Archive Pages Design$type=blogging

Penerapan Uang Pangkal PTN Tak Realistis


 
sumber :  purwouditomo.com
Oleh : Rohmatul Hikmah

Kelulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) menjadi momen yang ditunggu  karena sudah terbebas dari penatnya belajar di dalam kelas. Akan tetapi, perjuangan tidak hanya berhenti pada kelulusan SMA saja. Bagi yang langsung terjun ke dunia kerja harus menyiapkan berkas lamaran untuk mendaftar ke perusahaan yang ingin di tuju. Begitu pun yang ingin melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi.

Pelbagai ujian disiapkan untuk menuju Perguruan Tinggi Negeri (PTN)  impian yang ingin diduduki saat menjadi mahasiswa. Namun persaingan yang ketat membuat calon mahasiswa baru (camaba) yang ingin kuliah harus belajar ekstra.  Jalur masuk yang bisa didaftar untuk masuk ke PTN antara lain Seleksi Nasional Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan Seleksi Jalur Mandiri.

Melihat kondisi saat ini camaba berlomba-lomba masuk PTN dengan jalur SNMPTN dan SBMPTN. Di jalur ini mahasiswa tidak terkena uang pangkal atau Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) seperti pada jalur mandiri yang tercantum dalam Pasal 9 Peraturan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Permenristekdikti) Nomor 39 Tahun 2016 tentang Biaya Kuliah Tunggal dan Uang Kuliah Tunggal.

Menurut Permenristekdikti Nomor 39 Tahun 2016 ini yang dibebankan uang pangkal selain mahasiswa seleksi jalur mandiri antara lain mahasiswa asing, mahasiswa kelas internasional. Namun ketika calon mahasiswa tidak lolos di jalur SNMPTN dan SBMPTN harus ikut jalur mandiri untuk memasuki PTN.

 Uang pangkal atau SPI tercantum dalam pasal 10 Ayat 1 Permenristekdikti Nomor 39 Tahun 2016. Menurut pasal ini dinyatakan bahwa PTN dapat memungut uang pangkal dari camaba yang diterima melalui seleksi jalur mandiri.

Sejumlah kampus sudah memasang biaya kuliah besar-besaran untuk camaba jalur mandiri. Salah satunya Universitas Pembangunan Negeri Veteran Jakarta (UPNVJ) yang dilansir dari aspirasionline.com menetapkan uang pangkal kepada camaba Rp25 juta untuk non-kedokteran, sedangkan kedokteran sebesar Rp250 juta.

Kampus lainnya yaitu Universitas Negeri Semarang (UNNES). PTN yang dikenal kampus rakyat ini dalam laman biayakuliah.net dipatok sebesar Rp25 juta. Sama halnya dengan Universitas Negeri Medan (Unimed) menetapkan uang pangkal mulai dari golongan 1 Rp5 juta hingga golongan 8 Rp40 juta untuk camaba jalur mandiri.

Tingginya uang pangkal pada seleksi jalur mandiri PTN membuat camaba mengeluh. Hal ini terjadi saat mengisi pendaftaran ujian dan diminta memilih kesanggupan biaya yang tercantum dalam formulir. Ketika harus memilih, maka banyak yang merasa tidak sanggup karena biaya yang ditawarkan cukup fantastis.

Secara tidak langsung uang pangkal di seleksi jalur mandari ini ditujukan untuk camaba yang ekonominya menengah ke atas. Dalam sistem penentuan uang pangkal pada hakikatnya melihat dari hasil ujian dan besaran uang pangkal yang diajukan camaba. Maka jika camaba ekonomi lemah harus bersaing dalam nilai ujian sedangkan camaba ekonomi menengah ke atas meninggikan jumlah uang pangkal.

Oleh sebab itu, penentuan uang pangkal sebaiknya mengikuti peraturan yang sudah ditetapkan oleh Pemenristekdikti pasal 10 Ayat 2 Nomor 39 Tahun 2016. Secara jelas mengatur bahwa penerapan uang pangkal tetap harus memperhatikan kemampuan ekonomi mahasiswa, orangtua mahasiswa atau pihak lain yang membiayainya. Jika PTN ingin menetapkan uang pangkal sesuai dengan kebijakan kampus, maka PTN tersebut harus berbadan hukum.
           


COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition humanitas Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel video wawancara
false
ltr
item
PERSMA INSTITUT - UIN JAKARTA: Penerapan Uang Pangkal PTN Tak Realistis
Penerapan Uang Pangkal PTN Tak Realistis
https://1.bp.blogspot.com/-kNNrSbMAerg/WwlSrIe-J3I/AAAAAAAAKas/JbqHaoDT9J0IFOK6ugu3OZpcvm73GGBPACLcBGAs/s1600/pendidikanmahal1.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-kNNrSbMAerg/WwlSrIe-J3I/AAAAAAAAKas/JbqHaoDT9J0IFOK6ugu3OZpcvm73GGBPACLcBGAs/s72-c/pendidikanmahal1.jpg
PERSMA INSTITUT - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2018/05/penerapan-uang-pangkal-ptn-tak-realistis.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2018/05/penerapan-uang-pangkal-ptn-tak-realistis.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago