Archive Pages Design$type=blogging

Redupnya Toko Buku di Tengah Pandemi

Budaya literasi sangat erat kaitannya dengan mahasiswa dan perguruan tinggi. Hal ini tentu menjadi sebuah keuntungan bagi para penjual buku di sekitar kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta. Namun di tengah pandemi saat ini nasib toko buku kian hari semakin meredup.

Batubara adalah salah satu toko buku legendaris bagi para mahasiswa UIN Jakarta. Toko yang terletak di Jalan Ibnu Batutah tersebut telah berdiri kurang lebih sejak tahun 1980-an. Bermula dari gerobak dorong, toko buku Batubara tetap setia menanti para pengunjung yang datang dari berbagai kalangan khususnya mahasiswa UIN Jakarta.

Menurut salah seorang petugas toko Hamim, kondisi toko buku yang sepi merupakan dampak dari turunnya jumlah pembeli akibat situasi pandemi saat ini. “Kalau hari biasa lumayan banyak, tapi pas pandemi ini mungkin satu sampai tiga orang perharinya yang berkunjung,” ucapnya pada Selasa (16/2).

Selain daya beli yang berkurang, kehadiran internet juga membuat media baca mahasiswa teralihkan. “Sekarang mahasiswa lebih pilih ebook karena lebih murah,” tambah Hamim yang telah bekerja selama 15 tahun tersebut, Selasa (16/2).

Namun, ada pula mahasiswa yang lebih memilih buku fisik ketimbang mengunduhnya di internet apalagi mendapatkannya dengan cara ilegal. Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN Jakarta Rafi Sihabudin mengaku lebih tertarik untuk membeli langsung ke toko, karena adanya diskon buku yang menarik. “Pas pandemi ini jarang ke sana (toko buku Batubara), kalau dulu sering dan langsung beli banyak buku,” ungkapnya saat di wawancarai melalui WhatsApp, Rabu (17/2).

Terdapat pula kisah dari salah seorang alumni UIN Jakarta yang dulunya sering mengunjungi toko buku Batubara. Anening  menceritakan pengalaman ia dan teman-temannya membeli buku saat masih berkuliah di UIN Jakarta tahun 2000 silam, “belinya gerombolan biar dapet diskon lagi karena beli sekalian banyak,” katanya saat di wawancarai melalui WhatsApp, Kamis (18/2).

Selain diskon yang menggiurkan, Anening juga mengungkapkan hal menarik lainnya dari toko Batubara, “walau tokonya kecil, tapi lumayan lengkap koleksinya dan buku yang kita beli pun langsung disampulin plastik,” tambahnya saat di wawancarai melalui WhatsApp, Kamis (18/2).

Redupnya penjualan buku turut dirasakan oleh toko buku Al-Hikmah yang berada di Jalan Ibnu Taimiyah. Karena menjual buku kuliah, toko tersebut pun mengalami penurunan daya beli, mengingat kampus ditutup akibat pandemi Covid-19. Dalam pemaparannya Humaidi selaku pemilik toko hanya bisa mengandalkan marketplace yang sudah ia punya. “Pendapatan terbesar ada di penjualan online,” ucapnya sambil menunjuk tumpukan buku yang sedang ia kemas, Selasa (16/2).

Tidak semua toko buku yang berjualan di sekitar kampus dapat mempertahankan eksistensinya terlebih saat pandemi. Toko buku Dinamika yang berada di Pesanggrahan salah satunya. Menurut salah seorang pedagang di Pesanggrahan Wildan, Toko buku Dinamika sudah lama tak beroperasi bahkan sebelum adanya pandemi. “Udah lama tutup, hampir sebagian besar (toko buku) sudah gulung tikar,” ucap Wildan saat di wawancarai melalui WhatsApp, Kamis (18/2). 

Anggita Raissa & Haya Nadhira 


 

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition humanitas Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel video wawancara
false
ltr
item
PERSMA INSTITUT - UIN JAKARTA: Redupnya Toko Buku di Tengah Pandemi
Redupnya Toko Buku di Tengah Pandemi
https://1.bp.blogspot.com/-fWReTMYwBf8/YD4Tlczv3YI/AAAAAAAAMZA/eUWHAINyiQIF1x5FdsM-0EuSnVMEDWaswCLcBGAsYHQ/s320/IMG-20210302-WA0030.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-fWReTMYwBf8/YD4Tlczv3YI/AAAAAAAAMZA/eUWHAINyiQIF1x5FdsM-0EuSnVMEDWaswCLcBGAsYHQ/s72-c/IMG-20210302-WA0030.jpg
PERSMA INSTITUT - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2021/03/redupnya-toko-buku-di-tengah-pandemi.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2021/03/redupnya-toko-buku-di-tengah-pandemi.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago