Archive Pages Design$type=blogging

Kisah Kelam Sang Merpati Biru




Judul: Merpati Biru
Penulis: Achmad Munif
Tahun: 2018
Genre: Roman
Penerit: Gava Media
Halaman: viii + 232
Ukuran: 14 x 21 sentimeter

Setiap orang memiliki alasan tersendiri dalam melakukan suatu tindakan, baik itu perbuatan yang baik maupun buruk. Sama halnya dengan Ken Ratri, Mahasiswi Psikologi tingkat akhir Universitas Nusantara di Yogyakarta yang memiliki paras rupawan. Namun di balik itu semua, ia menjalani hidup yang cukup kelam. Di mana ia rela menjadi Merpati Biru atau sering disebut “Kupu-Kupu Malam” demi membiayai kehidupan keluarganya.

Hal itu berawal sejak perusahaan keluarganya mengalami kebangkrutan dan menyebabkan sang ayah mendekam di penjara. Tak hanya itu, ibu Ken yang melihat keluarganya berantakan membuatnya shock hingga masuk Rumah Sakit Jiwa. Ken sebagai tulang punggung keluarga, terpaksa melakukan pekerjaan sebagai pelacur untuk menghidupi dirinya dan keluarganya.

Pagi itu, Ken bersiap pergi dengan mengendarai mobil yang terparkir di garasi rumahnya. Akan tetapi niatnya itu diurungkan sebab ia terkejut melihat Tabloid Suara Mahasiswa dengan headline berjudul “Sisi Muram Dunia Pendidikan, Banyak Merpati Biru di Kampus”. Merpati Biru merupakan panggilan Mama Ani kepada anak-anak yang bekerja kepadanya sebagai pelacur. Kepadanyalah Ken dan kedua temannya—Lusi dan Nanil—bekerja.

Setelah mengambil dan membaca isi tabloid tersebut, Ken panik dan takut perbuatan kotornya diketahui oleh teman-teman kampus dan keluarganya. Walaupun namanya tidak tercantum di dalamnya, berita dari Suara Mahasiswa itu membuat ia takut dan gelisah. Dari situ, Ken mulai sadar bahwa apa yang dilakukannya selama ini tidak benar. Namun, Ken merasa belum saatnya ia keluar dari lingkaran kehidupannya karena merasa belum bisa memenuhi kebutuhan hidupnya tanpa pekerjaannya sebagai pelacur. Ia pun memutuskan untuk pulang ke Mojokerto.

Sesampainya di rumah, Ken merasa tersentuh ketika melihat kedua orang tuanya telah bangkit dari keterpurukan dan rajin beribadah. Seketika ia terharu akan kuasa Tuhan dalam mengubah segala hal. Sejak saat itu, Ken memutuskan untuk berhenti dari pekerjaannya itu dan berubah menjadi pribadi yang lebih baik. Ia juga mengalihkan fokus pikiranya untuk mengerjakan skripsi.

Novel Merpati Biru karya almarhum Achmad Munif ini menyajikan kisah kehidupan kelam mahasiswi bernama Ken Ratri yang rela menjadi seorang pelacur. Terlepas dari kehidupan kelam Ken, cerita dalam novel ini juga disisipkan dengan kisah roman antara Ken dengan Satrio, Ketua Senat Mahasiswa yang sudah lama mencintai Ken apa adanya dan selalu mendukung Ken untuk berubah menjadi lebih baik.

Dari kisah dalam Novel Merpati Biru yang terdiri dari 232 halaman ini mengandung empat pesan yang dapat diambil yaitu kekeluargaan, cinta, pengorbanan, dan perjuangan. Novel ini juga menggunakan bahasa sehari-hari sehingga ringan untuk dibaca dan dipahami.

Roshiifah Bil Haq

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition humanitas Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel video wawancara
false
ltr
item
PERSMA INSTITUT - UIN JAKARTA: Kisah Kelam Sang Merpati Biru
Kisah Kelam Sang Merpati Biru
https://1.bp.blogspot.com/-gCV56QPDW60/XrY444PoRbI/AAAAAAAAL0s/g30G48QWHEwwNaC-G8eHawJ0qSRHcXnYgCLcBGAsYHQ/s1600/b47d80f456973cda677b5c67a1e83636.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-gCV56QPDW60/XrY444PoRbI/AAAAAAAAL0s/g30G48QWHEwwNaC-G8eHawJ0qSRHcXnYgCLcBGAsYHQ/s72-c/b47d80f456973cda677b5c67a1e83636.jpg
PERSMA INSTITUT - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2020/05/kisah-kelam-sang-merpati-biru.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2020/05/kisah-kelam-sang-merpati-biru.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago