Archive Pages Design$type=blogging

Drama Sebagai Media Pembelajaran


Drama merupakan salah satu media pembelajaran dalam mendidik para siswa dengan peran yang ada didalamnya. Seraya menggiatkan kembali drama baik di sekolah maupun di universitas. Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pendidikan Sastra dan Bahasa Indonesia (PBSI) menyelenggarakan acara Pekan Apresiasi Sastra dan Drama (Pestarama). 

Pestarama dilaksanakan mulai tanggal 22 April 2019 sampai 29 April 2019 mendatang di Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta. Acara ini merupakan kali keempat dilaksanakan. Dari berbagai rangkaian acara yang diselenggarakan, salah satunya Seminar Nasional (Semnas) yang dilangsungkan pada tanggal 22 April 2019 di Auditorium Harun Nasution.

Semnas yang bertajuk Pembelajaran Multidisipliner Berbasis Drama sebagai Inovasi Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. Ada pun materi Semnas yang disampaikan oleh Kepala Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan Dadang Sunendar, Dramawan dan Pendiri Teater Koma Nano Riantiarno, Dosen Pendidikan Agama Islam sekaligus Direktur Madrasah Pembangunan UIN Jakarta Bahrissalim, dan Dosen Magister Pendidikan Bahasa Inggris Fahriany. 

Semnas yang diadakan di Auditorium Harun Nasution dan acara dimulai pukul 07.30 WIB. Pembukaan acara Seminar Nasional diawali dengan musikalisasi puisi yang dibawakan oleh Sakustik. Dilanjutkan dengan pembacaan puisi serta pembukaan acara oleh Wakil Rektor Bidang Akademik UIN Jakarta Zulkifli.

Pimpinan Produksi Pestarama 4 Nur Siswo menyatakan bahwa tujuan dari Semnas ini adalah untuk mengimplementasikan drama di dalam pembelajaran. Seperti halnya penjelasan salah satu pembicara Dosen Magister Pendidikan Bahasa Inggris Fahriany. “Drama itu sesuai dengan tuntutan pembelajaran revolusi industri 4.0. Drama memberikan proses pembelajaran kepada siswa,” ujarnya, Senin (22/4).

Rangkaian acara dilanjutkan dengan pemaparan Presentasi Poster oleh para undangan yang mengangkat tema Inovasi Pembelajaran Berbasis Drama. Salah satu peserta berasal dari Institut Agama Islam Negeri Tulungagung Nurina Putri Manggiasih. Ia mengungkapkan bahwa ini adalah pengalaman yang tidak disangka-sangka dan merasa bangga bisa ikut berpartisipasi dalam acara Pestarama 4 di UIN Jakarta.

Tidak hanya Semnas, rangkaian acara lainnya seperti diskusi lintas komunitas, pementasan monolog dan drama yang diselingi dengan bazar dan pameran juga ikut serta melengkapi rangkaian acara Pestarama 4. Sebagai penutup acara Pestarama 4, akan ada pembacaan cerpen oleh para finalis lomba membaca cerpen. 

Akan tetapi, pengumuman 10 besar terbaik Lomba Baca Cerpen tidak dibacakan secara langsung pada saat Semnas, melainkan diumumkan di media sosial Instagram, Twitter, Facebook dan Whatsapp Pestarama.

Berakhirnya Semnas sukses dengan tingginya antusias para peserta yang hadir dari berbagai kalangan. Mulai dari mahasiswa hingga dosen, baik dari UIN Jakarta maupun dari instansi lainnya. Seperti yang diungkapan Wakil Pimpinan Produksi Fikis Silmi Faza “Alhamdulillah antusiasnya banyak, sekitar empat ratusan datang. Bukan hanya dari PBSI sendiri, ada yang dari Padang, Jawa dan Bali. Ada juga penyaji poster dari Padang dan Jakarta,” ujarnya, Senin (22/4).

Begitu pun harapan Pimpinan Produksi  dari acara ini  “Acara ini dijadikan pembelajaran, dan tetap berjalan sesuai dengan harapan” ujarnya, Senin (22/4). Kegiatan ini juga untuk mengacu orang bahwa karya sastra patut diapresiasi dan dibaca tanpa mengenal usia, tegasnya. 

FN

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition humanitas Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel video wawancara
false
ltr
item
PERSMA INSTITUT - UIN JAKARTA: Drama Sebagai Media Pembelajaran
Drama Sebagai Media Pembelajaran
https://1.bp.blogspot.com/-S5Rs16vIkoY/XMvZH_ZnVeI/AAAAAAAAK_s/0tC8BBQS3xoyznKfHtVbytSB_7pd57LfwCLcBGAs/s400/pesrarama.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-S5Rs16vIkoY/XMvZH_ZnVeI/AAAAAAAAK_s/0tC8BBQS3xoyznKfHtVbytSB_7pd57LfwCLcBGAs/s72-c/pesrarama.jpg
PERSMA INSTITUT - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2019/05/drama-sebagai-media-pembelajaran.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2019/05/drama-sebagai-media-pembelajaran.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago