Archive Pages Design$type=blogging

Adaptasi UKM di Tengah Pandemi

Pandemi membuat berbagai aspek kehidupan berubah secara signifikan. Adaptasi kebiasaan baru menjadi kunci agar aktivitas kehidupan bisa tetap berjalan dengan baik. Komunikasi serba daring memaksa semua pihak untuk bertindak adaptif dan kreatif. Berbagai kegiatan yang semula diselenggarakan dengan mengundang banyak orang, kini hanya bisa dilakukan secara terbatas, itupun kebanyakan dilakukan secara daring. 

Sejalan dengan hal tersebut, di kampus salah satu pihak yang merasakan lesunya aktivitas, produktivitas, dan partisipasi mahasiswa di masa pandemi saat ini adalah Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Universitas Islam Negeri (UIN)  Jakarta. Lalu, bagaimana mereka dapat beradaptasi di tengah pandemi?

Menanggapi hal tersebut Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan UIN Jakarta Masri Mansoer menjelaskan, pihak kampus sudah melakukan rapat koordinasi dengan mahasiswa pegiat UKM. “Walaupun kuliah daring, kegiatan kemahasiswaan harus tetap berjalan dan tidak boleh berkurang, karena itu pimpinan UKM harus mendesain kegiatan secara daring,” ungkapnya saat diwawancarai melalui WhatsApp, Senin (8/2).

Federasi Olahraga Mahasiswa (FORSA) adalah salah satu UKM di UIN Jakarta. Menaungi 14 cabang olahraga, tentunya menjadi tantangan besar dalam menjalankan kegiatan terlebih di situasi saat ini. Ketua FORSA UIN Jakarta, Syawal Udin menuturkan bahwa, hambatan tentunya mengiringi dalam setiap kegiatan, apalagi agenda luring, karena fasilitas kampus yang belum boleh digunakan untuk sementara, sehingga anggota FORSA harus melakukan kegiatan di luar kampus. “Sewa tempat yang cukup mahal dan dana pelatih menjadi kendala bagi kami, karena hanya mengandalkan uang iuran anggota,” ungkap Syawal, Selasa (9/2).

Kendati demikian, FORSA tetap bisa menunjukkan eksistensinya melalui kompetisi yang diikuti maupun diselenggarakan secara mandiri. Pada Desember 2020, FORSA telah menyelenggarakan UIN Sport Expotainment (USE) yang merupakan event tahunan antar fakultas. “Jika tahun sebelumnya diselenggrakan secara luring, saat ini event tersebut dilakukan secara daring,” jelas Syawal.

Tidak ketinggalan pula, UKM lain pun turut melakukan adaptasi berupa inovasi kegiatan baru. Teater Syahid UIN Jakarta misalnya, yang telah mengadakan parade monolog secara virtual pada Oktober 2020 dan sukses disaksikan oleh 2.200 lebih penonton dalam live streaming YouTube. Selain itu, Komunitas Mahasiswa Fotografi (KMF) Kalacitra, juga mengadakan pameran foto virtual yang bertajuk “KONTINUM” pada September lalu.

Ketua KMF Kalacitra, Eliza Yunia mengungkapkan aktivitas UKM harus tetap berjalan di tengah pandemi saat ini. “Walaupun keadaan pandemi seperti sekarang ini, Kalacitra tetap mengusahakan agar interaksi antar pengurus organisasi dapat dimaksimalkan dan terus menciptakan inovasi baru di kondisi yang baru,” ungkap Eliza, Rabu (10/2).

Hambatan dalam kegiatan, dirasakan oleh kedua UKM tersebut. Teater Syahid misalnya, yang pada tahun lalu mentiadakan perekrutan anggota. Selain itu, komunikasi yang kurang berjalan dengan baik, juga menjadi hambatan karena domisili antar anggota yang berjauhan. “Kalo mau ngadain kegiatan apapun itu yang sistemnya daring, dari segi persiapan selalu terjadi gangguan komunikasi,”ungkap Rizka Aviany Ketua UKM Teater Syahid, Rabu (10/2).

Anggita Raissa & Firda Rahma


COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition humanitas Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel video wawancara
false
ltr
item
PERSMA INSTITUT - UIN JAKARTA: Adaptasi UKM di Tengah Pandemi
Adaptasi UKM di Tengah Pandemi
https://1.bp.blogspot.com/-McQ_AJNGQB4/YCz3n88ghFI/AAAAAAAAMW0/X6ZnZTy49zU5z05PY1gCBb6knvJqJHE8ACLcBGAsYHQ/s320/IMG-20210217-WA0011.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-McQ_AJNGQB4/YCz3n88ghFI/AAAAAAAAMW0/X6ZnZTy49zU5z05PY1gCBb6knvJqJHE8ACLcBGAsYHQ/s72-c/IMG-20210217-WA0011.jpg
PERSMA INSTITUT - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2021/02/adaptasi-ukm-di-tengah-pandemi.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2021/02/adaptasi-ukm-di-tengah-pandemi.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago