Archive Pages Design$type=blogging

Sambung Silaturrahmi Bersama Anak Disabilitas



Demi menumbuhkan jiwa kepedulian terhadap orang-orang yang kurang beruntung, Indonesian Youth Opportunities In International Networking (IYOIN) Local Chapter (LC) Tangerang menyelenggarakan acara The Miracle of Ramadhan (MOR). Acara yang bertempat di Yayasan Sayap Ibu (YSI) Cabang Bintaro pada Minggu (27/5).

Acara dibuka dengan foto bersama dengan 12 anak dari 36 anak disabilitas yang tinggal di YSI. Dilanjutkan dengan lantunan ayat suci Alquran dan sambutan dari Executive Director IYOIN LC Tangerang 2018 Fadli Fahrian, Ketua Pelaksana MOR 2018 Rudini Mulya, serta Staf Pendidik YSI Bintaro Sulis Triawan.

Menurut  Ketua Pelaksana MOR 2018 Rudini Mulya, Acara ini bertemakan ‘Menjalin Silaturahmi Dengan Berbagi Kebaikan’. Ini merupakan acara MOR yang kedua kalinya, MOR yang pertama dilaksanakan pada tahun lalu yang bertempat di Panti Asuhan Al-Mabrurrotul Munawwarah Al-Amanah, Cipondoh.

Lebih lanjutn Rudini mengatakan, latar belakang diadakannya kegiatan ini adalah untuk memenuhi tujuan awal berdirinya IYOIN yaitu kegiatan sosial. Dengan kegiatan ini Rudi berharap bisa membantu kepada anak-anak yayasan dan membangun jiwa peduli kepada anak-anak yayasan, ia juga menginginkan tumbuhnya jiwa kepedulian anggota IYOIN LC Tangerang. “Mudah-mudahan kegiatan ini bisa berkah,” ujar Rudi, Minggu (27/5).

Selain itu menurut Sulis Triawan, ia sangat senang dengan acara ini. Ia mengatakan, dengan acara ini kami bisa menunjukkan kepada masyarakat bahwa anak disabilitas juga bisa melakukan pekerjaan seperti orang normal, mereka bisa mandiri, dan menghasilkan uang sendiri. “Selama ini orang berpikir anak yayasan kita cuma bisa makan dan tidur, tapi kami juga kenalkan mereka juga bisa bekerja,” ungkap Sulis yang sudah tiga tahun bekerja di YSI Bintaro.

Arif Kustinar yang juga Staf Pendidik YSI menambahkan, anak-anak yayasan itu sama. Mereka juga bisa punya penghasilan sendiri. YSI juga punya target untuk komunikasi dan sosialisasi dalam mengenalkan kemampuan anak-anak yayasan kepada masyarakat luar. “Jadi bukan hanya lingkungan yayasan saja, tapi masyarakat luar juga,” kata Arif saat ditemui di Kantor Staf YSI, Minggu (27/5).

Selanjutnya acara MOR diisi dengan Fun Tausiah yang dibawakan oleh Najwa Nur Awalia, seorang Story Telling Islami. Dalam tausiahnya tersebut disisipi beberapa pertanyaan yang dijawab langsung oleh anak-anak YSI. Usai tausiah, panitia IYOIN LC Tangerang memberikan hadiah kepada anak-anak yang berhasil menjawab pertanyaan tersebut.

Menjelang akhir acara, IYOIN LC Tangerang memberikan cindera mata kepada pihak-pihak yang ikut berkontribusi dalam kegiatan tersebut. Kemudian, dilanjutkan dengan acara buka puasa bersama dan salat magrib berjamaah. Pada tahap akhir, IYOIN LC Tangerang kembali berfoto bersama anak-anak dan pihak YSI untuk mengabadikan kegiatan.

IYOIN adalah organisasi kepemudaan yang berbasis pendidikan, kegiatan sosial, dan kemasyarakatan dalam jaringan internasional. Berdiri sejak tahun 2015 di Malang, IYOIN telah memiliki cabang di pelbagai kota seperti Surabaya, Yogyakarta, Palembang, dan Makassar. Sumber pendanaan IYOIN adalah hasil usaha penjualan ulang produk yang mereka beli dan donasi dari masyarakat berupa barang-barang tak terpakai.

Selain acara MOR, IYOIN LC Tangerang juga punya program kerja Peduli Tangerang. Kegiatan Peduli Tangerang lebih fokus kepada kemasyarakatan seperti mengajar di sekolah dan kerja bakti di suatu daerah. “Intinya kita melakukan perubahan, khususnya yang bersentuhan langsung dengan masyarakat,” tutup Rudi.

N



COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
PERSMA INSTITUT - UIN JAKARTA: Sambung Silaturrahmi Bersama Anak Disabilitas
Sambung Silaturrahmi Bersama Anak Disabilitas
https://3.bp.blogspot.com/-R0q82lp9dKI/Ww1Z6lucF8I/AAAAAAAAKbU/dPs5V1HI6Bw5yz_mV_QyjCLF_EpoLzwGQCLcBGAs/s320/Miracle%2B4.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-R0q82lp9dKI/Ww1Z6lucF8I/AAAAAAAAKbU/dPs5V1HI6Bw5yz_mV_QyjCLF_EpoLzwGQCLcBGAs/s72-c/Miracle%2B4.jpg
PERSMA INSTITUT - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2018/05/sambung-silaturrahmi-bersama-anak.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2018/05/sambung-silaturrahmi-bersama-anak.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago