Archive Pages Design$type=blogging

Rektor Perpanjang Masa Bakti Sema-Dema



Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta Amany Burhanuddin Umar Lubis memperpanjang masa bakti pengurus Senat Mahasiswa (Sema) dan Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema) UIN Jakarta masa bakti tahun 2019. Kebijakan tersebut dimuat pada Surat Keputusan (SK) Rektor Nomor 323 Tahun 2020 akibat makin luasnya penyebaran pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Indonesia. Di dalamnya, perpanjangan masa bakti pengurus Sema dan Dema UIN Jakarta terhitung mulai tanggal 1 Mei 2020 sampai dengan terbentuknya pengurus  Sema dan Dema UIN Jakarta masa bakti 2020.

Menurut Wakil Rektor (Warek) Bidang Kemahasiswaan Masri Mansoer, sesuai intruksi pemerintah untuk menekan angka penyebaran virus corona atau Covid­­-19, mahasiswa dilarang berkumpul dan berkerumun dalam jumlah yang banyak. Hal tersebut mengakibatkan Sema tidak bisa melaksanakan Pemilihan Umum Mahasiswa (Pemilwa). Masri menerangkan, Pemilwa juga tidak bisa dilaksanakan melalui dalam jaringan atau online. “Maka,  masa bakti diperpanjang supaya tidak terjadi kekosongan pengurus Sema dan Dema,” ujarnya Rabu (20/5).

Ketua Dema UIN Jakarta Sultan Rivandi menjelaskan, perpanjangan masa bakti ini adalah penyesuaian karena dampak kasus pandemi virus corona atau Covid-19. SK yang telah diberlakukan tersebut menjadi kepastian hukum dalam menyelesaikan masalah yang terkait dengan organisasi kemahasiswaan. Dema pun akan berkoordinasi dengan Sema. Semestinya, pemilihan bisa dilakukan. Namun karena dikhawatirkan akan banyak mobilisasi manusia, Pemilwa tidak bisa dilakukan,” ucap Sultan, Sabtu (23/5).

Sementara itu, Wakil Ketua Dema UIN Jakarta Riski Ari Wibowo mengaku cukup kaget dengan keputusan tersebut. Menurutnya, hal itu tidak sesuai kesepakatan pada saat rapat koordinasi. “Saya sangat menyayangkan atas diperpanjangnya kepengurusan tahun 2019 karena dengan begini, akan menutup kesempatan angkatan selanjutnya untuk merasakan kepengurusan Dema UIN Jakarta,” terang Ari, Jumat (22/5). Ari juga berharap agar Sema segera mengadakan pemilihan Ketua Sema dan Dema Universitas maupun Fakultas.

Ketua Sema UIN Jakarta Jamsari menuturkan, SK perpanjangan masa bakti yang telah dikeluarkan untuk kedua kalinya di periode ini memang sangat tidak terduga. Jika mengacu pada rancangan awal, Pemilwa akan digelar pada April. Untuk itu, pihak Sema UIN Jakarta akan segera menggelar Pemilwa setelah suasana dirasa cukup kondusif menurut kebijakan pemerintah serta pimpinan universitas. “Kita tidak bisa memprediksi kapan pandemi ini akan berakhir sedangkan regenerasi dalam poros organisasi harus berjalan,” ungkap Jamsari, Minggu (31/5).

Lain halnya dengan UIN Jakarta, UIN Sumatra Utara (SU) tidak memperpanjang masa bakti Dema dan Sema. Dilansir dari Majalah Lembaga Pers Mahasiswa Dinamika Edisi 53, per Januari 2020 Warek Bidang Kemahasiswaan UIN SU Amroeni resmi menonaktifkan Sema dan Dema Universitas sampai pada waktu yang tidak dapat ditentukan. Amroeni mengeluarkan surat nonaktif atas perintah langsung dari rektor dengan keterangan keuangan yang tidak transparan. Pada Majalah LPM Dinamika Edisi 51, yang di maksud tidak transparannya laporan keuangan adalah ketiadaan Laporan Pertanggungjawaban (LPj) Sema dan Dema Universitas.

Aldy Rahman


COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition humanitas Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel video wawancara
false
ltr
item
PERSMA INSTITUT - UIN JAKARTA: Rektor Perpanjang Masa Bakti Sema-Dema
Rektor Perpanjang Masa Bakti Sema-Dema
https://1.bp.blogspot.com/-usG2YM9E3Q8/XtuDqwNQD8I/AAAAAAAAL3w/J99nQRPWyGsES9xvr_L88FX8TagB7Ww9QCLcBGAsYHQ/s1600/ds1.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-usG2YM9E3Q8/XtuDqwNQD8I/AAAAAAAAL3w/J99nQRPWyGsES9xvr_L88FX8TagB7Ww9QCLcBGAsYHQ/s72-c/ds1.jpg
PERSMA INSTITUT - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2020/06/rektor-perpanjang-masa-bakti-sema-dema.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2020/06/rektor-perpanjang-masa-bakti-sema-dema.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago