Archive Pages Design$type=blogging

EDOM vs AIS, Mana yang Efektif?

Berdasarkan Undang-undang (UU) Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi dan  Permendikbud Nomor 49 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, EDOM (Evaluasi Dosen Oleh Mahasiswa) berlaku untuk  menilai kompetensi sosial, profesional serta pedagogik dosen selama pembelajaran. Mahasiswa selaku penerima jasa, berhak untuk mengevaluasi setiap dosen. Hal ini kelak memperlihatkan bagaimana kualitas mahasiswa yang terpelajar.

Di Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, EDOM mulai diterapkan pada 2015. Saat itu, EDOM masih menggunakan kertas. Namun hal tersebut sudah tidak berlaku lagi, karena Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UIN Jakarta telah mengujicobakan EDOM dalam bentuk web khusus pada Juni 2020.

Jejen Jaenudin Koordinator Akreditasi LPM UIN Jakarta menerangkan, EDOM sungguh istimewa, yakni bisa mengetahui  mahasiswa yang mengisi penilaian serta  memberikan hasil  mendetail. EDOM  bisa menyelidiki dosen-dosen yang kurang kompeten. LPM akan menyerahi rektor data para dosen tersebut, lalu wakil rektor bidang akademik dan kepala jurusan yang memediasi dosen bersangkutan.

Web EDOM ini terpisah dengan penilaian dosen di Academic Information System (AIS) yang dikelola oleh Pustipanda. Faktornya karena kemandekan sistem AIS, “Kami tidak bisa mengakomodasi data sesuai permintaan,” imbuh Jejen, Selasa (2/2). Hal tersebut, memutuskan LPM untuk memisahkan diri dari AIS.

Staf Pustipanda Muhammad Ihsan Nashihin mengaku dirinya baru tahu ada web EDOM, “Domain kami bukan pada evaluasi dosen tetapi pada segi teknologi, pengamanan dan kecepatan responden,” tanggapnya pada Selasa (2/2). Ihsan menambahkan, masing-masing lembaga punya domain  tersendiri serta tidak punya hak untuk mengotak-ngatikan itu.

Faktor lainnya ialah penilaian dosen di AIS terakomodir oleh bagian keuangan untuk memberikan hasil penilaian yang sangat baik “Mereka tidak mau menerima penilaian dosen yang tidak baik atau cukup,” kata Jejen pada Selasa (2/2). Jejen sangat menyayangkan hal tersebut. Ia berharap, para mahasiswa jujur dalam mengisi EDOM untuk kebaikan bersama.

Seorang mahasiswa Jurusan Kesehatan Masyarakat Zaki Abdurrozaq berpendapat, web EDOM memiliki tampilan yang bagus, “Menu yang ditawarkan mudah dan tidak ada kendala selama penggunaan,” katanya, Minggu (31/1). Lain hal dengan Anfar Adi Sestywan mahasiswa Jurusan Manajemen Dakwah yang lebih memilih penilaian dosen di AIS, “ Fiturnya lebih lengkap,” ucapnya pada Minggu (31/1).

Namun sayangnya, tak semua mahasiswa tahu keberadaan web EDOM. Salah satunya Irfan Taufik mahasiswa Jurusan Hubungan Internasional, “ Seharusnya media kampus memperkenalkan web EDOM,” tanggapnya Senin (1/1). Irfan berharap, EDOM tidak hanya sebatas formalitas. “Perlu melibatkan pihak universitas dalam penilaian,” tambahnya.

Syifa Layla & Fajar Dwi

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition humanitas Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel video wawancara
false
ltr
item
PERSMA INSTITUT - UIN JAKARTA: EDOM vs AIS, Mana yang Efektif?
EDOM vs AIS, Mana yang Efektif?
https://1.bp.blogspot.com/-gNSberHk54Q/YC3RXaBIH5I/AAAAAAAAMXA/p6icUqEHOyYpWCBZNzA6vIuLwEHMsqNOgCLcBGAsYHQ/s320/IMG-20210218-WA0004.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-gNSberHk54Q/YC3RXaBIH5I/AAAAAAAAMXA/p6icUqEHOyYpWCBZNzA6vIuLwEHMsqNOgCLcBGAsYHQ/s72-c/IMG-20210218-WA0004.jpg
PERSMA INSTITUT - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2021/02/edom-vs-ais-mana-yang-efektif.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2021/02/edom-vs-ais-mana-yang-efektif.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago