Archive Pages Design$type=blogging

Tambah Dana Lewat Paid Promote



Generasi milenial berlomba-lomba memanfaatkan teknologi informasi di era digital ini. Perdagangan elektronik menjadi salah satu bentuk perkembangan teknologi yang cukup signifikan sejak beberapa tahun ke belakang. Berdasarkan hasil Sensus Ekonomi tahun 2016, perdagangan elektronik di Indonesia terus tumbuh sekitar 17 persen dalam 10 tahun terakhir dengan total sekitar 26,2 juta usaha.

Pertumbuhan ini tidak lepas dari peran media sosial yang sedang berkembang pesat. Peran penting tersebut dipegang dalam hal promosi. Berbagai jenis barang dan jasa ditawarkan, mengisi beranda setiap pengguna. Kemudahan bertransaksi pun didapatkan. Hanya dengan duduk manis di rumah, barang akan datang sesuai dengan pesanan.

Bermedia sosial pun seakan menjadi hobi kebanyakan mahasiswa saat ini. Selain sebagai hiburan, mereka juga melihat peluang bisnis di dalamnya. Minim modal, sebuah metode bisnis mulai marak di kalangan organisasi mahasiswa. Mereka memanfaatkan media sosial dalam mencari dana untuk menjalankan suatu program kerja atau acara.

Paid Promote (PP) namanya, atau promosi berbayar. Dengan memajang sebuah produk dari pengiklan di masing-masing akun panitia, mereka mendapat timbal balik berupa uang maupun barang. Cara ini dianggap efektif untuk mendapat dana tambahan, salah satunya melalui media Instagram.

Seperti halnya International Culture Festival (ICFest) 2018, panitia melakukan PP sebagai sumber dana. Acara yang diusung Unit Kegiatan Mahasiswa Bahasa-Foreign Language Association ini baru pertama kalinya melakukan PP. Sayang, PP tidak bisa menjadi sumber dana utama karena tak menghasilkan dana yang besar. Walau demikian, cara ini tidak berpotensi rugi. “Cari duit tanpa bermodal,” ujar Kepala Divisi Bazaar and Fundraising ICFest 2018 Syifaa Azzahra, Senin (17/9).

Selain ICFest 2018, HIMSI Exportation 2018 juga melakukan PP di Instagram untuk pertama kalinya tahun ini. Terdapat sekitar dua puluh toko online berminat utuk dipromosikan panitia. Kepala Divisi Dana Usaha HIMSI Exportation 2018 Fatimah Rani mengatakan, pemasukan dari PP sangat membantu dalam pencapaian target dana usaha. “Hanya bermodal kuota internet, ditambah tidak lelah fisik dibanding dengan berjualan barang,” jelasnya, Senin (17/9).

Akan tetapi, beberapa orang mengaku tidak terlalu tertarik melihat PP di beranda Instagram dengan produk yang dipromosikan, salah satunya Fauziyah Oktariyanti. Mahasiswi Pendidikan Bahasa Arab ini menganggap PP sebagai spamming karena diunggah berulang kali. “Tidak pernah ada rasa penasaran sama sekali,” katanya, Senin (17/9).

Berbeda dengan Fauziyah, Agustin Wahyuni beranggapan lain. Mahasiswi Pendidikan Bahasa Inggris tersebut sering kali melihat beberapa produk menarik dan berminat untuk membelinya. Ia tertarik ketika melihat barang-barang seperti alat-alat tulis, binder, pun makanan. “Walau tidak sampai membelinya,” ujarnya, Kamis (20/9).

Menurut Yusuf Durachman, salah satu Dosen Pengantar Bisnis di Fakultas Sains dan Teknologi, PP merupakan fenomena yang marak saat ini. Tak hanya menguntungkan, PP juga dianggap efisien karena dapat mempromosikan suatu produk dengan murah dan cepat. PP dinilai efektif karena banyaknya pengguna media sosial saat ini. “Dengan begitu, informasi dapat tersebar luas dengan cepat,” ungkapnya, Rabu (19/9).

MSSM

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition humanitas Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel video wawancara
false
ltr
item
PERSMA INSTITUT - UIN JAKARTA: Tambah Dana Lewat Paid Promote
Tambah Dana Lewat Paid Promote
https://4.bp.blogspot.com/-00-gjVMXDPE/W7vPf8azD2I/AAAAAAAAKlc/H6rcTtgnr6AjCp7YdS9bpIhPjGeEOVOqQCEwYBhgL/s320/ILUSTRASI.png
https://4.bp.blogspot.com/-00-gjVMXDPE/W7vPf8azD2I/AAAAAAAAKlc/H6rcTtgnr6AjCp7YdS9bpIhPjGeEOVOqQCEwYBhgL/s72-c/ILUSTRASI.png
PERSMA INSTITUT - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2018/10/tambah-dana-lewat-paid-promote.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2018/10/tambah-dana-lewat-paid-promote.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago