Archive Pages Design$type=blogging

Secercah Sisi Dualisme Pemikiran Manusia


Perlahan berangsur-angsur, penonton datang memadati Aula Madya Lantai 2 Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta guna menyaksikan pementasan teater, Kamis (17/10) lalu. Kedatangan mereka disambut dengan ramah oleh segenap panitia. Terdengar bunyi gong menggema, para penonton pun mulai memasuki ruangan. Dalam sekejap, nuansa kegelapan langsung menyelimuti seluruh ruangan seolah turut menyambut kedatangan mereka yang hadir.

Saat orang-orang telah mengambil tempat duduk, alunan musik mengiringi jalannya pementasan, pertanda bahwa drama akan segera dimulai. Mulanya, seorang laki-laki dan perempuan tampak memasuki panggung. Keduanya saling bercengkrama, namun tak disangka malah berujung pada perdebatan hebat yang tiada henti di antara keduanya.

Bertemakan “Kamu dan Perasaan-perasaanku yang Aduh”, pementasan teater ini menceritakan dualisme sisi dalam diri manusia yang saling bertolak-belakang. Tergambar dari sosok sang lelaki sebagai “Aku”, dirinya menganggap bahwa eksistensi manusia di dunia dan apa yang ada di dalamnya tidak terlepas dari peran Tuhan Yang Maha Kuasa. Namun, berseberangan dengan tokoh “Kamu” alias si wanita, ia justru menganggap bahwasanya Tuhan tidak memiliki campur tangan apapun dalam dinamika kehidupan manusia.

Berawal dari kegelisahan pribadi, penulis sekaligus sutradara pementasan teater, Said Riyadi Abdii mencoba untuk menyinggung realita yang dialami oleh manusia. Dirinya mencoba untuk mengaktualisasikan realita tersebut ke dalam pementasan drama. Sebagaimana yang tergambar pada sosok “Aku” sebagai laki-laki yang religius, dan sosok “Kamu” sebagai wanita yang materialis. “Religiusitas dan materialisme itu adalah hal yang saling bertentangan,” ujar Abdii ketika diwawancarai usai pementasan di Aula Madya Lantai 2, Kamis (17/10).

Hal tersebut juga diungkapkan Ketua Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Teater Syahid UIN Jakarta Rusydi Jamil Fiqri, pementasan ini menggambarkan realita kehidupan manusia di era kemajuan teknologi. Kecanggihannya membuat manusia seolah-olah diperalat oleh mesin, sehingga eksistensi manusia terancam tergantikan oleh robot-robot tersebut. Rusydi juga menyebut bahwa tokoh “Aku” mencoba untuk mengajak manusia berserah diri kepada Tuhannya. “Ada yang tak bisa digantikan oleh mesin, yaitu ibadah,” lanjutnya ketika diwawancarai di Aula Madya, Kamis (17/10).

Rusydi menambahkan, pementasan teater ini bertujuan untuk mengisi salah satu rangkaian acara ulang tahun Teater Syahid yang ke-30 pada tanggal 17 Oktober. Selain itu, pementasan ini juga merupakan ajang uji coba bagi para anggota Teater Syahid sebelum mengikuti festival di Kota Medan 16 November 2019 mendatang. “Pementasan ini akan dibawa ke festival di Medan tanggal 16 November,” jelasnya, Kamis (17/10).

Pementasan teater ini berlangsung selama tiga hari, terhitung dari tanggal 17 hingga 19 Oktober 2019. Bagi para penonton, pementasan ini menimbulkan kesan tersendiri. Seperti yang diungkapkan Mahasiswi UIN Jakarta Lee Mita Nudiana, menurutnya pementasan ini terkesan lebih menampilkan sisi humor dan menyenangkan. “Kesannya seru dan lucu,” ujar Mahasiswi Fakultas Syariah dan Hukum ini, Kamis (17/10).

Rupanya penonton teater juga tidak hanya berasal dari kalangan mahasiswa UIN Jakarta. Mahasiswa dari luar pun turut andil dalam pementasan ini. Salah satu mahasiswa Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (Uhamka) Daffa Kasatria Putra juga turut mengutarakan antusiasmenya selama menonton pementasan. Menurutnya pementasan teater ini sangat langka dan jarang ditemukan di zaman sekarang. “Masih ada orang yang mau bercerita dengan teater seperti ini,” ujar Mahasiswa Fakultas Ilmu Kesahatan Uhamka tersebut, Kamis. (17/10).

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition humanitas Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel video wawancara
false
ltr
item
PERSMA INSTITUT - UIN JAKARTA: Secercah Sisi Dualisme Pemikiran Manusia
Secercah Sisi Dualisme Pemikiran Manusia
https://1.bp.blogspot.com/-H4akzAPYp6Y/XbjidrrB9TI/AAAAAAAALko/LGhnMiH-h5shZR2L4Fyd6KJPToQx6HQCgCLcBGAsYHQ/s640/PicsArt_10-30-08.01.57.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-H4akzAPYp6Y/XbjidrrB9TI/AAAAAAAALko/LGhnMiH-h5shZR2L4Fyd6KJPToQx6HQCgCLcBGAsYHQ/s72-c/PicsArt_10-30-08.01.57.jpg
PERSMA INSTITUT - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2019/10/secercah-sisi-dualisme-pemikiran-manusia.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2019/10/secercah-sisi-dualisme-pemikiran-manusia.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago