Archive Pages Design$type=blogging

Representasi Hari Kartini Lewat Seni Keramik



Sebuah papan putih berbentuk persegi panjang terpampang di depan pintu masuk, menyambut kedatangan pengunjung. Papan berukuran dua kali tinggi manusia itu tertulis informasi tentang tema yang diangkat dalam pameran seni keramik, juga nama para seniman pembuat keramik.

Saat memasuki ruangan, pengunjung disuguhkan pigura dengan tiga jenis keramik di dalamnya. Keramik-keramik dengan bentuk sepasang tangan yang dihiasi benang rajutan bermakna rencana hidup di masa yang akan datang. Ketiga keramik karya seniman Tisa Granicia itu diberi nama “Tomorrow”.

Menyusuri ruangan tengah, terdapat keramik bernama “Ibu....ini tak akan pernah selesai” karya seniman Dwita Anja Asmara. Keramik tersebut berbentuk susunan piring serta kedua tangan yang sedang mendekap kepala bayi. Persis seperti seorang Ibu yang sedang melindungi anaknya.

Lebih masuk ke dalam ruangan, pada sisi kanan terdapat keramik kontemporer karya seniman Jenny Lee bernama “Growth” yang berarti perkembangan. Melalui karyanya, Jenny menggambarkan seorang manusia bertubuh hijau sedang memanjatkan doa dan di depannya terdapat tujuh bunga yang sedang bermekaran. Hal ini bermakna perkembangan hidup manusia yang selalu disertai doa.

Karya-karya seniman ini ditunjukan lewat Pameran Seni Keramik Kontemporer yang diadakan di Museum Seni Rupa dan Keramik pada 21 April-02 Mei 2018. Pameran ini menghadirkan 18 seniman dengan mengambil tema “Temperature Affect: Seeing Self, Observing Others (Pengaruh Temperatur: Melihat diri, Mengamati Orang Lain)”.

Seorang seniman keramik Dwita Anja Asmara mengatakan bahwa pameran ini menceritakan pengalaman kehidupan manusia, khususnya perempuan. Pameran ini diselenggarakan sebagai cara untuk memperingati hari Kartini yang jatuh pada bulan April. “Saya menuangkan ide gambaran mengenai hubungan Ibu dan anak,” ucapnya via whatsapp, Minggu (29/4).

Oleh karena itu, para seniman menciptakan hasil karya berdasarkan pengamatan mereka terhadap diri sendiri dan juga orang lain. Kecenderungan gaya dan bentuk terhadap penciptaan orientasi seni yang dibuat menunjukkan dominasi atas kehidupan yang dijalani. Sehingga perwujudan hasil karya tersebut merupakan bukti dari kegairahan kehidupan para keramikus.

­Salah satu pengunjung asal Palembang Sintia mengatakan bahwa pameran yang diselenggarakan secara terbuka ini masih banyak yang belum mengetahui. “Untuk informasi dan publikasi seharusnya lebih ditingkatkan lagi,” terangnya, Sabtu (28/4).

Menurut pengawas Pameran Seni Keramik dan Kontemporer Nasit, hasil keramik yang dipamerkan oleh para keramikus termasuk salah satu karya terbaik yang dimiliki seniman. “Sebelum dipamerkan, hasil karya diseleksi terlebih dahulu,” ujarnya, Sabtu (28/4)

NN

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition humanitas Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel video wawancara
false
ltr
item
PERSMA INSTITUT - UIN JAKARTA: Representasi Hari Kartini Lewat Seni Keramik
Representasi Hari Kartini Lewat Seni Keramik
https://1.bp.blogspot.com/-3US4FQTIdyg/WvbUa7SAxoI/AAAAAAAAKVg/5YH1QaThoKs67ib8bvSwgrLjA616_-rrgCLcBGAs/s320/senbud%2Bnis.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-3US4FQTIdyg/WvbUa7SAxoI/AAAAAAAAKVg/5YH1QaThoKs67ib8bvSwgrLjA616_-rrgCLcBGAs/s72-c/senbud%2Bnis.jpg
PERSMA INSTITUT - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2018/05/representasi-hari-kartini-lewat-seni.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2018/05/representasi-hari-kartini-lewat-seni.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago