Archive Pages Design$type=blogging

Belajar Investasi Bersama GIS

 

Selama pandemi, jumlah investor di pasar modal mengalami peningkatan. Hal ini menandakan bahwa masyarakat sadar akan pentingnya berinvestasi. Peningkatan jumlah investor saat ini  mencapai 3,5 juta investor dari yang sebelumnya hanya 2,4 juta investor. Jika dilihat, peningkatan tersebut menunjukkan adanya peningkatan yang cukup signifikan.

Sebagai mahasiswa, upaya menumbuhkan kesadaran untuk berinvestasi juga penting dilakukan dari sekarang. Adapun bagi mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta yang tertarik untuk melakukan investasi di pasar modal tidak perlu khawatir karena di UIN Jakarta sendiri terdapat lembaga yang bergerak di bidang investasi pasar modal yang bernama Galeri Investasi Syariah (GIS). GIS akan memberikan konsultasi bagi yang ingin melakukan investasi.

Galeri Investasi Syariah (GIS) merupakan suatu Lembaga Semi Otonom di bawah naungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Jakarta yang bergerak di bidang investasi pasar modal. GIS dinaungi langsung oleh tiga lembaga yakni Bursa Efek Indonesia, Perusahaan Sekuritas, dan UIN Jakarta. GIS ada untuk menyebarkan pemahaman terkait investasi melalui mahasiswa.

GIS dapat memberikan banyak informasi mengenai pasar modal di kalangan mahasiswa. Namun, keberadaan GIS di kalangan mahasiswa UIN Jakarta masih jarang diketahui. Hal ini dikatakan oleh salah satu Mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah Nurul Khumayroh, “Saya belum pernah mendengar adanya Galeri Investasi Syariah,” ucapnya, Senin (7/12).

Sebenarnya, GIS dibuka untuk umum baik itu dari kalangan mahasiswa, dosen, maupun masyarakat umum. GIS terbuka untuk siapapun ingin berdiskusi mengenai pasar modal. Salah satu anggota GIS Muhammad Ruvio Tama yang menyimpulkan bahwa keberadaan GIS memang kurang diketahui mahasiswa karena letak FEB itu sendiri yang berjauhan dengan fakultas lain. “Mungkin karena letaknya di FEB menjadikan GIS terlihat seperti dikhususkan untuk anak FEB,” simpulnya, Senin (7/12).

Konsultasi dengan pihak GIS dapat dilakukan melalui Instagram GIS @galeriinvestasi_febuinjkt. Selain itu, GIS kerap mengadakan kegiatan mengenai pasar modal untuk khalayak umum. Namun, kegiatan tersebut kurang maksimal karena adanya keterbatasan akses penyebaran informasi.

Ke depannya, GIS berencana untuk berubah menjadi Kelompok Studi Pasar Modal Syariah (KSPMS) agar seluruh mahasiswa UIN Jakarta dapat bergabung. Ketua GIS Alfian Daffa menyampaikan bahwa GIS akan membuka keanggotan untuk seluruh mahasiswa UIN Jakarta. “Hal ini agar informasi, edukasi dan seluruh kegiatan yang kami lakukan bisa menjangkau seluruh masyarakat UIN Jakarta,” harapnya, Kamis (10/12).

Bagi mahasiswa sendiri, urgensi untuk melakukan investasi di pasar modal harus dilakukan dari sekarang apalagi bagi mahasiswa yang sudah memikirkan tentang masa depan. Melakukan investasi dapat mendatangkan keuntungan dan pendapatan bagi mahasiswa. Selain itu, dengan berinvestasi juga mahasiswa dapat melatih diri untuk mengelola keuangan dengan baik. “Mulai saat ini masyarakat harus sadar untuk mempersiapkan masa depannya dengan berinvestasi,” ujar Alfian saat diwawancarai via WhatsApp, Kamis (10/12).

Alfian menambahkan meskipun keuntungan dari investasi tidak datang dalam jangka waktu yang pendek, namun tidak ada salahnya untuk belajar dan mulai berinvestasi dari sekarang. “Mulai saja dulu, meskipun uang kita sedikit setidaknya kita sudah mulai berinvestasi dan bisa belajar untuk memperoleh keuntungan maksimal,” saran Ketua Umum GIS ini, Kamis (10/12).

AP, MS

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition humanitas Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel video wawancara
false
ltr
item
PERSMA INSTITUT - UIN JAKARTA: Belajar Investasi Bersama GIS
Belajar Investasi Bersama GIS
https://1.bp.blogspot.com/-vQWaMnuOwD4/X-CUrcPoavI/AAAAAAAAMRY/gSFGOQFIcSk46J_LKIwyZR3qyVfS5vXtgCLcBGAsYHQ/s16000/IMG-20201221-WA0046.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-vQWaMnuOwD4/X-CUrcPoavI/AAAAAAAAMRY/gSFGOQFIcSk46J_LKIwyZR3qyVfS5vXtgCLcBGAsYHQ/s72-c/IMG-20201221-WA0046.jpg
PERSMA INSTITUT - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2020/12/belajar-investasi-bersama-gis.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2020/12/belajar-investasi-bersama-gis.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago