Archive Pages Design$type=blogging

Gangguan Kesehatan Mental Akibat Kelelahan


Penyebaran Covid-19 di Indonesia belum juga mengalami penurunan. Hal tersebut meningkatkan beban kerja tenaga kesehatan. Kelelahan fisik dan mental dapat menyebabkan burnout syndrome atau keletihan mental. Berdasarkan riset Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) tahun 2020 menyebutkan selama masa pademi Covid-19, sekitar 83% khususnya tenaga kesehatan mengalami burnout syndrome tingkat sedang dan berat.

Menanggapi fenomena tersebut, Reporter Institut Didya Nur Salamah melakukan wawancara khusus dengan Dewi Soemarko, Ketua Tim Peneliti dari Program Studi Magister Kedokteran Kerja Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (MKK FKUI), terkait burnout syndrome atau keletihan mental, pada Selasa (11/5).

Apa itu burnout syndrome?

Burnout syndrome dapat dikatakan sebagai sebuah kondisi gejala psikologis manusia akibat stresor yang terjadi secara berlebihan. Seseorang yang mengalami burnout syndrome sering menunjukkan sikap sangat tidak bersemangat atau kurang bergairah dalam melakukan pekerjaannya. Burnout syndrome bukan penyakit mental, tetapi gangguan kesehatan mental akibat kelelahan. Seseorang yang mengalami burnout syndrome dalam posisi antara sakit dan tidak sakit sehingga harus ditolong segera.

Bagaimana gejala-gejala dari burnout syndrome?

Terdapat beberapa karakterstik utama dari gejala-gejala burnout syndrome ini, yaitu kelelahan yang berlebihan (emotional exhaustion), memiliki perasaan yang cenderung negatif atau sikap sinis dan rasa terasingi (depersonalization), dan merasa kurang cakap atau tidak berprestasi (reduced personal accomplishment).

Apa faktor dari penyebab burnout syndrome itu sendiri?

Berbagai faktor mempengaruhi tingginya burnout syndrome, khususnya pada tenaga kesehatan di masa pademi Covid-19. Jenis pekerjaan atau spesialisasi, waktu kerja, karakteristik individu, dan manajemen rumah sakit atau tempat kerja  merupakan beberapa faktor diantaranya.

Apakah burnout syndrome ini hanya menyerang hanya pada kalangan tertentu saja?

Fenomena ini dapat dialami oleh para pekerja, termasuk pekerja di dunia kesehatan. Seperti dokter, perawat, dan bidan yang sering terpajan dengan kondisi stres yang tinggi. Tidak hanya itu, para tenaga kesehatan pun harus menangani pasien dan juga berhadapan langsung  dengan reaksi emosi para pasien.

Apakah burnout syndrome ini kemungkinan dapat memicu seseorang melakukan bunuh diri?

Umumnya, burnout syndrome ini tidak memicu seseorang melakukan bunuh diri. Namun, apabila ada faktor lainnya seperti adanya stres yang tinggi dan rasa takut yang ada di lingkungan sekitarnya, dapat mendorong seseorang tidak dapat mengontrol kondisi psikologisnya. Hal tersebut memungkinan dapat menyebabkan seseorang  berpikiran untuk mengakhiri hidupnya. Sindrom ini memiliki beberapa tingkatan diantaranya  ringan, sedang dan berat.

Bagaimana penanganan individu yang dapat dilakukan?

Penanganan yang utama adalah mengenali gejala burnout syndrome, seperti rasa lelah yang luar biasa (emotional exhaustion), perasaan terasingi, perasaan negatif, sikap sinis (depersonalization), dan merasa kurang kompeten atau tidak berprestasi (reduced personal accomplishment). Setelah itu, usahakan untuk membuat lingkungan kerja menjadi lebih kondusif, dan mencari segera penyebabnya dari mana dan mencoba mengurangi penyebab tersebut. Berikan pendampingan kepada pekerja tersebut dan berikan semangat. Untuk penyembuhan burnout syndrome ini sifatnya sangat individual.

Didya Nur Salamah


COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition humanitas Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel video wawancara
false
ltr
item
PERSMA INSTITUT - UIN JAKARTA: Gangguan Kesehatan Mental Akibat Kelelahan
Gangguan Kesehatan Mental Akibat Kelelahan
https://1.bp.blogspot.com/-GOUIiwJLRSU/YLguNvTFGpI/AAAAAAAAMoE/FHjKtiPmiZEZqrxEjLeX3ExXNzJN32TLgCLcBGAsYHQ/s320/IMG-20210603-WA0010.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-GOUIiwJLRSU/YLguNvTFGpI/AAAAAAAAMoE/FHjKtiPmiZEZqrxEjLeX3ExXNzJN32TLgCLcBGAsYHQ/s72-c/IMG-20210603-WA0010.jpg
PERSMA INSTITUT - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2021/06/gangguan-kesehatan-mental-akibat.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2021/06/gangguan-kesehatan-mental-akibat.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago