Archive Pages Design$type=blogging

Penyelamatan di Balik Gertakan


Judul Film : Dunkirk
Tahun Rilis : 2017
Sutradara : Christopher Nolan
Genre : Sejarah, Perang, Drama.
Studio : Warner Bros Pictures
Durasi : 1 jam 46 menit



Dunkirk mengisahkan pengorbanan heroik para pasukan yang tengah terancam oleh penjajah Jerman. Sehingga Perjuangan Pasukan Prancis dan Inggris pergi menuju tanah pesisir Dunkrik untuk bersembunyi dan menunggu pertolongan dari AU Inggris dan Kapal warga sipil.

Dunkirk merupakan sebuah kota pelabuhan di utara Prancis berjarak 10 kilometer dari perbatasan Belgia, tempat pelarian terakhir pasukan Inggris di tanah Eropa. Sekitar 300 ribu pasukan inggris berlabuh di tempat tersebut bersama dengan sekutunya Prancis untuk menghindari kejaran pasukan Jerman.

Mulanya, pada periode 1914-1918 Inggris berhasil melenyapkan pasukan Jerman di Perang Dunia I (PD I). Jerman ditaklukan oleh pasukan Inggris beserta sekutunya Prancis. Namun, setelah kekalahan melawan Inggris, Jerman melakukan revolusi besar-besaran, hingga pada 1933 munculah partai Nazi. Di masa Nazi, Jerman berhasil bangkit dan menjelma menjadi kekuatan besar di Eropa. Alhasil, pada Perang Dunia II (PD II) pasukan Nazi berhasil menghentikan dominasi Inggris.

Mei 1940, Jerman telah menguasai wilayah Prancis dan mengakibatkan pasukan Prancis dan Inggris kabur hingga pergi menuju wilayah Dunkirk. Pasukan secara perlahan dievakuasi dari pantai menggunakan kapal Angkatan Laut (AL), dan perahu warga sipil yang dipaksa Pemerintah Inggris untuk menjemput pasukan ke sebrang Britania Raya.

Tommy (Fionn Whitehead), salah seorang tentara Inggris yang hendak melarikan diri dari Prancis menemukan ribuan pasukan yang berbaris di pinggir pantai. Mereka sedang menunggu evakuasi yang akan membawa mereka kembali ke kampung halaman, saat itu pula ia bertemu dengan Gibson (Aneurin Barnard). Nahas, pesawat tempur Jerman (Stuka) datang untuk menghabisi mereka.

Sesaat setelah serangan, Tommy dan Gibson menemukan seorang pasukan yang terluka. Segera mereka menandunya menuju kapal medis. Tiba-tiba, serangan Stuka muncul dan menghancurkan kapal medis itu hingga tenggelam. Tommy segera bertindak membantu pasukan lain yang terjebak di air.

Tak hanya itu, AL Inggris memerintahkan warga sipil menjemput para pasukan yang terjebak di Dunkirk. Pelaut sipil Dawson (Mark Rylance) dan putranya Peter (Tom Glynn-Carney) berangkat menuju Dunkirk. Di tengah perjalanan, tiba-tiba Teman Peter, George (Barry Keoghan) muncul menghampirinya, hingga akhirnya George teman dekat Peter bergabung dalam penjemputan pasukan Prancis dan Inggris.

Di laut, Dawson dan putranya menemukan seorang prajurit yang membutuhkan pertolongan, mereka lalu menyelamatkan prajurit itu ke dalam kapal. Beberapa saat setelah sang prajurit siuman, ia mengetahui bahwa kapal yang mengangkutnya itu sedang menuju Dunkirk. Ia lantas menuntut agar kapal tersebut segera berbalik. Namun pasukan tak dikenal itu malah mengambil
alih kemudi.

Tidak hanya itu saja, Angkatan Udara (AU) Inggris juga turut membantu dalam proses evakuasi pasukan di Dunkirk. Tiga pesawat Spitfire AU Inggris terbang menuju Dunkirk, mereka terlibat pertempuran udara dengan AU Jerman. Beberapa pesawat musuh berhasil mereka taklukan, tetapi spitfire lainnya terkena serangan dan jatuh ke laut.

Sementara Tommy, Alex, dan Gibson masih terjebak di pesisir Dunkirk. Mereka bersembunyi di kapal penangkap ikan bersama dengan sekelompok prajurit lainnya. Saat itu, tentara Jerman datang menembaki kapal tempat mereka bersembunyi hingga membuat kapal tersebut hampir tenggelam. Alex berusaha meringankan beban kapal, namun, Alex menuduh Gibson sebagai
mata-mata Jerman disebabkan Gibson selalu terdiam.

Keesokan harinya, kapal-kapal sipil berdatangan menjemput para pasukan Inggris dan Prancis yang terjebak di Dunkirk, lalu mengevakuasi sekitar 330 ribu pasukan menuju Inggris. Jumlah tersebut 10 kali lipat lebih banyak dibanding perkiraan Perdana Menteri Inggris Winston Churchill.

Dalam film Dunkirk, mengisahkan evakuasi pasukan Inggris dan Prancis yang terjebak di pesisir Dunkirk. Dari cerita tersebut, Sutradara Christopher Nolan berusaha menyajikan Dunkirk dengan suasana perang yang mencekam, dengan tetap meminimalisir pengolahan visual secara digital.

Film ini layak ditonton oleh khalayak luas, terutama bagi kalangan yang tertarik akan sejarah. Selain itu ada beberapa pesan moral yang dapat diambil dari film ini, seperti berani dalammengambil keputusan dan rela berkorban demi tanah air.


MAF

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition humanitas Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel video wawancara
false
ltr
item
PERSMA INSTITUT - UIN JAKARTA: Penyelamatan di Balik Gertakan
Penyelamatan di Balik Gertakan
https://4.bp.blogspot.com/-saiPfDUr4ik/XNFbi4NPXUI/AAAAAAAALA0/lsoxLr7ifEUFHwqA5RoIEPDxsrja8sSVgCLcBGAs/s320/dunkirk_xlg.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-saiPfDUr4ik/XNFbi4NPXUI/AAAAAAAALA0/lsoxLr7ifEUFHwqA5RoIEPDxsrja8sSVgCLcBGAs/s72-c/dunkirk_xlg.jpg
PERSMA INSTITUT - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2019/05/penyelamatan-di-balik-gertakan.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2019/05/penyelamatan-di-balik-gertakan.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago