Archive Pages Design$type=blogging

Melawan Sensualitas dalam Kampus


Pelecehan seksual adalah segala tindakan seksual yang tidak diinginkan oleh penerima atau korbannya. Perilaku yang termasuk dalam kategori ini yaitu  pemaksaan melakukan kegiatan seksual dan lelucon berorientasi seksual. Perilaku tersebut dapat disampaikan secara langsung maupun tidak langsung.

Di dalam kampus fenomena pelecehan seksual sudah sering terjadi. Berdasarkan sebuah survei yang dilakukan sekelompok mahasiswa pada 2014. Dari 123 mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta di semua fakultas, 10% mengaku pernah mengalami pelecehan seksual di kampus.

Kolektif Rosa adalah salah satu kelompok perempuan yang hadir di UIN Jakarta. Kelompok ini hadir sebagai wadah bagi  para perempuan untuk saling bertukar pikiran melalui diskusi dengan wacana dan pembahasan soal isu-isu perempuan. Annisa Nurul Janah adalah salah satu pencetus adanya kelompok kolektif ini.

Berangkat dari kegelisahan soal isu perempuan di UIN Jakarta dan pengalaman Annisa yang pernah mengadvokasi sebuah kasus tapi gagal di tahun 2017. Pada kasus tersebut ia dibantu oleh Senat Mahasiswa, namun sayang, kasus ini tidak mendapat dukungan dari pihak luar kemudian menganggap kasus ini dipolitisi.

Setelah melakukan wawancara dengan Inisiator Kolektif Rosa Annisa Nurul Janah mengenai latar belakang didirikannya kolektif Rosa. Ia mengatakan bahwa beberapa tahun belakangan, organisasi di dalam maupun di luar kampus di mana terdapat divisi perempuan wacana yang dibahas belum radikal menyoal isu perempuan. “Penting juga tapi harus mengupas permasalahannya.” Ujarnya, Rabu (28/8).

Namun kolektif Rosa sendiri bukan merupakan antitesa organisasi intra yang ada di UIN. Hadirnya kolektif rosa tidak bermaksud menyaingi organisasi manapun, tetapi tujuan dari kolektif ini sendiri akan mengampanyekan secara masif bahwa kolektif rosa hadir untuk mengkaji wacana-wacana dan isu perempuan serta melawan segala macam pelecehan seksual.

Sekretaris Jenderal Indonesian Conference on Religion and Peace (ICRP) Musdah Mulia menjelaskan bahwa pendidikan mengenai seksual dimulai dari keluarga. Di Negara-negara maju seperti Skandinavia dan Australia pendidikan tentang seksualitas ditanamkan sejak  dini. “Hal itu juga harus dibarengi dengan pendidikan moralitas,” tegasnya, Selasa (27/8).

Salah satu kegiatan yang dilakukan oleh Kolektif Rosa adalah kampanye dengan penyebaran brosur mengenai pelecehan seksual kepada mahasiswa baru. Kampanye yang dilakukan sejak 28 Agustus mendapat respon yang baik. Mahasiswi Baru Fakutas Psikologi Auliya Zhanatin, “Kita jadi tahu apa yang harus kita lakukan ketika mengalami pelecehan seksual.” Ujarnya, Rabu (28/8).
NM


COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition humanitas Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel video wawancara
false
ltr
item
PERSMA INSTITUT - UIN JAKARTA: Melawan Sensualitas dalam Kampus
Melawan Sensualitas dalam Kampus
pelecehan perempuan
https://1.bp.blogspot.com/-lvywq8fK05M/XW3UKyebqkI/AAAAAAAALXs/4bwjbNL9yMQqEfYCJ7lsZ9TEJCltrnBuACLcBGAs/s640/Pelecehan-Seksual.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-lvywq8fK05M/XW3UKyebqkI/AAAAAAAALXs/4bwjbNL9yMQqEfYCJ7lsZ9TEJCltrnBuACLcBGAs/s72-c/Pelecehan-Seksual.jpg
PERSMA INSTITUT - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2019/09/melawan-sensualitas-dalam-kampus.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2019/09/melawan-sensualitas-dalam-kampus.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago