Archive Pages Design$type=blogging

Merawat Ingatan untuk Munir

 

Upaya merawat ingatan dengan menelusuri kembali jejak Munir Said Thalib, pegiat hak asasi manusia yang dibunuh 17 tahun silam masih terus dilakukan. Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) bersama gerakan pembela HAM Sahabat Munir menggelar diskusi dan nonton bareng film dokumenter “Kiri Hijau Kanan Merah”, Selasa (7/9) kemarin secara virtual.

Film dokumenter garapan Dandhy Dwi Laksono itu merupakan karya advokasi pertama Watchdoc yang dirilis pada 9 Desember 2019. Misi pemutaran film dan diskusi HAM ini adalah untuk merawat kembali ingatan tentang sosok Munir. Ia tewas diracun di pesawat saat hendak merantau ke Belanda.

Ketua Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) Asfinawati meminta agar kasus pelanggaran HAM segera dituntaskan. Menurutnya, hal itu menjadi tantangan bersama bagi para pegiat HAM dan seluruh masyarakat Indonesia. Ia mendesak sekaligus menagih janji Presiden Joko Widodo untuk segera menyelesaikan kasus tersebut.

“Dalam kasus ini Presiden bertanggung jawab kepada publik,” tegas Asfinawati.

Ada beberapa hal, kata Asfi, yang harus dilakukan pemerintah dalam menangani kasus pelanggaran HAM. Pertama, menagih janji Peninjauan Kembali (PK) dari Kejaksaan Agung. Kedua, membuka temuan Tim Pencari Fakta (TPF) yang masih bisa dikembangkan. Yang terakhir, mendorong pembuatan TPF baru.

Ia menambahkan, siapa dalang di balik kejahatan kemanusiaan yang tega merenggut nyawa itu bisa saja terungkap.

Komisioner Pemantauan/Penyelidikan Komisi Nasional (Komnas) Hak Asasi Manusia, Mohammad Choirul Anam menegaskan bahwa kasus pembunuhan Munir amat penting untuk dituntaskan. Hal ini untuk memastikan bahwa tata kelola negara sudah dijalankan dengan benar.

“Kasus Munir adalah kunci dari banyaknya rangkaian kasus pelanggaran HAM yang belum dituntaskan oleh negara,” ungkap Anam.

Novia Astriani, penggagas Sahabat Munir, kerap menyuarakan aksi dan kampanye kreatif bersama komunitasnya untuk menyuarakan kasus Munir.

“Waktu itu pernah melakukan aksi bersama komunitas vespa untuk aksi gerakan Munir,” ucap Novia

Selain komunitas vespa, juga terdapat elemen masyarakat lain yang ikut tergabung dalam gerakan kampanye yang digagas oleh Sahabat Munir, seperti mahasiswa, masyarakat perkotaan kelas menengah ke bawah, komunitas petani di Batam, bahkan masyarakat yang dulu pernah dibantu oleh Munir.

“Berpuluh-puluh bus mereka datang dari Batam hanya untuk menyaksikan sidang putusan Munir,” ungkap Novia

Novia dan kawan-kawan Sahabat Munir ingin menyebarluaskan semangat anak muda untuk terlibat dalam kampanye-kampanye yang mendukung penuntasan kasus pelanggaran HAM.

“Anak muda bisa menyalurkan gagasan dan aspirasinya dalam penuntasan pelanggaran HAM di Indonesia lewat wadah Sahabat Munir ini,” ajak Novia.

Anggita Raissa Amini

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition humanitas Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel video wawancara
false
ltr
item
PERSMA INSTITUT - UIN JAKARTA: Merawat Ingatan untuk Munir
Merawat Ingatan untuk Munir
https://1.bp.blogspot.com/-Ad2KioK95m0/YTgfMJJXznI/AAAAAAAAM3Y/gJK_7y8CUP4eHgH5YQfbbmbI-7rg4KTFQCLcBGAsYHQ/s320/WhatsApp%2BImage%2B2021-09-08%2Bat%2B09.21.55.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/-Ad2KioK95m0/YTgfMJJXznI/AAAAAAAAM3Y/gJK_7y8CUP4eHgH5YQfbbmbI-7rg4KTFQCLcBGAsYHQ/s72-c/WhatsApp%2BImage%2B2021-09-08%2Bat%2B09.21.55.jpeg
PERSMA INSTITUT - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2021/09/merawat-ingatan-untuk-munir.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2021/09/merawat-ingatan-untuk-munir.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago