Archive Pages Design$type=blogging

Maba Nyalakan Bom Asap


Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta resmi dibuka pada Senin, 27 Agustus 2018. Di awali upacara pengibaran bendera dan  pemukulan gong oleh Rektor UIN Jakarta Dede Rosyada, pembukaan PBAK berlangsung khidmat.

Suasana khidmat seketika berubah, tanpa diduga  salah satu peserta upacara membawa  smoke bomb (bom asap) dan menyalakannya di tengah kerumunan peserta upacara. Kepulan asap merah seketika merebak, kegaduhan pun terjadi dan membuat suasana pasca upacara tak terkendali. Sahut-menyahut yel-yel menambah kericuhan di Lapangan Upacara UIN Jakarta.

Penyalaan bom asap berakibat fatal, terdapat korban bernama Annisa Nurliani tak bisa bernafas hingga pingsan. Atas kejadian tersebut, orang tua korban tak terima dan korban pun melaporkan perkara kepada Badan Pengawas PBAK (Banwas-PBAK).  Diketahui dalang di balik kerusuhan penyalahan bom asap adalah dua mahasiswa baru (Maba) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP).

Sebagai saksi mata Nanda Noval, Maba Program Studi (Prodi) Hubungan Internasional (HI) angkat bicara terkait kericuhan. Ia menilai aksi itu sebagai upaya menyuarakan hak-haknya sebagai peserta PBAK UIN Jakarta. Menurutnya, pukul 12.00 WIB seharusnya digunakan untuk istirahat, makan, dan salat, namun tidak digunakan sebagaimana mestinya. Sedangkan dari pihak panitia tidak menganjurkan untuk membawa makan. “Ini sebagai bentuk ekspresi kami,” tegas Nanda, Rabu (29/8).

Lain hanya dengan Nanda, M. Irsyad Fadhlurrahman Maba FISIP Prodi HI juga angkat suara. Menurutnya, kericuhan yang dilakukan Maba FISIP hanya dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab. “Saya sangat menyayangkan aksi tersebut,” pungkasnya, Rabu (29/8).

Terkait hal tersebut, pihak Panitia PBAK FISIP mengaku bersalah dan sudah melakukan evaluasi akbar atas pelanggaran penyalahan bom asap. Kemudian dari Panitia PBAK FISIP juga meminta maaf atas kelalaiannya dalam pemeriksaan barang bawaan maba.

Selaku Ketua Pelaksana PBAK FISIP Asna Rabbany memberikan klarifikasi, terdapat beberapa hal yang memicu terjadinya aksi kericuhan Maba FISIP. Menurutnya, yel-yel provokatif dari beberapa fakultas bukan hanya FISIP dan kondisi mahasiswa yang kelelahan menjadi pemicu utama kericuhan.

Asna menegaskan, sebenarnya dari pihak panitia sudah menghimbau dan menginstruksikan agar Maba dilarang membawa barang-barang berbahaya. Panitia pun telah melakukan pengecekan. “Kemungkinan smoke bomb diselipkan di dalam baju jadi kami panitia tidak mengetahuinya,” ujarnya, Rabu (29/8).

Koordinator Banwas-PBAK M. Wahid Hasan, memberikan keterangan mengenai kericuhan pasca upacara. Menurutnya kericuhan yang terjadi saat itu bukan hanya melibatkan satu fakultas FISIP saja, namun dikarenakan beberapa faktor. Terik matahari, kondisi lapangan yang berdebu juga susunan acara yang padat menjadi penyebab kericuhan.

Sedangkan terkait maba yang membawa bom asap, Wahid menganggap itu bagian dari kelalaian panitia. Pihak Banwas-PBAK sudah melakukan penanganan dengan memanggil pihak Panitia PBAK FISIP untuk memberikan teguran dan peringatan bertanda tangan pihak Senat Mahasiswa Universitas dan Panitia PBAK FISIP.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Dekan III FISIP Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama Agus Nugraha meminta penanganannya dari fakultas mengacu pada kode etik Surat Keterangan Rektor UIN Jakarta. Dalam penanganannya, harus ada laporan tertulis dari pihak-pihak yang merasa keberatan. “Pelanggaran tersebut akan dikenakan sanksi sesuai kode etik dari pelanggaran yang ada,” tandasnya, Rabu (29/8).



ITH

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
PERSMA INSTITUT - UIN JAKARTA: Maba Nyalakan Bom Asap
Maba Nyalakan Bom Asap
https://4.bp.blogspot.com/-M2arHWfm1LA/W4efaJomNiI/AAAAAAAAKgw/0ROHac9yYTQ9jPe2ZaEiH1loj1lHQ1mCwCK4BGAYYCw/s320/20180830_024823.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-M2arHWfm1LA/W4efaJomNiI/AAAAAAAAKgw/0ROHac9yYTQ9jPe2ZaEiH1loj1lHQ1mCwCK4BGAYYCw/s72-c/20180830_024823.jpg
PERSMA INSTITUT - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2018/08/maba-nyalakan-bom-asap.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2018/08/maba-nyalakan-bom-asap.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago