Archive Pages Design$type=blogging

Tantangan dan Ancaman Energi Terbarukan



Ketahanan energi di Indonesia semakin merosot dalam beberapa tahun terakhir. Berdasarkan data yang dirilis Dewan Energi Dunia, Indonesia berada di peringkat ke-69 dari 129 negara di dunia pada Tahun 2014. Penyebabnya adalah, ketidakseimbangan ketersediaan energi dengan kebutuhan energi di masyarakat. Salah satu faktor yang mendasari kemerosotan ketahanan energi di Indonesia adalah pemanfaatan.

Selain itu dalam konferensi di Paris, bahwa sepakat semua negara dengan suka rela ikut berkontribusi untuk menahan kenaikan suhu global sebesar 2% dengan masing-masing cara setiap negara. Indonesia melalui Presiden Joko Widodo menyampaikan 3 hal, yaitu; melakukan reformasi subsidi, memaksimumkan penggunaan dan pemanfaatan energi baru terbarukan, dan melakukan wis energy program. Hal ini diutarakan oleh Rida Mulyana dalam kegiatan seminar nasional di Universitas Trisakti.

Kegiatan seminar nasional yang membahas tentang Energi. Acara Seminar Nasional tersebut diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Teknologi Kebumian dan Energi (FTKE) Universitas Trisakti. Bertempat di Auditorium gedung F & G Universitas Trisakti, Selasa (12/9).

Seminar Nasional yang bertemakan “Utilization of renewable energy as new paradigm for energi demand in globalization era.” Seminar ini juga diselenggarakan dalam rangka menyambut Dies Natalies Ke-53 Universitas Trisakti.

Seminar nasional ini dibagi kedalam dua sesi, yakni; sesi pertama Oceanic Thermal Energy Conservation. Dengan tiga pembicara, Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Rida Mulyana, Ketua Pakar Masyarakat Energi Terbarukan Indonesia (METI) Herman Darnel Ibrahim, dan Direktur Keuangan Masyarakat Energi Terbarukan Indonesia METI Erwin Susanto Sadirsan. Sesi kedua Establishment of Student Character in Handling the Management of National Energy Resilience. Pada sesi ini ada dua pembicara, yaitu Ketua Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu Ugan Gandar, dan Dewan Energi Nasional Abadi Poernomo.

Menurut Ketua Pelaksana Seminar Nasional Hanny Oktori Hutabarat, dengan adanya kegiatan ini kami ingin semua mahasiswa tahu tentang energi baru terbarukan. Dan merupakan isu sosial yang harus diketahui mahasiswa energi itu sendiri. Selain itu dengan adanya Seminar Nasional ini, BEM FTKE berharap mahasiswa mengetahui isu-isu sosial tersebut, dan juga tidak harus berpacu pada penggunaan energi konvensional atau energi fosil.

Menurut peserta Seminar Nasional tahun pertama, FTKE jurusan tekhnik perminyakan Suryo Bimantoro. Motivasi utama mengikuti seminar ini untuk menambah ilmu yang berhubungan dengan jurusannya. Dia juga mengatakan bahwa, seminar ini bukan pertama kali ia ikuti. Namun sebelumnya dia juga pernah mengikuti seminar mengenai ketahanan energi. Baginya seminar ini sangat penting, apalagi dia dari jurusan perminyakan pastinya untuk menambah wawasan yang lebih banyak lagi.

HA

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition humanitas Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel video wawancara
false
ltr
item
PERSMA INSTITUT - UIN JAKARTA: Tantangan dan Ancaman Energi Terbarukan
Tantangan dan Ancaman Energi Terbarukan
https://1.bp.blogspot.com/-FunxThJ44tQ/W6J6fZ-yYCI/AAAAAAAAKh4/8VuoyHzdg7YrZzIPG9biP00rs0E4A28AACLcBGAs/s320/IMG-20180917-WA0011.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-FunxThJ44tQ/W6J6fZ-yYCI/AAAAAAAAKh4/8VuoyHzdg7YrZzIPG9biP00rs0E4A28AACLcBGAs/s72-c/IMG-20180917-WA0011.jpg
PERSMA INSTITUT - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2018/09/tantangan-dan-ancaman-energi-terbarukan.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2018/09/tantangan-dan-ancaman-energi-terbarukan.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago