Archive Pages Design$type=blogging

Pesona Alam Candi Gedung Songo



Sesuai artinya dalam bahasa jawa, “gedong” yang artinya rumah atau bangunan, dan “songo” yang artinya sembilan. Candi gedong songo memiliki sembilan kelompok bangunan yang tersebar di lereng Gunung Ungaran. Wisata yang berlokasi di Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Jawa Tengah, ini merupakan salah satu ikon budaya di Semarang.

Candi yang termasuk dalam situs peninggalan budaya Hindu ini merupakan bukti peninggalan sejarah kerajaan Wangsa Syailendra abad ke-9 atau pada tahun 927 masehi. Dan kini, dibuka sejak tahun 1982 sebagai tempat wisata umum bagi masyarakat Bandungan.

Perjalanan menuju candi gedong songo dari kota Semarang memerlukan jarak tempuh sekitar 45 Kilometer. Dari Semarang pengunjung bisa menggunakan Trans Jateng menuju Terminal Bawen. Berlanjut dari Terminal Bawen, pengunjung bisa menaiki angkutan kota menuju Ambarawa untuk kemudian berganti angkutan menuju SPBU Sumowono. Sampai sini, pengunjung cukup berjalan kaki atau menyewa ojek untuk mencapai kawasan wisata.

Keunikan dari Candi yang satu ini letaknya terpisah, jauh berpencar dari satu candi dengan candi lainnya. Untuk menuju ke tiap-tiap candinya pengunjung memerlukan tenaga ekstra sebab harus menempuh jarak ratusan meter agar bisa melihat keseluruhan candi yang ada. Namun tak perlu khawatir, pengunjung dapat memanfaatkan jasa transportasi kuda untuk berwisata mengelilingi obyek wisata Candi Gedong Songo. 

Keunikan lain candi Gedong Songo -selain dikenal sebagai situs sejarah- juga menyediakan wisata alam pegunungan yang menakjubkan. Para pengunjung langsung disuguhi pemandangan asri Gunung Ungaran, kokohnya batang-batang Pinus, dan hangatnya kawah belerang. 

Untuk menikmati keindahan candi, pengunjung tak perlu merogoh kocek terlalu dalam sebab tarif tiket masuknya terjangkau. Untuk dewasa 5 tahun ke atas dipatok 10 ribu tiap orang dan 25 ribu untuk wisatawan manca negara. Selain itu, dan untuk tarif jasa naik kuda Candi Gedong Songo dibedakan pula antara wisatawan mancanegara dengan wisatawan lokal sesuai jaraknya. 

Kawasan candi gedong songo juga memiliki objek wahana kreasi yang tidak pernah sepi dari pengunjung, sebut saja Wahana Selfi Ayana. Pengunjung bisa bebas masuk dan berfoto di buble tent, berfoto riang di ruang santai pada tengah kolam. Ada pula balon udara, kursi santai, VIP lounge ayana, dan masih banyak lagi yang bisa dijadikan objek foto oleh pengunjung. 

Salah seorang pengunjung mengungkapkan kesannya setelah mengunjungi candi ikon Kota Semarang ini "Seru pastinya liburan ke gedung songo, pemandangannya luar biasa, banyak objek menarik buat ngeksis. Wisata incaran anak muda jaman sekarang lah," ujar Sindi (09/06).

FA

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition humanitas Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel video wawancara
false
ltr
item
PERSMA INSTITUT - UIN JAKARTA: Pesona Alam Candi Gedung Songo
Pesona Alam Candi Gedung Songo
https://1.bp.blogspot.com/-5WFRSQmhUdA/XT6L-sUVtFI/AAAAAAAALR8/DSe89sP22_occrTWbCmS6R8nju69OAm1QCLcBGAs/s320/IMG-20190723-WA0003.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-5WFRSQmhUdA/XT6L-sUVtFI/AAAAAAAALR8/DSe89sP22_occrTWbCmS6R8nju69OAm1QCLcBGAs/s72-c/IMG-20190723-WA0003.jpg
PERSMA INSTITUT - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2019/07/pesona-alam-candi-gedung-songo.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2019/07/pesona-alam-candi-gedung-songo.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago