Archive Pages Design$type=blogging

IC Fest 2018: Padukan Kebudayaan dalam Kompetisi


12 September 2018, Unit Kegiatan Mahasiswa Foreign Languages Association (UKM FLAT) kembali mengadakan agenda tahunannya, yakni International Culture Festival (IC Fest). Acara dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Yusron Razak, bertepat di Aula Student Center (SC) Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta.

Dengan mengusung tema Take the Challenges, Explore the History acara dimaksudkan dapat menumbuhkan semangat bersaing bagi tiap peserta. Di samping itu memberi gambaran akan perkembangan budaya yang telah larut dalam modernisasi. Hadirnya perpaduan festival dan perlombaan inilah yang menjadi pembeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

Ketua Pelaksana, Silvy Wahyu Hasanah menuturkan tema yang dipilih sudah tepat menggambarkan maksud acara. “Take the Challenges, Explore the History sangat lengkap untuk menggambarkan kegiatan IC Fest 2018,” ujar Silvy, Rabu (12/9). Silvy menambahkan adanya perpaduan antara lomba dan festival karena ingin berbeda dari festival-festival sebelumnya.  

Perlombaan berlangsung sejak tanggal 12 hingga 14 September dan diikuti oleh 42 instansi yang berasal dari seluruh daerah di Indonesia. Peserta yang paling jauh berasal dari Universitas Muhammadiyah Makassar. Beberapa perlombaan yang diadakan, antara lain lomba scrabble yaitu lomba menyusun kata dalam Bahasa Inggris di atas papan berkotak-kotak, lomba Debat Bahasa Inggris dan Arab, serta Lomba Pidato Berbahasa Inggris dan Arab.

Salah seorang peserta Lomba Debat Bahasa Arab, Hikmawati Rahayu, mengungkapkan ketertarikannya dengan tema-tema debat yang diusung panitia, yakni kebudayaan. Dirinya pun mengaku telah jauh-jauh hari mempersiapkan diri menghadapi perlombaan. “Hal ini membuktikan bahwa saya serius untuk berkontribusi,” tutur salah satu perwakilan Universitas Darussalam Gontor ini, Rabu (12/9).

Senada dengan rekan satu tim Rahayu, Mutiara, mengungkapkan dirinya pun telah berlatih sejak lama. Bahkan meninggalkan kewajiban mengajar murid-muridnya di Jawa Timur untuk mempersiapkan perlombaan. “Kita tidak mencari yang menang dan kalah, tetapi untuk menjadi yang terbaik,” sebut Mutiara, saat ditemui di Taman Akademik, Rabu (12/9).

Rangkaian acara yang telah berlangsung pun ditutup dengan menyuguhkan festival pada 15 September di parkiran SC. Terdapat suguhan permainan alat musik dan tarian khas daerah Indonesia. Ditampilkan pula tarian modern dari luar negeri, seperti Korea Selatan, Jepang dan Rusia yang semakin menambah kemeriahan acara festival. Di samping itu, para pengunjung juga bisa menikmati makanan-makanan yang dijajakan dalam bazar makanan.

Melalui kegiatan ini, Silvy berharap semua aspek yang terlibat dalam kegiatan acara dapat memupuk pelajaran dan pengalaman lebih banyak lagi setelah kegiatan berakhir. Selain itu dirinya juga menambahkan agar kedepannya IC Fest dapat terus menjadi agenda tahunan UKM Flat. “Saya berharap kedepannya kegiatan ini bisa lebih meriah lagi,” tuturnya.

SR

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition humanitas Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel video wawancara
false
ltr
item
PERSMA INSTITUT - UIN JAKARTA: IC Fest 2018: Padukan Kebudayaan dalam Kompetisi
IC Fest 2018: Padukan Kebudayaan dalam Kompetisi
https://4.bp.blogspot.com/-Vi3M1-bZfck/W6IDnYN9h6I/AAAAAAAAKho/QF_0NTeXhT0026NadY58fHwmpxbGiG6wwCLcBGAs/s320/ic%2Bfestt.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-Vi3M1-bZfck/W6IDnYN9h6I/AAAAAAAAKho/QF_0NTeXhT0026NadY58fHwmpxbGiG6wwCLcBGAs/s72-c/ic%2Bfestt.jpg
PERSMA INSTITUT - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2018/09/ic-fest-2018-padukan-cinta-kebudayaan.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2018/09/ic-fest-2018-padukan-cinta-kebudayaan.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago