Archive Pages Design$type=blogging

Mengepakkan Sayap Lewat Seni



Ketenangan begitu terasa ketika pengunjung memasuki area Gedung A, Galeri Kesenian Nasional. Panitia yang ada di ruang registrasi juga menyunggingkan senyumnya tatkala menyambut pengunjung yang berdatangan. Usai menulis daftar tamu di ruang registrasi, pengunjung diwajibkan menitipkan tasnya untuk tujuan keamanan. Ketika memasuki area pagelaran, pengunjung tak hanya disuguhkan oleh lukisan, pameran ini juga menyuguhkan kesenian dua dimensi, tiga dimensi, dan instalasi.

Tiba di ruang pameran, pengunjung langsung menyorot perhatiannya ke dua buah instalasi sayap yang tersaji di balik tembok putih dan pipa panjang dalam gedung. Instalasi yang memiliki judul ‘Come Fly With Me’ memiliki pesan tersirat bahwa dalam kehidupan ada beberapa perspektif yang bisa dilihat. Jika memperhatikan lebih dalam, pengunjung seolah melihat anyaman-anyaman yang digabungkan menjadi bentuk sayap besar nan kokoh. Warna cokelat keemasan instalasi memberikan efek megah dan kekuatan yang amat besar.

‘Sayap’ tak hanya berada di instalasi pameran saja. Sebuah lukisan yang bertajuk “My Own Private Place” juga menampilkan seorang gadis dengan hiasan sayap yang berada di atas
kepalanya. Jika diamati dengan seksama, pengunjung dapat melihat bahwa lukisan yang
disuguhkan diantara kumpulan lukisan di sisi kiri gedung mencerminkan pribadi yang cemas dan gelisah. Lukisan yang berdiameter 1,2 meter ini dibilang cukup unik karena memiliki canvas yang berbahan dasar alumunium.

Selain lukisan yang menggambarkan seorang gadis dengan hiasan sayap, Adapula lukisan yang bernama “Wing Wang”. Lukisan ini memiliki makna bahwa kehidupan seseorang pasti akan diterpa oleh apapun yang ada didepan. Cat air sebagai bahan dasar melukis di atas canvas yang bersisi 1,5 x 1,5 meter ini memiliki empat perpaduan warna. Diantara biru, kuning, putih, dan hitam dengan latar hijau tosca yang merilekskan mata.

Saat pengunjung memasuki area pameran lebih dalam lagi, karya Nus Salomo yang terkenal estetik seperti patung, dan lukisan dua dimensi berupa gambar bunga juga disuguhkan. Satu hal yang begitu menarik perhatian adalah patung-patung yang diletakkan di meja berwarna putih. Patung-patung itu berbentuk hewan yang berukuran kecil. Patung babi yang memakai topi bersayap banyak menyedot perhatian pengunjung.

Beralih ke ruangan setelahnya, pengunjung akan melihat karya tiga dimensi yang saintifik. Karya tiga dimensi yang ditunjukan dalam pameran salah satunya adalah gundam yang disusun dalam satu frame. Berjudulkan “I am a Toy” gundam robot ini memiliki panjang sisi 57 x 57 cm yang terbuat dari alumunium. Semua susunan gundam dicat berwarna putih, sehingga menimbulkan nuansa kepolosan dan kemurnian hati yang suci.

Salah satu pengunjung pagelaran Surya mengungkapkan bahwa ia puas dengan adanya pagelaran ini. Menurutnya, semua kesenian disini memiliki karakteristiknya masing-masing. Dengan mengusung tema sayap, pengunjung dibuat berpikir seluas-luasnya dalam memaknai perjalanan hidup. "Saya terpukau dengan semua karya Nus Salomo disini, out of the box," tuturnya Selasa (21/5).

Sama halnya dengan Surya, panitia pameran Windi Salomo mengatakan bahwa pameran kali ini beraliran seni kontemporer. Selain itu istri dari seniman Nus Salomo ini menegaskan bahwa tema sayap yang diambil dimaksudkan agar pengunjung dapat melihat beberapa sisi dalam kehidupan. “Hal ini supaya pengunjung bisa bangkit dalam menjalani kehidupan,” tutup Windi saat ditemui Galeri Nasional Selasa (21/5).

DBA

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition humanitas Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel video wawancara
false
ltr
item
PERSMA INSTITUT - UIN JAKARTA: Mengepakkan Sayap Lewat Seni
Mengepakkan Sayap Lewat Seni
https://1.bp.blogspot.com/-bMv3PS_pkJE/XSWgT4VUrQI/AAAAAAAALN8/LLF1yznXkjgtPeaS_c7SA8B_Qwrid9p9ACLcBGAs/s320/Screenshot_2019-07-10-15-18-50-1.png
https://1.bp.blogspot.com/-bMv3PS_pkJE/XSWgT4VUrQI/AAAAAAAALN8/LLF1yznXkjgtPeaS_c7SA8B_Qwrid9p9ACLcBGAs/s72-c/Screenshot_2019-07-10-15-18-50-1.png
PERSMA INSTITUT - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2019/07/mengepakkan-sayap-lewat-seni.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2019/07/mengepakkan-sayap-lewat-seni.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago