Archive Pages Design$type=blogging

UIN Belum Ramah Disabilitas



Saat ini Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta sedang dalam proses World Class University. Akan tetapi, terdapat beberapa fasilitas yang belum terpenuhi bagi mahasiswa penyandang disabilitas. Terlebih, awal September 2018 nanti UIN Jakarta akan kehadiran mahasiswa yang akan baru melaksanakan perkuliahan.

Beberapa fasilitas khusus disabilitas yang belum terpenuhi ada di Fakultas Dirasat Islamiyah (FDI) dan Fakultas Psikologi (FPsi). FDI dan FPsi sampai saat ini belum memiliki lift maupun tangga khusus. Walaupun pada umumnya semua fakultas di UIN Jakarta belum memiliki tangga khusus, namun memiliki fasilitas lift.

Salah satu mahasiswa penyandang disabilitas ialah Reza Wahyudi. Mahasiswa semester dua ini merasa kesulitan saat beraktivitas dalam menaiki dan menuruni tangga ketika sedang berkuliah di FDI. Ia harus berjuang naik dan turun tangga dengan tongkatnya. “Dulu kaki saya sampai keram,” keluh anak kedua dari tiga bersaudara ini, Rabu (23/5).

Menurut Reza, pengadaan fasilitas seperti lift atau paling tidak tangga khusus untuk akses para disabilitas itu adalah sebuah keharusan. “Harusnya dibangun untuk mempermudah akses naik turunnya,” gagas alumni Pondok Pesantren Daarul Mughni Bogor ini.

Lebih lanjut Reza menuturkan, tidak menutup kemungkinan pada tahun yang akan datang ada mahasiswa lain yang seperti dirinya. Karena itu, ia berharap kepada pihak UIN untuk menyediakan segala fasilitas yang memudahkan bagi mahasiswanya.

Menanggapi hal demikian, Kepala Bagian Umum UIN Jakarta Encep Dimyati mengatakan, untuk pengadaan lift di FDI dan FPsi tidak memungkinkan. Hanya bangunan yang terdiri dari minimal 5 lantai yang bisa dibangun lift. “Kalau di bawah 5 lantai, tidak bisa pakai lift,” ujar Encep saat ditemui di ruangannya, Kamis (24/5).

Ia menambahkan, pengadaan lift di FDI dan FPsi tidak memungkinkan. Solusi yang ditawarkannya untuk disabilitas adalah pengadaan tangga khusus saja. Namun, ia mengeluhkan anggaran yang dipotong pemerintah setiap tahunnya akan menghambat pengadaan fasilitas seperti hal-hal demikian. “Anggaran untuk pemeliharaan kampus saja kurang,” ungkapnya.

Kepala Sub Bagian Rumah Tangga Abdul Halim Mahmudi menambahkan, untuk mengatasi keluhan mahasiswa seperti Reza adalah dengan menyediakan kelas khusus disabilitas di lantai bawah. “Kelas-kelasnya di bawah, untuk yang disabilitas. Bisa saja diadakan lift, tapi biayanya akan sangat besar dan tergantung kebijakan fakultas masing-masing,” ujarnya, Kamis (24/5).  

N

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition humanitas Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel video wawancara
false
ltr
item
PERSMA INSTITUT - UIN JAKARTA: UIN Belum Ramah Disabilitas
UIN Belum Ramah Disabilitas
https://4.bp.blogspot.com/-klUygNTSjWY/WxT_U57JuFI/AAAAAAAAKbw/Cqq7Z5ki2ygxnqtD52dHa0M5yoIQ_QF6gCLcBGAs/s320/laput%2Bbaban.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-klUygNTSjWY/WxT_U57JuFI/AAAAAAAAKbw/Cqq7Z5ki2ygxnqtD52dHa0M5yoIQ_QF6gCLcBGAs/s72-c/laput%2Bbaban.jpg
PERSMA INSTITUT - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2018/06/uin-belum-ramah-disabilitas.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2018/06/uin-belum-ramah-disabilitas.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago