Archive Pages Design$type=blogging

Usai Demo, 28 Mahasiswa di-DO




Berawal dari mengkritisi keputusan Rektor Universitas Kristen Indonesia (UKI) Paulus Makassar mengenai Pedoman Organisasi Kemahasiswaan (ormawa), 28 Mahasiswa UKI Paulus diancam Drop Out (DO). Poin yang menjadi pertentangan mahasiswa tertera dalam Bab IV pasal 9 di Peraturan Rektor UKI PAULUS No. 045/SK/UKIP.02/2018 yang menyebutkan bahwa pengurus ormawa harus mahasiswa aktif semester 4 hingga 6. Dan memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3,0 (tiga koma nol).

Menurut Mahasiswa UKI Paulus ketentuan IPK bukanlah dasar penilaian kapasitas seseorang dalam berorganisasi. Mereka menolak poin tersebut dengan menyuarakan protes kepada pihak rektorat, Akan tetapi pihak rektorat hanya tutup mulut dalam menanggapinya. Hingga akhirnya pada 20 Januari 2020 mereka melakukan aksi demonstrasi kembali di kampus yang bersamaan dengan acara lokakarya yang ada dalam kampus. Aksi tersebut memicu Rektor UKI Paulus Makassar Agus Salim memberikan sanksi DO kepada 28 mahasiswa.

Alhasil sejumlah mahasiswa UKI Paulus Makassar datang ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Jakarta pada (5/3) untuk meminta perlindungan. Mereka yang sudah hampir sebulan menetap sementara di Jakarta akhirnya mengadu kepada Direktorat Jenderal (Ditjen) Kemendikbud untuk meminta keadilan atas keputusan sepihak Rektor UKI Paulus Makassar. Sehingga para mahasiswa yang diancam DO ini ditangani oleh Anna selaku perwakilan Kemendikbud. 

Sebagai koordinator mahasiswa UKI Paulus Makassar yang datang ke Kemendikbud, Pontoh Alexandria menjelaskan pernyataan Kemendikbud bahwa jika pihak rektorat UKI Paulus Makassar tidak segera menjelaskan masalah yang terjadi, maka Kemendikbud akan memanggil Rektor UKI Paulus. “Tadi kita sudah ngobrol sama Bang Fajar dan Bu Ana (pihak Kemendikbud) kalau rektor belum menyelesaikan masalah ini nanti akan dipanggil dari pihak Kemendikbud”, tutur Pontoh, Kamis (5/3).

Dilansir dari Instagram @ppmimakassar, Mahasiswa UKI Paulus Makassar bersama mahasiswa di Jakarta kembali menggelar aksi demonstrasi di depan kantor Kemendikbud pada Rabu (11/3). Para mahasiswa meminta pihak Kemendikbud harus turun tangan untuk menyelesaikan persoalan kasus DO terhadap 28 mahasiswa UKI Paulus Makassar. Terlebih lagi, mengevaluasi Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi wilayah IX yang tidak pernah menyelesaikan persoalan kekerasan akademik dan tidak menjalankan tugas dan fungsinya sebagaimana mestinya.

Kemudian mahasiswa juga meminta untuk menindaki Rektor UKI Paulus yang semena-mena dalam mengambil keputusan. Berbagai upaya telah dilakukan, namun sampai saat ini belum ada titik terang yang didapatkan semestinya. Aksi yang dilakukan ini adalah aksi diam sebatas membentangkan spanduk dan membagi selebaran kepada masyarakat yang lalu lalang.

Nurlailati Qodariah & Amrullah

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition humanitas Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel video wawancara
false
ltr
item
PERSMA INSTITUT - UIN JAKARTA: Usai Demo, 28 Mahasiswa di-DO
Usai Demo, 28 Mahasiswa di-DO
https://1.bp.blogspot.com/-wit6wHLNAug/Xm8dgigsnuI/AAAAAAAALto/iTdIEVm1YsUyYKqhNo94Nq7p3vkrs9JCACLcBGAsYHQ/s1600/IMG-20200315-WA0042.png
https://1.bp.blogspot.com/-wit6wHLNAug/Xm8dgigsnuI/AAAAAAAALto/iTdIEVm1YsUyYKqhNo94Nq7p3vkrs9JCACLcBGAsYHQ/s72-c/IMG-20200315-WA0042.png
PERSMA INSTITUT - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2020/03/usai-demo-28-mahasiswa-di-do.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2020/03/usai-demo-28-mahasiswa-di-do.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago