Archive Pages Design$type=blogging

Keberagaman Pulihkan Alam dan Lingkungan


Judul: SEMESTA

Sutradara: Chairun Nissa

Perusahaan Produksi: Tanakhir Films

Produser: Nicholas Saputra & Mandy Marahimin

Tanggal Rilis: 30 Januari 2020 (Indonesia)

Durasi: 90 menit

Permasalahan lingkungan sering kita jumpai di pelbagai negara, tak terkecuali Indonesia. Sebuah film dokumenter berjudul SEMESTA mengangkat isu tersebut beserta solusi yang memungkinkan.

Hanya sekitar tujuh persen wilayah laut di dunia yang merupakan wilayah yang dilindungi. Naiknya temperatur air laut membuat makin banyak kerusakan habitat terumbu karang akibat pemutihan karang. Dengan menjaganya, kita—manusia—member biota laut punya kesempatan untuk melakukan regenerasi.

Tak dapat dipungkiri, perubahan iklim selama beberapa dekade terakhir menjadi salah satu perbincangan dan isu penting di seluruh dunia. Menjaga lingkungan atau kelestarian alam menjadi kewajiban kita sebagai makhluk hidup. “Hal terpenting yang harus kita sadari di dalam kehidupan ini, alam itu sesuatu yang sebetulnya tidak terpisahkan dari kehidupan kita sebagai manusia.” Itulah yang Iskandar Waworuntu—satu dari tujuh tokoh inspiratif dalam film SEMESTA—katakan.

Misal, upaya tersebut dilakukan oleh Almina Kacili bersama Kelompok Wanita Gereja di Kapatcol, Papua Barat. Mereka melakukan suatu tradisi, yaitu sasi—kearifan lokal guna melindungi wilayah dari eksploitasi, terutama nelayan-nelayan yang menggunakan peralatan ilegal. Tak hanya Papua, Bali juga menjadi sorotan di sini.

Misalnya dalam Agama Hindu, Tokoh Budaya Tjokorda Raka Karthyasa bersama segenap umat Hindu di Ubud, Bali menjadikan momentum Hari Raya Nyepi sebagai hari istirahat alam semesta. Pada menit ke-9 detik ke-30, Tjokorda Raka Karthyasa menjelaskan, saat Nyepilah alam mengadakan pembenahan diri sementara. Walaupun hanya satu hari dalam setahun, itu bisa  memberi dampak secara makro dan mikrokosmos yang luar biasa.

SEMESTA adalah film dokumenter yang disutradarai oleh Chairun Nissa dan diproduksi oleh Tanakhir Films. Film yang juga diproduseri oleh Nicholas Saputra dan Mandy Marahimin ini berkisah tentang tujuh sosok di tujuh daerah berbeda di Indonesia, yaitu Aceh, Bali, Yogyakarta, Jakarta, Kalimantan, Flores, hingga Papua.

Ketujuh sosok yang berperan dalam film ini dipilih untuk mewakili manusia dan alam Indonesia yang beragam. Mereka bergerak menekan dampak perubahan iklim dengan merawat alam Indonesia atas dorongan agama, kepercayaan, dan budaya masing-masing. Lima figur lain yang berperan ialah Agustinus Pius Inam, Romo Marselus Hasan, Muhammad Yusuf, Iskandar Waworuntu, dan Soraya Cassandra. Mereka juga memiliki satu visi, yaitu berusaha keras merawat Indonesia.

SEMESTA sebelumnya berhasil menjadi nominasi dalam kategori Film Dokumenter Panjang Terbaik di Festival Film Indonesia pada 2018. Tak hanya itu, film ini juga terseleksi dan telah melakukan World Premier di Suncine International Invironment Film Festival (SIEFF) yang berlangsung di Barcelona, Spanyol, pada 6—14 November 2019. SIEFF merupakan sebuah festival film di Barcelona yang khusus untuk film dokumenter yang bertemakan lingkungan.

Film dokumenter yang diproduseri oleh aktor sekaligus pendiri Tanakhir Films—Nicholas Saputra dan Mandy Marahimin—memberi pelajaran bagi para penontonnya tentang pentingnya lingkungan bagi kelangsungan makhluk hidup. SEMESTA menyajikan alur yang ringan.Tak ada adegan yang menampilkan dampak dari pemanasan global, tetapi lebih fokus pada langkah nyata yang dapat manusia lakukan untuk mencegahnya.

Herlin Agustini

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition humanitas Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel video wawancara
false
ltr
item
PERSMA INSTITUT - UIN JAKARTA: Keberagaman Pulihkan Alam dan Lingkungan
Keberagaman Pulihkan Alam dan Lingkungan
https://1.bp.blogspot.com/-5zy7xoUw1xY/X6fiee7zLBI/AAAAAAAAMGQ/z8oOoUawEqYRQ8eiePREmoKlfKfuZsjcACLcBGAsYHQ/s16000/20000400.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-5zy7xoUw1xY/X6fiee7zLBI/AAAAAAAAMGQ/z8oOoUawEqYRQ8eiePREmoKlfKfuZsjcACLcBGAsYHQ/s72-c/20000400.jpg
PERSMA INSTITUT - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2020/11/keberagaman-pulihkan-alam-dan-lingkungan.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2020/11/keberagaman-pulihkan-alam-dan-lingkungan.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago