Archive Pages Design$type=blogging

Wisata Hasil Gerakan Masyarakat

Situ Rawa Gede merupakan salah satu tempat wisata air yang terletak di Kampung Bojong Menteng, Kota Bekasi. Wisata ini menawarkan sensasi liburan yang seru dengan pemandangan alam yang sangat menyejukkan. Selain itu, Situ Rawa Gede menyajikan spot-spot foto serta wahana air yang dapat dicoba oleh para pengunjung seperti perahu, sampan bambu, dan sepeda air.

Awalnya, tempat ini menjadi tempat resapan dan pembuangan air, keruh akibat banyaknya limbah. Kawasan sekitarnya pun kumuh tak terawat serta penuh oleh sampah. Menurut salah seorang Pengurus Wisata Situ Rawa Gede Anshori, limbah pabrik sangat mendominasi rawa ini hingga banyak ikan sapu-sapu saja mati. “Padahal, ikan sapu-sapu itu paling kuat di kawasan yang keruh,” kata Agus saat ditemui langsung, Minggu (22/10).

Suatu hal yang unik, Situ Rawa Gede berangkat dari kehawatiran pemuda setempat akan pencemaran yang terjadi di daerah tersebut. Mereka berkumpul sebagai Kelompok Pemuda Peduli Lingkungan (KPPL) dan berinisiatif memperbaiki ekosistem yang rusak. Menurut Agus yang juga tergabung pada KPPL tersebut, para pemuda awalnya merupakan anggota majelis taklim yang kemudian memiliki satu tujuan untuk memperbaiki lingkungan Situ Rawa Gede yang tercemar.

Dengan bermodal satu perahu dorong, KPPL membersihkan sampah dan limbah yang ada di kawasan danau. Namun, tak jarang warga setempat yang tertarik untuk menaiki perahu tersebut. Untuk itu, warga dikenakan tarif delapan botol air mineral bekas jika ingin menaikinya. Botol-botol bekas tersebut kemudian KPPL manfaatkan untuk menghias lingkungan sekitar rawa.

Kepedulian mereka tak hanya sampai di situ. KPPL juga mendirikan saung untuk berjaga di malam hari. “Takut masih banyak oknum tak bertanggung jawab membuang limbah ke sini lagi,” ungkap Agus. Pembenahan terus dilakukan sedikit demi sedikit untuk mempercantik kawasan danau. Taman-taman, perahu, dan anjungan pengunjung turut menambah estetika Situ Rawa Gede.

Selama tiga tahun berjalan sejak 2018, KPPL terus melakukan penataan sehingga kondisi danau seluas 7,3 hektar ini pun semakin bagus dengan aliran air yang berangsur membaik. Semakin banyak pula warga sekitar yang tertarik mengunjungi tempat tersebut. Kesan kumuh yang pernah melekat hilang, terganti oleh lingkungan yang asri. “Awalnya, kami tak memiliki maksud dan tujuan untuk menjadikan tempat ini sebagai destinasi wisata. Namun karena banyak warga dari dalam maupun luar kota yang berdatangan, kami pun membukanya untuk umum,” ujar Agus.

Kini, Situ Rawa Gede mulai ramai dikunjungi, khususnya ketika akhir pekan. Tak hanya berasal dari Kota Bekasi, banyak pula pengunjung yang berasal dari luar kota seperti Jakarta, Bogor, dan Bandung. Ialah Rifai, salah seorang pengunjung dari luar kota yang tampak datang pada Minggu (22/10). Menurutnya, destinasi wisata ini tak perlu merogoh kocek terlalu banyak. “Tempatnya juga sejuk, lumayan buat refreshing. Penasaran juga sama tempat ini,” imbuh Rifai, Minggu (22/10).

Situ Rawa Gede buka dari pukul 6 pagi hingga 6 sore. Pengunjung tak dipungut biaya tiket masuk, biaya parkir pun hanya lima ribu rupiah bagi yang membawa kendaraan. Sedangkan bagi yang ingin mencoba wahana air pengunjung dikenai biaya sepuluh ribu rupiah untuk orang dewasa dan lima ribu rupiah untuk anak-anak.

Kehadiran Situ Rawa Gede sebagai destinasi wisata juga membangun perekonomian warga sekitar. Banyak dari mereka yang mengelola Usaha Mikro Kecil Menengah seperti warung makan di area wisata. Selain itu, fasilitas musala serta toilet pun turut menambah rasa nyaman pengunjung yang datang.

AAR

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition humanitas Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel video wawancara
false
ltr
item
PERSMA INSTITUT - UIN JAKARTA: Wisata Hasil Gerakan Masyarakat
Wisata Hasil Gerakan Masyarakat
https://1.bp.blogspot.com/-L27sYlDkL_4/X9sWYI5afCI/AAAAAAAAMQE/EojuvMYnYBkDwRippCiDQfc0Ajh6p6_kgCLcBGAsYHQ/s16000/PicsArt_11-23-01.23.21.png
https://1.bp.blogspot.com/-L27sYlDkL_4/X9sWYI5afCI/AAAAAAAAMQE/EojuvMYnYBkDwRippCiDQfc0Ajh6p6_kgCLcBGAsYHQ/s72-c/PicsArt_11-23-01.23.21.png
PERSMA INSTITUT - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2020/12/wisata-hasil-gerakan-masyarakat.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2020/12/wisata-hasil-gerakan-masyarakat.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago