Archive Pages Design$type=blogging

Permasalahan Lift Belum Tuntas




Lift yang semula berjalan dengan lancar, lama-lama reyot juga karena dimakan usia. Usangnya suku cadang membuat lift tak bekerja dengan semestinya. Hal ini pun berdampak langsung kepada civitas academica sebagai pengguna lift di Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta.

Lift yang berhenti mendadak sering terjadi, seperti yang pernah dialami Eka Novia Safitri ketika hendak menuju lantai enam menggunakan lift Fakultas Ushuluddin (FU). Peristiwa tersebut tidak hanya sekali dua kali terjadi. “Pintunya sering kali tidak terbuka, tetapi hanya sebentar,” ujar mahasiswi Jurusan Kesejahteraan Sosial, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIK) tersebut, Kamis (24/5).

Kejadian serupa juga terjadi di Fakultas Sains dan Teknologi (FST). Pada Maret lalu, salah seorang mahasiswi Jurusan Sistem Informasi, Fifi Alfisa Fitri terjebak di dalam lift selama lima menit. Saat itu, ia bersama delapan orang lainnya yang tengah berada dalam satu lift, tetapi lift tersebut mendadak mati.

Lain halnya di FU, FDIK, dan FST, di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) terdapat kasus lain pula. Menurut mahasiswi Jurusan Manajemen Pendidikan Syadilla Virginia, selain macet, lift lobi barat FITK sering kali ambles saat ingin naik ke lantai dua. “Ketika ambles, beban harus dikurangi dulu agar lift dapat naik,” ujar mahasiswi semester dua tersebut, Kamis (24/5).

Wakil Dekan (Wadek) II Bidang Administrasi Umum FU Bustamin memberikan tanggapan perihal lift yang sering bermasalah. Ia kurang tahu alasan jelasnya, tetapi besarnya listrik yang dibutuhkan mungkin salah satu faktor lift bermasalah. Selain itu, lift yang berada di gedung FU dan FDIK sering kali hanya dihidupkan satu dari dua lift yang ada ketika keadaan fakultas sedang sepi.

Bahkan, menurut Kepala Sub Bagian Umum FITK Dhian Sukmaningsih, terkait pemeliharaan lift, pihak fakultas memang kurang tahu-menahu dengan hal tersebut. Maka dari itu, fakultas akan langsung melapor kepada administrasi pusat ketika ada kendala pada lift. Mengenai lift FITK yang sering mati ataupun sengaja dimatikan, keadaan tersebut biasanya karena sedang ada pemeliharaan ataupun perbaikan. “Pihak Louser Lift harus mengecek lift dan pemeliharaan secara rutin, tidak menunggu ada kendala dulu,” ungkap Dhian, Jumat (25/5).

Menanggapi pelbagai permasalahan tersebut, Kepala Bagian Umum UIN Jakarta Encep Dimyati mengatakan bahwa pihak Louser Lift, vendor lift UIN Jakarta, setiap harinya selalu mengadakan pemeriksaan dan pemeliharaan secara berkala. Ada teknisi yang menetap ketika hal darurat terjadi. “Kalau lift eror, macet, rusak, atau yang lainnya, pihak fakultas silakan lapor ke kami,” ujar Encep, Kamis (24/5).

Akan tetapi, perihal masalah lift yang kerap mati, hal tersebut lantaran ada masalah pada suku cadangnya. Suku cadang harus dibeli secara inden, disiapkan, dan kemudian baru dilakukan perbaikan. “Kadang harus dibeli di luar negeri atau luar kota, makanya proses lama dan biaya juga besar,” tambah Encep.

Terlebih lagi, anggaran untuk pemeliharaan lift bisa dibilang kurang. Encep pun mencontohkan seperti lift yang berada di FST baru diperbaiki beberapa waktu lalu setelah hampir satu bulan mati. Dekan dan Wadek FST terus meneleponi Encep agar lift segera diperbaiki. Sayangnya, proses tersebut tidak seperti membalikkan telapak tangan sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama.

Selain itu, Encep turut menyesali perbuatan para mahasiswa yang tidak memperlakukan fasilitas dengan baik. Kerusakan-kerusakan yang ada tidak sepenuhnya berasal dari lift itu sendiri, tetapi juga dari perilaku para pengguna lift. Hal tersebut juga berlaku bagi semua fasilitas yang ada.


MSSM

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
PERSMA INSTITUT - UIN JAKARTA: Permasalahan Lift Belum Tuntas
Permasalahan Lift Belum Tuntas
https://4.bp.blogspot.com/-G9Mjb_YIsvg/WxT9-o4qmeI/AAAAAAAAKbk/Ek0goKQ3uvcxR0-OkuXxCxPU97ASqyMegCLcBGAs/s320/laput%2Bsedi.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-G9Mjb_YIsvg/WxT9-o4qmeI/AAAAAAAAKbk/Ek0goKQ3uvcxR0-OkuXxCxPU97ASqyMegCLcBGAs/s72-c/laput%2Bsedi.jpg
PERSMA INSTITUT - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2018/06/permasalahan-lift-belum-tuntas.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2018/06/permasalahan-lift-belum-tuntas.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago