristiwa 9/11. Tapi dalam perjuangannya menyusun tuntutan, dia menyadari kejanggalan dalam tindakan aparat.

The Mauritanian ini berhasil menggambarkan kejadian nyata yang dialami tokoh utama. Film ini mendapat beberapa penghargaan Pada Penghargaan Golden Globe ke-78 dan meraih nominasi untuk Aktor Terbaik (Tahar Rahim) dan Aktris Pendukung Terbaik (Jodie Foster). Sementara di ajang British Academy Film Award ke-74, film ini memeroleh lima nominasi, termasuk Best FilmOutstanding British Film, dan Best Actor.

MAW

 


 

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism Edisi XLVI english edition humanitas Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah Majalah Institut newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel video wawancara
false
ltr
item
PERSMA INSTITUT - UIN JAKARTA: Perjuangan Menuntut Keadilan
Perjuangan Menuntut Keadilan
https://1.bp.blogspot.com/-rIc11fZDIHQ/YaTS3syH9XI/AAAAAAAANDk/q-Wl2cfPr8gOahCdaTYBoX7f0_lWQka1wCLcBGAsYHQ/s320/Adobe_Post_20211129_1143560.16619875918573324.png
https://1.bp.blogspot.com/-rIc11fZDIHQ/YaTS3syH9XI/AAAAAAAANDk/q-Wl2cfPr8gOahCdaTYBoX7f0_lWQka1wCLcBGAsYHQ/s72-c/Adobe_Post_20211129_1143560.16619875918573324.png
PERSMA INSTITUT - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2021/11/perjuangan-menuntut-keadilan.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2021/11/perjuangan-menuntut-keadilan.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago