Archive Pages Design$type=blogging

Segenggam Receh untuk UKT


Menukarkan receh yang jumlahnya berjuta juta bukanlah hal mudah. Hal ini dirasakan oleh mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta. Demi melanjutkan masa studinya yang kini akan beranjak ke semester 5, membuat Saeful Margasana terpaksa menukarkan koin-koin recehnya untuk membayar Uang Kuliah Tunggal (UKT).

Penolakan satu bank dalam memberikan penukaran receh tak membuatnya putus asa, ia kembali mencari tempat dimana koin koin receh tersebut bisa ditukarkan dengan uang kertas. Nasib baik berpihak pada Saeful, pihak Alfamart Jalan Raya Serang Balaraja berkenan menerima penukaran uang receh seberat 17,5 Kilogram miliknya. Sejumlah Rp4 juta dalam pecahan kertas sudah ia terima, ia pun bisa membayar tagihan UKT sebesar Rp3.500.000.

Pada awal masuk UIN Jakarta, ia sudah mendapat UKT golongan IV. Hal ini seakan tidak adil mengingat Ayahnya hanya seorang tukang tambal ban, serta ibunya yang menjadi tukang gorengan keliling. Ditambah lagi pada masa pandemi, kesulitan membayar UKT semakin menjadi. Terpaksalah Saeful  membuka tabungan receh kedua orang tuanya yang telah ditabung selama bertahun tahun. Uang recehan tersebut sengaja dikumpulkan ayahnya setiap ada pelanggan dari tambal ban dan isi angin maupun uang logam hasil jualan gorengan dari sang ibu. Usai dibongkar, Syaeful tak mengira uang receh yang berhasil dikumpulkan selama bertahun tahun mencapai Rp4.000.000.

Pria kelahiran Tangerang ini sudah pernah mencoba mengajukan banding UKT ke pihak kampus sebanyak dua kali, yakni pada semester 1 dan semester 3. Berkas sudah diajukan, tetapi tetap saja hasilnya nihil. Ia tetap tak menerima penurunan UKT. Alhasil ketika ada keringanan UKT pada masa pandemi, ia kapok untuk mengajukan keringanan. Menurutnya, adanya pemotongan UKT di masa pandemi hanya untuk orang orang yang mengajukan sebab terdampak pandemi terkesan kurang adil. Sebab, semua orang pun pada dasarnya merasakan dampak Covid-19 ini. “Bahkan, UKT pun tidak boleh dicicil setiap bulannya,” keluh Saeful kepada Institut, Kamis (13/08).

Dalam Surat Keputusan Rektor Nomor 399 tentang Keringanan UKT Mahasiswa S1 pada Masa Pandemi Covid-19, terdapat beberapa persyaratan dalam mengajukan keringanan UKT. Syarat syarat tersebut diantaranya melampirkan keterangan terkait kondisi orang tua sebagai bukti. Syarat kondisi yang dimaksud adalah Orang Tua / Wali mahasiswa meninggal dunia masa pandemi, mengalami pemutusan hubungan kerja, mengalami pailit atau kerugian usaha, atau menurunnya pendapatan secara signifikan.

Sementara itu keluhan Saeful agar UKT bisa dicicil tiap bulannya tidak diperbolehkan. Hal ini sesuai dengan pernyataan Kepala Jurusan KPI Armawati Arbi bahwa menurut Biro Keuangan UIN Jakarta tidak ada cicilan UKT. “Sudah saya konsul ke pusat di Biro keuangan bahwa tidak ada cicilan UKT untuk UIN Jakarta,” ungkapnya melalui Whatssapp Group, Senin (10/8). Kedepannya, Saeful berharap UIN Jakarta dapat memberikan transparansi dan bisa lebih mendengarkan suara mahasiswa.

Sefi Rafiani

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition humanitas Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel video wawancara
false
ltr
item
PERSMA INSTITUT - UIN JAKARTA: Segenggam Receh untuk UKT
Segenggam Receh untuk UKT
https://1.bp.blogspot.com/-0-d35PfOFag/XznzNt0T7OI/AAAAAAAAL-M/Pz43g6wLXnUkPVt7aXcP0sdAsIfAudgWACLcBGAsYHQ/d/fakta-di-balik-kisah-mahasiswa-uin-dari-keluarga-miskin-bayar-ukt-pakai-uang-receh.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-0-d35PfOFag/XznzNt0T7OI/AAAAAAAAL-M/Pz43g6wLXnUkPVt7aXcP0sdAsIfAudgWACLcBGAsYHQ/s72-c-d/fakta-di-balik-kisah-mahasiswa-uin-dari-keluarga-miskin-bayar-ukt-pakai-uang-receh.jpg
PERSMA INSTITUT - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2020/08/segenggam-receh-untuk-ukt.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2020/08/segenggam-receh-untuk-ukt.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago