Archive Pages Design$type=blogging

Tindak Media Terhadap Diskriminasi Agama



Agama merupakan sebuah konsep keyakinan bagi setiap manusia yang menganutnya. Setiap orang memiliki hak dalam memilih suatu agama. Namun, tidak dipungkiri di negara ini hanya enam agama yang dilegalkan. Terdapat beberapa kalangan masyarakat Indonesia yang menganut kepercayaan di luar enam agama tersebut. Beberapa di antaranya yaitu Ahmadiyyah dan Sunda Wiwitan. Dari sanalah muncul kasus diskriminasi kepada kalangan yang menganut kepercayaan tersebut. Hingga muncul julukan “sesat” kepada beberapa penganut kepercayaan tersebut di kalangan masyarakat dan media.  

Menurut riset konseptor Lembaga Pers Mahasiswa Aspirasi Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran, banyak isu diskriminasi agama di sekitar masyarakat. Diskriminasi ini mengarah kepada agama dan kepercayaan yang minoritas. Persoalan diskriminasi tak akan lekang dalam kehidupan ini.

Berkaitan dengan isu diskriminasi yang merebak, LPM Aspirasi menghelat seminar  bertajuk “Ketika Agama dan Kepercayaan Minoritas Didiskriminasi serta Bagaimana Seharusnya Media Berperan.”  Pada Kamis (31/10). Seminar ini diselenggarakan untuk membahas lebih dalam kasus diskriminasi ini secara serempak, sekaligus dalam rangka merayakan ulang tahun ke-36 LPM Aspirasi UPN Veteran. Acara ini berlangsung di Auditorium Bhineka Tunggal Ika UPN veteran Jakarta dan di buka untuk umum. 

Menurut Ketua Pelaksana, Indah Julanar mengatakan Seminar ini bertujuan untuk memperlihatkan kepada masyarakat dan media yang dengan gamblangnya menggunakan kata “sesat”, bahwa sesat tidak bisa diukur dan ditentukan. Setiap orang mempunyai hak untuk memilih kepercayaan (agama) mereka masing-masing. “Seharusnya media mengedukasi masyarakat terkait diskriminasi ini, bukan malah melanggengkan isu  diskriminasi kepercayaan minoritas yang dianggap sesat oleh beberapa kalangan masyarakat,” tutur Indah pada Kamis (31/10).

Menurut salah satu peserta seminar, Ester Manda Caroline mengungkapkan ia mengikuti seminar ini karena tertarik dengan pembahasannya yang terkesan sensitif karena membahas isu diskriminasi agama di Indonesia.  Ia pribadi seorang penganut kepercayaan kristen protestan, menurut ia agama yang ia anut termasuk salah satu agama yang didiskriminasi. “Saya merasa agama Saya juga agak didiskriminasi,” Ujar Ester pada Kamis, (31/10).  
 
Selain itu, seminar ini diisi oleh pemateri yang menganut kepercayaan minoritas  di Indonesia. Pemateri-pemateri tersebut diantaranya adalah Iskandar Gumay salah satu penganut Jemaat Islam Ahmadiyah dan Dewi Kanti salah satu penganut Kepercayaan Sunda Wiwitan.  Tidak lupa pula menghadiri peneliti human resource yaitu Andreas Harsono. 

Setelah sesi perbincangan yang spesifikasi membahas isu diskriminasi kepercayaan minoritas tersebut, dilanjut dengan materi yang di bawakan oleh Endy Bayuni seorang Editor Senior Jakarta Post. Endy Bayuni menjelaskan mengenai peran media terhadap isu diskriminasi agama. “Agama merupakan genre penting yang sering terlupakan oleh jurnalis” tutur Endy pada Kamis (31/10).

NQ

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition humanitas Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel video wawancara
false
ltr
item
PERSMA INSTITUT - UIN JAKARTA: Tindak Media Terhadap Diskriminasi Agama
Tindak Media Terhadap Diskriminasi Agama
https://1.bp.blogspot.com/-k0f_On6_3OY/XcN-7kboO4I/AAAAAAAALls/Wz_4aeE-0yQvAHAoBWj2iA12LoOzaQu7QCLcBGAsYHQ/s400/IMG-20191105-WA0037.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-k0f_On6_3OY/XcN-7kboO4I/AAAAAAAALls/Wz_4aeE-0yQvAHAoBWj2iA12LoOzaQu7QCLcBGAsYHQ/s72-c/IMG-20191105-WA0037.jpg
PERSMA INSTITUT - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2019/11/tindak-media-terhadap-diskriminasi-agama.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2019/11/tindak-media-terhadap-diskriminasi-agama.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago