Archive Pages Design$type=blogging

Di Balik Slogan Kebebasan Pers





Dua ratus orang jurnalis yang tergabung dalam Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia, AJI Jakarta, Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Pers, dan Pers Mahasiswa (Persma) kembali turun aksi dalam memperingati Hari Buruh Internasional 2019 di Monumen Nasional (Monas), Rabu, 01 Mei. Mereka menuntut untuk menghentikan kekerasan terhadap jurnalis, menghentikan kekerasan terhadap kebebasan pers dan antisipasi terhadap turbulensi industri media.

Tidak hanya itu, Dengan mengenakan baju berwarna hitam, peserta aksi berjalan dari Gedung Dewan Pers menuju titik kumpul di Monas. Peserta aksi membawa beberapa atribut berupa kentongan, serta bendera kuning yang merupakan simbol  matinya akal sehat kampus terhadap kebebasan berekspresi.

Jackson Simanjuntak, sebagai juru bicara aksi mengatakan ia dan rekan-rekannya resah melihat kekerasan terhadap kebebasan pers belakangan ini. Salah satunya adalah pemberedelan rektor terhadap Persma di Universitas Sumatera Utara (USU). Menurutnya, kebebasan pers menjadi perhatian banyak pihak dalam kasus perihal. “Pers kampus bukan perpanjangan tangan pihak rektorat, karena mereka hadir untuk mengisi ruang-ruang literasi di kalangan mahasiswa,” ucapnya dalam berorasi, Rabu, (1/5).

Tak hanya itu, salah satu peserta aksi memperingati Hari Buruh Internasional, Moh. Yamin  menyebutkan, kasus yang dihadapi oleh Persma Suara USU mencederai demokrasi. Kasus ini merupakan bentuk pelanggaran terhadap Undang-undang Pers tentang kebebasan untuk berekpresi. “Ada penyelewengan yang dilakukan rektor dan bisa dikategorikan sebagai perbuatan anti demokrasi,” ucapnya, Kamis, (2/5).

Senada dengan Yamin, Faisal Bahrun, sekertaris Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Didaktika mengatakan bahwa kasus yang dihadapi oleh Persma Suara USU harus terus digaungkan. Pasalnya, memperjuangkan demokrasi yang berjalan di kampus, membutuhkan kebebasan berekspresi serta tidak ada pengekangan dan campur tangan dari pihak manapun. “Ke depannya semoga tidak terjadi lagi kejadian serupa,” ucapnya, Kamis, (2/5).

Lebih jauh, salah satu peserta aksi dari Forum Pers Mahasiswa Jakarta (FPMJ), Fakhri Muhammad menyebutkan alasan mengikuti aksi karena ingin menyuarakan apa yang menghambat Persma dalam melakukan kerja jurnalistik. “Intervensi birokrat kampus, regulasi yang kontraproduktif adalah ancaman untuk kerja jurnalistik di Persma,” ujarnya, Rabu, (1/5).

Selain tuntutan terhadap kebebasan berekspresi dalam kerja jurnalistik, Jackson juga menambahkan, supaya semua jurnalis terus meningkatkan kemampuan. Tantangan turbulensi industri media yang mempekerjakan satu orang untuk melakukan multitasking dalam kerja jurnalistik harus diantisipasi. “Kita tidak perlu takut dengan efisiensi yang dilakukan media selama kemampuan yang kita miliki memadai, apalagi di era disrupsi teknologi 4.0,” ucapnya.

IA

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition humanitas Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel video wawancara
false
ltr
item
PERSMA INSTITUT - UIN JAKARTA: Di Balik Slogan Kebebasan Pers
Di Balik Slogan Kebebasan Pers
https://4.bp.blogspot.com/-ypESI0RlIuI/XM-ivSzZmSI/AAAAAAAALAE/bHSptoy59VErKxZ6SSw6XI0nrzyz-1GfwCLcBGAs/s400/aji.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-ypESI0RlIuI/XM-ivSzZmSI/AAAAAAAALAE/bHSptoy59VErKxZ6SSw6XI0nrzyz-1GfwCLcBGAs/s72-c/aji.jpg
PERSMA INSTITUT - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2019/05/di-balik-slogan-kebebasan-pers.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2019/05/di-balik-slogan-kebebasan-pers.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago