Archive Pages Design$type=blogging

Meminimalisasi Kecelakaan dengan Naik Transportasi Umum






Oleh: Aldy Rahman

Kecelakaan lalu lintas kerap menjadi salah satu penyebab utama kematian di Indonesia. Banyak faktor yang mempengaruhi, salah satu di antaranya ialah karena kesalahan manusia. Kurangnya kedisiplinan dalam berkendara hingga kurangnya sosialisasi terhadap masyarakat mengenai berkendara sesuai aturan, menjadikan salah satu penyebab kecelakaan tidak dapat dihindari. Kondisi tersebut juga dikarenakan kurangnya kesadaran dalam menggunakan transportasi umum. 

Dilansir dari kompas.com, menurut data dari Korlantas Polri jumlah korban kecelakaan dari 31 Desember 2018 hingga 31 Maret 2019 pun tecatat mencapai 28.238 kasus. Sementara itu, sepeda motor masih menjadi jenis kendaraan yang berkontribusi paling banyak dalam kecelakaan lalu lintas. Pada tahun 2018 lalu, angkanya mencapai 36.481 kejadian. Sedangkan pada periode yang berjalan tahun 2019 ini, mencatat 5.277 kecelakaan.

Kecelakaan pada dasarnya bisa menimpa siapapun, termasuk mahasiswa. Seperti kecelakaan yang terjadi baru-baru ini dan menyebabkan mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Islam negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Nurul Faqih meninggal dunia. Korban kecelakaan karena tertabrak oleh motor lain dari arah berlawanan.

Memang, kecelakaan lalu lintas tak jarang berada di usia produktif dengan rentang usia 15 hingga 24 tahun. Perilaku remaja dalam berkendara di jalan raya juga kerap melanggar lalu lintas dan riskan celaka. Misalnya dengan berboncengan hingga tiga orang, tidak mengenakan helm, mengemudi melawan arus, menerobos lampu merah dan kebut-kebutan di jalanan.

Banyak faktor yang mendorong kecelakaan lalu lintas, dari aspek insfrastruktur seperti permukaan jalan yang berlubang, kurangnya pencahayaan. Adapun faktor alam seperti cuaca turut berpengaruh terhadap jalanan, ini berdampak pada jalan yang menjadi licin sehingga tak sedikit pengendara yang tergelincir. Kondisi fisik dan mental seseorang yang belum matang dan mengakibatkan kelailaian juga kerap menjadi faktor lain seseoorang mengalami kecelakaan. 

Maraknya kecelakaan lalu lintas yang diakibatkan oleh faktor emosional biasanya menimpa mereka yang masih remaja. Kebanyakan remaja sulit mengontrol emosi, apalagi usia-usia remaja merupakan usia dimana seseorang mempunyai kecenderungan bersikap untuk memperlihatkan keunggulan atau kelebihan kepada orang lain, terutama kepada lawan jenis. Menurut psikolog Ayoe Sutomo masa remaja merupakan masa transisi secara fisik, peran sosial, dan emosional. Di waktu tersebut, umumnya setiap remaja mencari jati diri dan menghadapi tantangan. 

Jumlah kecelakaan yang menimpa pengguna kendaraan bermotor juga dapat disebabkan oleh kurangnya kesadaran masyarakat dalam menggunakan transportasi umum. Bagi sebagian masyarakat terutama mahasiswa, menggunakan kendaraan pribadi dirasa lebih efektif ketimbang dengan menggunakan kendaraan umum. Hal tersebut karena kendaraan umum sangat identik dengan berdesak-desakan dan estimasi waktu yang tidak dapat dijangkau. 

Adapun, transportasi yang dirasa kurang layak seperti kurangnya integrasi antar angkutan yang satu dengan yang lain, kenyamanan dan keselamatan semakin mendorong mahasiswa untuk beralih kepada transportasi pribadi. Ini kemudian menjadi pekerjaan rumah pemerintah dan pihak-pihak terkait untuk menjadikan transportasi umum yang dapat menjangkau setiap tempat tanpa mengabaikan kenyamanan penumpang. Dengan begitu jumlah kecelakaan kendaraan bermotor yang terjadi di jalan raya dapat dicegah dengan tersedianya transportasi umum yang layak dan memadai.

AR

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition humanitas Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel video wawancara
false
ltr
item
PERSMA INSTITUT - UIN JAKARTA: Meminimalisasi Kecelakaan dengan Naik Transportasi Umum
Meminimalisasi Kecelakaan dengan Naik Transportasi Umum
https://1.bp.blogspot.com/-obnrdwtZyEU/Xfeuc3CJR-I/AAAAAAAALns/Uas5a1e1LCkMO0Y4nkqhhpNeyI51qMW2ACLcBGAsYHQ/s400/IMG-20191216-WA0027.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-obnrdwtZyEU/Xfeuc3CJR-I/AAAAAAAALns/Uas5a1e1LCkMO0Y4nkqhhpNeyI51qMW2ACLcBGAsYHQ/s72-c/IMG-20191216-WA0027.jpg
PERSMA INSTITUT - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2019/12/meminimalisasi-kecelakaan-dengan-naik.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2019/12/meminimalisasi-kecelakaan-dengan-naik.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago