Archive Pages Design$type=blogging

Mobile AIS Tak Praktis




Mobile AIS seharusnya memberikan kemudahan kepada penggunanya. Minim pengembangan, kemudahan tersebut tak kunjung terwujud.

Academic Information System (AIS) menjadi suatu kebutuhan bagi setiap Dosen dan Mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta untuk melangsungkan berbagai kegiatan akademik. AIS dapat diakses melalui situs web ais.uinjkt.ac.id untuk perihal Kartu Rencana Studi (KRS), Kartu Hasil Studi, Kuliah Kerja Nyata, beasiswa, wisuda, dan sebagainya.

Kini, berkembangnya platform Android di era digital membuat aplikasi mobile kian menjadi tren khususnya di kalangan mahasiswa. Tak terkecuali Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (Pustipanda) yang merilis Mobile AIS for Students untuk perangkat Android pada November 2018. Walau jumlah unduhan Mobile AIS sudah mencapai 10.000 di Playstore, beberapa mahasiswa masih ragu akan kebergunaannya dibanding dengan situs web AIS.

Seperti yang dialami oleh Mahasiswa Ilmu Alquran dan Tafsir Semester 5 Ardahman, ia bahkan tidak dapat mengisi KRS melalui Mobile AIS. “Sama saja tidak ada fungsinya, hanya untuk lihat nilai dan jadwal,” ujar Ardahman, Rabu (9/10). Tak hanya berpendapat mengenai fitur, Ardahman pun menyayangkan tampilan Mobile AIS yang terlalu sederhana.

Hal tersebut selaras dengan pendapat Muhammad Faturrahman, Mahasiswa Manajemen Semester 7. Fatur mengatakan, ia kurang nyaman menggunakan Mobile AIS karena User Experience (UX) yang belum optimal. "Tampilan dan cara pakainya nggak banget," pungkasnya, Rabu (9/10).

Sehubungan dengan UX, User Interface (UI) juga menjadi hal yang perlu diperhatikan dari Mobile AIS. Seperti yang dialami oleh Mahasiswi Sistem Informasi Semester 7 Lega Adilawati, UI Mobile AIS terkadang masih membingungkan. Pemilihan warna aplikasi pun ia nilai tertalu monoton. “Perlu diteliti lagi kebergunaannya, sudah memenuhi kebutuhan mahasiswa atau belum,” tambah Lega, Kamis (10/9).

Tanggapan juga datang dari Mahasiswa Sistem Informasi Semester 7 Ananda Vickry Pratama. Ia menilai Pustipanda tidak mengetahui kebutuhan mahasiswa atas Mobile AIS dan belum jelas ditujukan untuk apa, menimbang fitur situs web AIS yang lebih lengkap. Ananda pun mengatakan, pembuatan Mobile AIS terkesan ‘asal jadi saja’. Terlebih lagi, tidak ada pembaharuan berjangka oleh Pustipanda. “Padahal, banyak bug system yang harus diperbaiki,” sesal Ananda, Selasa (8/9).

Kepala Pustipanda Muhammad Qomarul Huda pun mengakui pengembangan Mobile AIS yang belum optimal. Hal tersebut dikarenakan karena tidak adanya developer khusus untuk aplikasi mobile. Di samping dua puluh staf yang ada, hanya terdapat lima orang  programmer di Pustipanda. Jumlah tersebut Qomarul katakan sangat kurang melihat jumlah mahasiswa aktif yang mencapai 23.000 dan dosen serta karyawan yang mencapai 2.000.

Qomarul juga mengatakan, pihak Pustipanda sudah mengusulkan kepada pihak pimpinan agar lebih memperhatikan pengembangan teknologi informasi UIN Jakarta yang masih tertinggal jauh dengan kampus lain. Untuk memenuhi harapan-harapan pengguna terkait Mobile AIS, perlu ada keselarasan antara strategi bisnis dan manajemen dengan strategi teknologi informasi. “Agar semua pengguna teknologi informasi dapat dilayani,” pungkas Qomarul di Ruang Kepala Pustipanda, Rabu (9/10).

Muhammad Silvansyah Syahdi Muharram

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition humanitas Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel video wawancara
false
ltr
item
PERSMA INSTITUT - UIN JAKARTA: Mobile AIS Tak Praktis
Mobile AIS Tak Praktis
https://1.bp.blogspot.com/-PrbDqcR6eUw/XbYrqdqnCZI/AAAAAAAALjQ/cIVJnahCJhIG9Nb5QYZuPoDgRkvFVaJmwCLcBGAsYHQ/s400/ais.png
https://1.bp.blogspot.com/-PrbDqcR6eUw/XbYrqdqnCZI/AAAAAAAALjQ/cIVJnahCJhIG9Nb5QYZuPoDgRkvFVaJmwCLcBGAsYHQ/s72-c/ais.png
PERSMA INSTITUT - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2019/11/mobile-ais-tak-praktis.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2019/11/mobile-ais-tak-praktis.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago