Archive Pages Design$type=blogging

TKA Peringatan Bagi Pekerja Indonesia



 Oleh : Herlin Agustini

Masuknya Tenaga Kerja Asing (TKA) ke Indonesia menimbulkan banyak perdebatan antara masyarakat dan pihak pemerintah. Pro dan kontra pun bermunculan. Yang jelas permasalahan mengenai TKA di Indonesia bukan suatu hal yang baru, namun merupakan perdebatan panjang yang tak kunjung selesai.

Bahkan peringatan Hari Buruh Internasional 1 Mei lalu buruh juga menuntut penghapusan Perpres No. 20 Tahun 2018 tentang Penggunaan Tenaga Kerja Asing. Menurut buruh hal tersebut mengancam keberadaan masyarakat Indonesia yang masih menganggur, lantaran lapangan kerja banyak diambil oleh TKA.

Beberapa waktu sebelumnya, Presiden Jokowi mengeluarkan Peraturan Presiden (Perpres) No.20 Tahun 2018, tentang Penggunaan Tenaga Kerja Asing. Peraturan ini dibandingkan dengan Perpres No.72 Tahun 2014, dianggap semakin mempermudah TKA masuk ke Indonesia.  Meningkatnya jumlah TKA setiap tahunnya dan pengajuan ijin TKA di Indonesia yang semakin cepat, dari 14 hari menjadi dua hari.

Jika kita tilik berita-berita di media massa, pemerintah membantah hal tersebut. Alasannya pemerintah ingin agar investasi meningkat sehingga ekonomi Indonesia lebih baik. Investasi dibutuhkan lantaran Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara terbatas dan tidak cukup untuk membangun indonesia dan menciptakan lapangan kerja.

Berdasarkan data dari Kementrian Tenaga Kerja, jumlah TKA di Indonesia hingga saat ini mencapai 126 ribu pekerja. Meningkat 69% dibandingkan akhir 2016 sebanyak 74.813 orang. Jumlah pekerja di dominasi oleh pekerja asal Thiongkok 21.271, pekerja, Jepang 12.490  pekerja, Korea Selatan 8.424, India5.059, Malaysia 4.138, Amerika2.812, Thailand 2.394, Australia 2.483, Filipina 3.428, Inggris 2.252, Singapura 1.748, serta 7.684 dari negara-negara lainnya.

Peningkatan jumlah ini perlu diwaspadai oleh semua pihak, terutama tenaga kerja Indonesia. Perebutan “lapangan pekerjaan” tenaga kerja Indonesia oleh TKA bisa menjadi momok masyarakat Indonesia, sehingga menambah angka pengangguran masyarakat Indonesia. Untuk itu, masyarkat indonesia perlu meningkatan kompetensi pribadi agar memiliki daya saing dengan TKA.

Kemudian, daripada memperlonggar aturan TKA, pemerintah seharusnya lebih memanfaatkan tenaga kerja yang ada di Indonesia, dilihat dari masih banyaknya pengangguran yang ada di Indonesia. Begitu pun, pemerintah juga harus mempertimbangkan dampak negatif yang disebabkan oleh TKA di Indonesia, seperti pelangaran ijin tinggal, overstay, hingga para pekerja ilegal.   

Masalah lain yang dapat ditimbulkan yakni terjadi kriminalitas. Seperti ditangkapnya 103 TKA asal Tiongkok di Bali beberapa waktu lalu, terbukti melakukan ciber, narkoba, dan ditemukan pula pengibaran bendera Tiongkok di sebuah pabrik setahun yang lalu. Hal tersebut tak akan terjadi jika pengawasan dan jumlah masuk TKA diperketat.

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
PERSMA INSTITUT - UIN JAKARTA: TKA Peringatan Bagi Pekerja Indonesia
TKA Peringatan Bagi Pekerja Indonesia
https://4.bp.blogspot.com/-ufes8P5clKY/WvbmFqRduiI/AAAAAAAAKWo/pnN0khCS-18PCpbLDLL3wXgMTAa8Oyk-gCLcBGAs/s320/images.jpeg
https://4.bp.blogspot.com/-ufes8P5clKY/WvbmFqRduiI/AAAAAAAAKWo/pnN0khCS-18PCpbLDLL3wXgMTAa8Oyk-gCLcBGAs/s72-c/images.jpeg
PERSMA INSTITUT - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2018/05/tka-peringatan-bagi-pekerja-indonesia.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2018/05/tka-peringatan-bagi-pekerja-indonesia.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago