Archive Pages Design$type=blogging

Masjid Cheng Ho, Wujud Toleransi Beragama




Wisata religi mempunyai nilai tersendiri, terutama mengunjungi tempat peribadatan. Masjid Muhammad Cheng Ho Surabaya menjadi simbol toleransi beragama dan kerukunan masyarakatnya.
Apa yang terngiang di benak anda mengenai Surabaya? Mungkin sebagian orang hanya mengenal Surabaya dengan Jembatan Suramadu nan megah, monumen Tugu Pahlawan, atau patung sura dan buaya. Padahal, di kota pahlawan ini anda dapat berwisata sembari mempelajari nilai-nilai toleransi dan keragaman yang tertanam kuat pada masyarakatnya.

Kota toleransi, mungkin tak berlebihan kiranya dinisbatkan pada kota yang menjadi saksi bisu Hari Pahlawan ini. Nilai toleransi tersebut terpancar jelas jika anda mengunjungi Masjid Muhammad Cheng Ho di Jalan Gading, KetabangGentengSurabaya. Sekilas, bangunan yang didominasi warna merah tersebut tak ubahnya kelenteng tempat peribadatan umat Kong Hu Cu.



Namun siapa sangka, bangunan yang persis seperti kelenteng tersebut digunakan umat Muslim untuk melaksanakan sholat dan kegiatan peribadatan lainnya. Jika meruntut sejarah, Masjid Muhammad Cheng Ho dibangun sebagai bentuk penghormatan pada sosok Cheng Ho, seorang laksamana asal Tiongkok yang beragama Islam. Cheng Ho datang ke Majapahit kala itu sebagai utusan Kaisar Dinasti Ming, namun ia juga turut menyebarkan agama islam terutama di pulau Jawa.
Jika dilihat dari segi arsitektur, bangunan Masjid Muhammad Cheng Ho sangat kental dengan gaya perpaduan Tiongkok dan Arab. Arsitektur masjid ini terinspirasi dari Masjid Niu Jie di Beijing, sehingga jika diperhatikan ada banyak kesamaan. Hal ini dapat dilihat pada bagian puncak atap utama dan mahkota masjid bergaya Niu Jie.
Ada pun Masjid Muhammad Cheng Ho didirikan atas prakasa para sesepuh dan pengurus Yayasan haji Muhammad Cheng Ho Indonesia, serta masyarakat Tionghoa di Surabaya. Dibangun tahun 2002, masjid ini sebagai simbol kerukunan antar umat beragama terutama kaum Muslim dan Tionghoa di Surabaya. Di sebelah kiri bangunan masjid, terdapat banyak prasasti dalam berbagai bahasa dan latar belakang agama berisikan komitmen hidup rukun bersama.



Bagi wisatawan yang ingin mengunjungi Masjid Muhammad Cheng Ho, dari Stasiun Pasar Turi dapat menggunakan transportasi umum angkot bemo dengan estimasi lama perjalanan satu jam. Namun jika wisatawan berangkat dari Bandara Internasional Djuanda, maka untuk menuju lokasi dapat menggunakan transportasi umum bus Damri dan dilanjutkan menggunakan becak maupun ojek.
Salah satu pengunjung Siti Maghfirah mengungkapkan kekagumannya pada Masjid Muhammad Cheng Ho. Menurutnya, masjid ini sebagai lambang kerukunan umat beragama di Indonesia. Terlebih, di Indonesia banyak kalangan mempermasalahkan keberadaan etnis Tionghoa dianggap berlawanan dengan budaya Indonesia. Namun dengan adanya masjid ini dapat menjadi bukti bahwasanya umat Muslim dan Tionghoa dapat bersatu dan bersaudara.

Yang menarik bagi Siti, Masjid Muhammad Cheng Ho memiliki bangunan gaya kelenteng namun digunakan umat Muslim untuk beribadah. Tentu bagi Siti hal tersebut unik, terlebih di dalamnya ukiran-ukiran seni khas Tiongkok memperindah suasana. “Sumpah itu masjid keren banget,” ucap Siti, Senin (14/2).

M. Rifqi Ibnu Masy

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition humanitas Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel video wawancara
false
ltr
item
PERSMA INSTITUT - UIN JAKARTA: Masjid Cheng Ho, Wujud Toleransi Beragama
Masjid Cheng Ho, Wujud Toleransi Beragama
https://2.bp.blogspot.com/-d1RB0kYqWUQ/XJB7Sl38beI/AAAAAAAAK4c/VPjzdMrTrB8AENZRJ0y8uRVcGYLSD02RQCLcBGAs/s320/masjid-cheng-hoo-surabaya-jawa-timur.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-d1RB0kYqWUQ/XJB7Sl38beI/AAAAAAAAK4c/VPjzdMrTrB8AENZRJ0y8uRVcGYLSD02RQCLcBGAs/s72-c/masjid-cheng-hoo-surabaya-jawa-timur.jpg
PERSMA INSTITUT - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2019/03/masjid-cheng-ho-wujud-toleransi-beragama.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2019/03/masjid-cheng-ho-wujud-toleransi-beragama.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago