Archive Pages Design$type=blogging

Proses Penyelesaian Sengketa Hambat Berjalannya Pemilwa



Semenjak pengumuman dan berjalannya pleno terbuka sengketa hasil verifikasi berkas, akun Instagram Komisi Pemilihan Mahasiswa (KPM) menjadi sorotan. Komentar terkait kinerja KPM di akun @official.kpmuinjkt penuh sindir dan kritik. Seorang pengguna bernama Dimas—yang diketahui seorang Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik—menilai KPM melanggar aturan dan tidak sesuai dengan petunjuk teknis. “Seperti sosialisasi, tahapan verifikasi berkas, dan tidak datang saat rapat audiensi,ujarnya ketika Institut wawancarai, Sabtu (28/11).

Tak hanya itu, Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Oksa juga memberikan pendapatnya terkait kinerja KPM tahun ini. Menurutnya, ada beberapa evaluasi terhadap KPM, terutama masalah linimasa serta pengumuman verifikasi berkas yang tak disertai berita acara. “KPM kurang siap menyelenggarakan Pemilwa,kata Oksa melalui WhatsApp, Jum’at (27/11). Oksa menambahkan, pengumuman verifikasi berkas seharusnya dilakukan secara etis dengan transparan serta menggunakan berita acara yang jelas.

Menanggapi permasalahan tersebut, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Masri Mansoer akhirnya menjalankan rapat audiensi bersama KPM, Badan Pengawas Pemilihan Mahasiswa, serta Senat Mahasiswa Universitas (Sema-U), Kamis (26/11). Namun, pertemuan tersebut tak dihadiri oleh satupun Badan Pengurus Harian (BPH) KPM.

Berdasarkan hasil rapat tersebut, Tim Data dan Verifikasi KPM mencoba memberikan konfirmasinya terkait keluhan yang ditujukan terhadap kinerja KPM. Tim Data dan Verifikasi mengatakan, terdapat kurangnya komunikasi antara BPH kepada seluruh anggota KPM. “Seperti halnya jadwal pelaksanaan agenda, BPH langsung mengubahnya tanpa ada konfirmasi. Anggota KPM yang lain pun menunggu bagaimana kelanjutan pemilwa kali ini,tegas salah seorang Anggota Tim Data dan Verifikasi tersebut.

Audiensi tersebut juga dihadiri oleh Koordinator KPM Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Fajar. Ia mengungkapkan, kondisi KPM sekarang kacau. Padahal menurut Fajar, Anggota KPM lain selalu menawarkan bantuan jika beban yang BPH dan Tim Data dan Veifikasi dirasa terlalu berat. “Tapi tidak ada respon yang diberikan,” ungkap Fajar. Pada rapat audiensi tersebut, Fajar juga merasa kecewa terhadap kinerja KPM, terlebih atas ketidakhadiran BPH saat rapat audiensi saat itu. “Menunjukan bahwa BPH meremehkan undangan langsung dari pihak universitas,” imbuhnya.

Tak selaras dengan pernyataan Fajar, Koordinator KPM Fakultas Dakwah dan Komunikasi Rian mengatakan, human error menjadi hal biasa ketika dihadapi oleh situasi baru seperti pandemi tahun ini. “Agak naif jika Fajar mengatakan jika BPH KPM meremehkan undangan dari pihak universitas,kata Rian. Ketua Sema-U Jamsari pun mendukung perkataan Rian dengan menyatakan kinerja KPM yang sudah berjalan baik. KPM selalu melaporkan kejadian dan membuat aturan dengan sangat baik, saya mengapresiasi kinerja KPM, ungkap Jamsari.

Demonstrasi Aksi Massa

Satu hari setelah rapat audiensi dilakukan, sejumlah mahasiswa kembali mendatangi Gedung Kemahasiswaan serta Rektorat, Jumat (27/11). Dalam kutipan yang tercantum pada akun Instagram @aksi_massa20, mereka menuntut keterbukaan informasi atas cacatnya Pemilwa yang selama ini dijalankan. Berdasarkan data yang Institut dapat dari Mahasiswa Fakultas Adab dan Humaniora yang menjadi peserta demonstrasi, Aksi Massa kembali melakukan audiensi bersama Masri Mansoer.

Dalam hasil audiensi yang beredar, penetapan calon tidak bisa diumumkan malam itu karena menunggu koordinasi dengan rektor terlebih dahulu esok harinya. Hal tersebut menyebabkan kemungkinan tertundanya kembali pelaksanaan Pemilwa. Namun nyatanya, Sabtu (28/11) pukul 3 pagi, KPM mempublikasikan penetapan calon peserta Pemilwa melalui Instagram-nya. Pukul 8 pagi, pihak Pustipanda mengonfirmasi kepada Institut bahwa hingga saat itu, KPM belum mengirimkan nama-nama calon peserta Pemilwa.

Jadwal Mundur Lagi

Kekacauan linimasa Pemilwa tak hanya sampai di situ. Pada Minggu (29/11) yang seharusnya menjadi masa tenang sekaligus menjalankan simulasi e-voting, KPM mengumumkan debat kandidat untuk calon peserta Pemilwa di beberapa fakultas. Akan tetapi kemudian, pelaksanaan debat tersebut terpantau tak berjalan lancar sehingga KPM kembali mengumumkan pengunduran jadwal debat kandidat dan e-voting.

Pengumuman melalui Instagram KPM tersebut bersamaan dengan Surat Rektor Nomor B-4400/R/HM.01.5/11/2020 Perihal Penundaan E-Voting. Sehubungan dengan proses penyelesaian sengketa calon peserta Pemilwa oleh Mahkamah Pemilihan Mahasiswa, pelaksanaan debat kandidat diundur menjadi Senin (30/11), sedangkan e-voting dilaksanakan pada Selasa (1/12). Hingga saat ini, baik dari pihak BPH KPM maupun BPPM tidak memberikan tanggapan apapun terkait penyelesaian sengketa maupun kemunduran jadwal.

ES, MNR, HNZ

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition humanitas Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel video wawancara
false
ltr
item
PERSMA INSTITUT - UIN JAKARTA: Proses Penyelesaian Sengketa Hambat Berjalannya Pemilwa
Proses Penyelesaian Sengketa Hambat Berjalannya Pemilwa
https://1.bp.blogspot.com/-aPFf2gM_MyE/X8RdJp3c1wI/AAAAAAAAMKg/qpvwfu_yMxERS5q8VZM0aLgnrZVx8A_FACLcBGAsYHQ/s16000/Screenshot_20201130-094515_Gallery.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-aPFf2gM_MyE/X8RdJp3c1wI/AAAAAAAAMKg/qpvwfu_yMxERS5q8VZM0aLgnrZVx8A_FACLcBGAsYHQ/s72-c/Screenshot_20201130-094515_Gallery.jpg
PERSMA INSTITUT - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2020/11/proses-penyelesaian-sengketa-hambat.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2020/11/proses-penyelesaian-sengketa-hambat.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago