Archive Pages Design$type=blogging

Antara Masehi dan Hijriah

Oleh: Firda Amalia Putri

Tahun 2021 tinggal menghitung hari. Mungkin, banyak di antara kita yang belum mengetahui apa makna dari penanggalan masehi yang selama ini digunakan di hampir seluruh negara. Jika dihitung dalam penghitungan masehi, usia bumi adalah sekitar dua puluh ribu tahun lebih. Namun, bukankah bumi sudah ada miliaran tahun yang lalu?

Penanggalan kalender masehi tak lain dimulai ketika kelahiran Yesus—menurut kepercayaan kaum Nasrani. Perhitungannya menggunakan pola pergerakan matahari. Kalender masehi terdiri dari dua belas bulan dalam setahun dan tujuh hari dalam sepekan. Cikal bakal kalender masehi ialah kalender julian. Pada 1582, kalender julian disempurnakan menjadi kalender gregorian sebab penanggalan sebelumnya melenceng. Kalender gregorian itulah yang kini digunakan.

Menurut liputan6.com, terdapat enam kalender yang berlaku dan kerap dipakai oleh masyarakat Indonesia, yaitu masehi, hijriah, jawa, sunda, saka, dan saka bali. Baik di dunia maupun Indonesia, kalender masehilah yang mendominasi kehidupan masyarakat sehari-hari. Walau mayoritas penduduk Indonesia beragama Islam, pertanyaannya, mengapa tak banyak dari mereka yang menggunakan kalender hijriah dalam kesehariannya?

Seperti sebelum-sebelumnya, isu mengenai boleh tidaknya pengucapan hari Natal kembali naik di penghujung tahun. Desember menjadi bulan penuh makna bagi kaum Nasrani, pun tak sedikit umat Muslim yang ikut mengucapkan kata-kata kebahagiaan untuk rekannya yang merayakan. Namun, tak sedikit pula umat Muslim yang mencela sesamanya ketika ada yang mengucapkan selamat Natal. Alasannya tidak lain adalah mengakui adanya Tuhan selain Allah Swt. serta menyerupai kaum Kristiani.

Ini merupakan fenomena yang cukup unik karena mayoritas umat Muslim di Indonesia tentu menggunakan kalender masehiyang mana sejarahnya dimulai dari kelahiran Yesus. Sementara itu bagi segelintir umat Muslim, mengucapkan Natal sudah dicap melenceng dari ajaran agama. Bisa jadi, salah satu penyebab banyaknya umat Muslim yang tidak menggunakan kalender hijriah dalam keseharian mereka adalah ketidaktahuan atas sejarah dari kalender masehi itu sendiri.

Di samping itu, ternyata beberapa negara seperti Arab Saudi, Afghanistan, dan Iran (referensi: tirto.id) memang tak memberlakukan kalender masehi. Namun dilansir dari liputan6.com, Arab Saudi akhirnya memberlakukan kalender masehi per 1 Oktober 2016 untuk menyesuaikan keperluan perbankan.

Selain itu menurut Miftakhur Risal dari mojok.co, bilangan tahun tak terlalu dibutuhkan dalam kalender hijriah. Masyarakat Arab pra-Islam biasa menyebutkan satu bulan tambahan setiap 32 bulan. Hal tersebut membuat perhitungannya lebih rumit. Karenanya, banyak dari negara-negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam pun tetap menggunakan kalender masehi. Lantas, bagaimana penggunaan kalender masehi dan hijriah sendiri oleh umat Muslim di Indonesia?

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition humanitas Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel video wawancara
false
ltr
item
PERSMA INSTITUT - UIN JAKARTA: Antara Masehi dan Hijriah
Antara Masehi dan Hijriah
https://1.bp.blogspot.com/-gftgEB6JyKI/X-6T_vATdwI/AAAAAAAAMTE/VTZ5uSt6BY0BIaG3j4mq8wx_uTbVtPhcgCLcBGAsYHQ/s16000/nyfull.png
https://1.bp.blogspot.com/-gftgEB6JyKI/X-6T_vATdwI/AAAAAAAAMTE/VTZ5uSt6BY0BIaG3j4mq8wx_uTbVtPhcgCLcBGAsYHQ/s72-c/nyfull.png
PERSMA INSTITUT - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2021/01/antara-masehi-dan-hijriah.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2021/01/antara-masehi-dan-hijriah.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago