Archive Pages Design$type=blogging

Penerima Beasiswa KIP-K Keluhkan Prosedur Pemberkasan


Beasiswa Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) merupakan program bantuan pemerintah kepada calon mahasiswa yang memiliki keterbatasan ekonomi. Sebelumnya, beasiswa ini dikenal dengan nama Bewasiswa Biaya Pendidikan Mahasiswa Miskin Berprestasi (Bidikmisi). Pada dasarnya, KIP-K sama dengan Bidikmisi, hanya saja secara prosedural terdapat perbedaan.

Syarat utama Bidikmisi adalah Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dan penghasilan orang tua yang di bawah standar Upah Minimum Regional (UMR). Sedangkan itu, KIP-K diutamakan bagi mahasiswa baru (maba) yang sebelumnya sudah memiliki KIP yang dikeluarkan oleh pemerintah.

Selain KIP, maba juga bisa menggunakan Kartu Keluarga Sejahtera. “Umumnya, Peserta KIP-K sudah punya sejak dari bangku sekolah atau mereka minta ke dinas pendidikan,tutur Kepala Bagian Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta Ikhwan, Rabu (30/12/2020). Ia pun menambahkan, ada pula persyaratan tambahan yaitu terkena dampak pandemi Covid-19.

Ikhwan mengatakan, pihak kemahasiswaan memprioritaskan bagi maba yang mempunyai KIP sejak sekolah. Namun karena ada kuota penerima yang masih kosong, akhirnya ia memperbolehkan beberapa maba yang hanya menggunakan SKTM. Pada dasarnya, SKTM tidak dipersyaratkan. Syarat SKTM khusus untuk mahasiswa yang Uang Kuliah Tunggalnya golongan 1 sampai 3,” imbuh Ikhwan.

Dalam prosesnya, setiap institusi memiliki prosedur tersendiri. Akan tetapi, kerap kali kebijakan yang diberikan pihak kemahasiswaan memperumit para penerima KIP-K, termasuk di UIN Jakarta. Salah seorang penerima KIP-K 2020 Wahyudi turut mengeluhkan hal tersebut. Pemberkasan KIP-K bertele-tele, seperti pemberkasan yang tidak disatukan sekalian,ujar Mahasiswa Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir tersebut, Selasa (29/12/2020).

Hal itu juga dinyatakan oleh Mahasiswi Pendidikan Agama Islam Sumiati. Menurutnya, pihak kemahasiswaan kurang begitu jelas dalam memberikan informasi mengenai beasiswa ini. “Tidak jarang memberikan Informasi setengah-setengah,” imbuhnya, Kamis (31/12/2020). Ia pun menambahkan, pengiriman berkas dilakukan melalui jasa pos agar mahasiswa tak perlu datang langsung ke kampus. Namun pada prakteknya, intruksi pihak kemahasiswaan tak begitu jelas, sehingga sempat terjadi pengiriman ulang berkas. “Sering terjadi miskomunikasi,” ungkap Sumiati.

Selain melalui pos, pihak kemahasiswaan juga memerintahkan untuk mengirim hasil scan berkas melalui e-mail kemahasiswaan. Pengiriman berkas ini sangat membantu bagi peserta yang berasal dari luar Pulau Jawa, terutama saat terjadi kesalahan dalam pemberkasan. Jadi tidak perlu mengirim pos dua kali,ucap Ibnu Nur Rahman, Mahasiswa  Sejarah dan Peradaban Islam yang tinggal di Sumatera Barat, Kamis (31/12/2020).

Selain prosedur pemberkasan, sempat pula terjadi miskoordinasi internal antara pengelola dan penerima KIP-K. Diketahui, salah seorang Mahasiswa Fakultas Adab dan Humaniora tiba-tiba menerima uang KIP-K yang masuk ke rekeningnya. Uang sebesar Rp6.600.000 itu pun harus dikembalikan ke pihak kemahasiswaan. Saat Institut hubungi, mahasiswa tersebut tak berkenan memberi keterangan. Menurut Ketua Forum Mahasiswa Bidikmisi UIN Jakarta, masalah tersebut telah selesai dan tak ada pihak yang dirugikan.

AAR, MZ, MR

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition humanitas Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel video wawancara
false
ltr
item
PERSMA INSTITUT - UIN JAKARTA: Penerima Beasiswa KIP-K Keluhkan Prosedur Pemberkasan
Penerima Beasiswa KIP-K Keluhkan Prosedur Pemberkasan
https://1.bp.blogspot.com/-OuFdrOyhIOg/X_K-SBEMcuI/AAAAAAAAMTg/4RZSnmJaXzU-rkHQJvOdKmhFg6-8A8cOwCLcBGAsYHQ/s16000/tmplet.png
https://1.bp.blogspot.com/-OuFdrOyhIOg/X_K-SBEMcuI/AAAAAAAAMTg/4RZSnmJaXzU-rkHQJvOdKmhFg6-8A8cOwCLcBGAsYHQ/s72-c/tmplet.png
PERSMA INSTITUT - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2021/01/penerima-beasiswa-kip-k-keluhkan.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2021/01/penerima-beasiswa-kip-k-keluhkan.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago