Archive Pages Design$type=blogging

Saksi Bisu Tragedi Holokaus


                                                                
                                                         
Judul           : A Bag of Marbles (Un sac de billes)
Sutradara   : Christian Duguay
Durasi         : 110 menit
Tahun rilis  : 15 Januari 2017
Genre         : Drama

Perjuangan hidup kakak-beradik dalam Perang Dunia II. Tepatnya pada 1940-1944 di mana pembantaian besar-besaran dilakukan oleh tentara Nazi terhadap bangsa Yahudi di Prancis, dikenal dengan peristiwa Holokaus.

Tepat pada Perang Dunia kedua, periode 1940 hingga 1994 terjadi peristiwa Holokaus. Peristiwa ini bermula dari pendudukan Jerman di Prancis. Tak berselang lama, tentara Nazi pun mulai melakukan serangkaian aksi yang merugikan kaum Yahudi. Di mana, terjadi pembantaian secara besar-besaran terhadap orang-orang Yahudi. Bahkan, 72.500 orang di antaranya dideportasi ke kamp-kamp pemusnahan hingga tewas.

Cerita pada Film A Bag of Marbles berawal ketika pemerintah Prancis memberlakukan sensus penduduk serta pencatatan orang Yahudi. Kaum Yahudi dipaksa mengenakan lencana bintang berwarna kuning dipadu hitam bertuliskan ‘Yahudi’ melintang di bagian sisi kiri dada. Salah satu yang menerapkan aturan itu adalah keluarga Joffo. Akibat pemakaian lencana, Joseph Joffo dan Maurice Joffo mendapatkan ejekan dan pukulan dari teman-temannya di sekolah karena identitasnya yang dicap sebagai seorang Yahudi.

Melihat kejadian buruk yang menimpa kedua anaknya, sang ayah, Roman mulai mengkhawatirkan kondisi keluarganya. Roman memerintahkan anaknya untuk pergi meninggalkan Paris. Tak hanya itu, Roman berpesan kepada anaknya untuk tidak mengatakan identitas asli mereka kepada siapapun. Akhirnya kakak-beradik tersebut terpaksa meninggalkan Paris malam hari untuk menyelamatkan diri dari kejaran tentara Nazi.

Mereka berdua pergi dari satu tempat ke tempat lainnya dan melakukan perjalanan jauh tanpa didampingi kedua orang tuanya. Dalam pengembaraannya, mereka berdua bertemu dengan banyak orang. Tampak orang-orang yang ditemuinya memancarkan sorot mata ketakutan yang begitu nyata, namun kakak-beradik ini justru tak memperdulikannya. Dalam pelariannya, Joseph dan Maurice selalu dihantui rasa ketakutan dan putus asa, namun keduanya selalu menguatkan satu sama lain.

Setelah semua kesulitan berlalu, kedua anak tersebut akhirnya bertemu keluarganya. Mereka menghabisakan waktu bersama walaupun hanya sesaat, karena keduanya harus berpisah untuk kedua kalinya. Joseph dan Maurice menghabiskan sebagian waktu di Kamp Collabos, kamp pemerintah untuk anak dibawah umur. 

Masalah pelik tiba-tiba muncul usai Joseph Joffo dan Maurice Joffo diculik oleh tentara Nazi. Mereka bahkan ditempatkan di gedung tahanan Nazi. Mereka dipaksa untuk mengakui identitas mereka. Caci maki serta pukulan demi pukulan terlontar dari tentara Nazi semakin membuat mereka putus asa. Tetapi keteguhan hati dan semangat Joseph Joffo dan Maurice Joffo justru semakin kokoh untuk melanjutkan perjuangan hidup. 

Film yang disutradarai Christian Duguay diangkat dari kisah nyata sang penulis, Joseph Joffo. Film ini memperlihatkan kejamnya tentara Nazi di era itu. Film berdurasi 110 menit ini, tersaji dengan apik. Film ini menggambarkan ketakutan, kesedihan, dan kebahagiaan yang terkemas rapi. Kekurangan film ini adalah setting tempat yang tidak digambarkan dengan jelas. Disamping itu, Film ini mengandung pesan kekeluargaan yang sangat kuat, dan keberanian Joseph dan Maurice dalam melawan rasa takut dan putus asa.

LAH

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition humanitas Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel video wawancara
false
ltr
item
PERSMA INSTITUT - UIN JAKARTA: Saksi Bisu Tragedi Holokaus
Saksi Bisu Tragedi Holokaus
https://1.bp.blogspot.com/-E2gw_Hv8EgI/XgIv-c0au0I/AAAAAAAALpI/5BxqKhuFCGsPMTFevEo-UgqkjFXdiRJxwCLcBGAsYHQ/s400/57C8wLEoeJ9vVqZarsfx54YEWxS.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-E2gw_Hv8EgI/XgIv-c0au0I/AAAAAAAALpI/5BxqKhuFCGsPMTFevEo-UgqkjFXdiRJxwCLcBGAsYHQ/s72-c/57C8wLEoeJ9vVqZarsfx54YEWxS.jpg
PERSMA INSTITUT - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2019/12/saksi-bisu-tragedi-holokaus.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2019/12/saksi-bisu-tragedi-holokaus.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago