Archive Pages Design$type=blogging

Mengasah Pedagogi di Negeri Orang





Tri Dharma Perguruan Tinggi merupakan salah satu tujuan dalam melakukan sebuah pendidikan, pengajaran, penelitian, pengembangan, dan pengabdian untuk memajukan kesejahteraan masyarakat. Bahkan, Tri Dharma Perguruan Tinggi juga memberikan tanggung jawab yang di topang penuh oleh seluruh mahasiswa.

Dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Perguruan Tinggi disebutkan, Pengabdian kepada Masyarakat adalah kegiatan civitas academica yang memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk memajukan kesejahteraan masyarakat dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

Seperti halnya mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta yang diwajibkan untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat saat menginjak semester 6 dengan cara Kuliah Kerja Nyata (KKN). Namun berbeda dengan beberapa mahasiswa relawan pengajar di luar negeri sebagai bentuk mengisi waktu luang selama libur kuliah.

Salah satunya ialah Aprian Handayani, mahasiswa UIN Jakarta semester 5 jurusan pendidikan kimia. Ia mengaku memiliki niatan untuk menjadi relawan pengajar karena kuliah sedang libur selama 3 bulan. “Saya mencari program volunteer mengajar untuk mengisi waktu liburan,” ujarnya saat dihubungi via whatsapp,  Senin (20/8).

Bagi aprian, di saat berada di Negeri Gajah Putih mesti menghadapi perbedaan berbahasa dan budaya. Bahkan, untuk mengajar pun butuh proses lama untuk memahami diantara guru dan murid. “Kalau sudah tidak saling mengerti, kita memakai google translate,” tuturnya.

Tak hanya Aprian saja,  salah satu mahasiswa UIN Mas’udah, mahasiswa semester 5 jurusan pendidikan kimia mencoba untuk menjadi relawan pengajar di Filipina pada bulan Juli lalu. Pasalnya, ia tertarik untuk menambah proses kemampuan mengajar. Bahkan, ia pun berinisiatif  untuk mengisi waktu luang. “Kebetulan saya memang senang mengajar, sebelum di Filipina saya juga pernah mengajar di Malaysia,” ungkapnya, Senin (20/8).

Namun, Proses untuk menjadi relawan pengajar di luar negeri tentu tidak mudah. Mereka harus mengikuti beberapa tahap seleksi seperti pemeriksaan berkas, penulisan esai hingga wawancara. Namun menurut Mas'udah, menjadi relawan di luar negeri memiliki keuntungan tersendiri seperti bisa menambah wawasan tentang negara lain dan bisa mengembangkan cara mengajar agar bisa lebih baik.

Mengenai mahasiswa yang menjadi relawan pengajar di luar negeri, Yusran Razak selaku wakil rektor (Warek) III bidang kemahasiswaan sangat mendukung dan merespons positif. Ia juga menyarankan agar para mahasiswa bekerja sama dengan institusi yang lebih berwenang, sehingga hal yang berhubungan dengan materiel atau pendanaan tidak berat. "Kita akan terus memberikan dukungan secara moral kepada para mahasiswa yang menjadi relawan," pungkasnya, Selasa (21/8).

RDA

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition humanitas Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel video wawancara
false
ltr
item
PERSMA INSTITUT - UIN JAKARTA: Mengasah Pedagogi di Negeri Orang
Mengasah Pedagogi di Negeri Orang
https://2.bp.blogspot.com/-y0lXh2BnLnc/W6KIzGukRPI/AAAAAAAAKic/wMA3gksT0lcS_bBbSi8av3CwYIzUIG6GQCLcBGAs/s320/IMG-20180822-WA0005.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-y0lXh2BnLnc/W6KIzGukRPI/AAAAAAAAKic/wMA3gksT0lcS_bBbSi8av3CwYIzUIG6GQCLcBGAs/s72-c/IMG-20180822-WA0005.jpg
PERSMA INSTITUT - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2018/09/mengasah-pedagogi-di-negeri-orang.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2018/09/mengasah-pedagogi-di-negeri-orang.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago