Archive Pages Design$type=blogging

Disfair 2018: Tunjang Semangat Difabel



Kepedulian terhadap difabel (penyandang cacat) patut diperhatikan, karena dapat menghilangkan stigma negatif yang tertanam di lingkungan masyarakat terhadap para difabel. Hal tersebut dikhususkan bagi kalangan intelektual seperti mahasiswa. Menurut ketua pelaksana Disfair Aat M, itulah yang melatarbelakangi Himpunan Mahasiswa Jurusan Kesejahteraan Sosial (HMJ Kessos) untuk mengadakan acara Disability Fair (Disfair).

Disfair merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh HMJ Kessos sejak tahun 2010 untuk melatih kepekaan mereka terhadap difabel dan sebagai bentuk latihan mahasiswa kessos terjun ke masyarakat. Acara yang mengusung tema membangun kesetaraan dengan semangat berkarya ini dilaksanakan pada Jumat, 04 Mei 2018 di Teater Lantai dua Prof. Dr. Aqib Suminto Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

Panitia Disfair 2018 mengundang tiga puluh lima difabel dari Panti Sosial Binadaksa Cengkareng, Yayasan Cemara, yaitu yayasan yang menaungi orang-orang berkebutuhan khusus. Dalam acara tersebut mereka diberi motivasi oleh narasumber Eman Sulaeman, salah seorang difabel yang meraih penghargaan sebagai kiper terbaik dunia di Homeless World Cup. “Tujuan mengadakan acara ini agar para difabel menyadari bahwa mereka dapat berprestasi meski memiliki keterbatasan,” ungkap Aat, Jumat (4/5).

Selain memberi motivasi, kegiatan Disfair juga menampilkan berbagai hiburan bagi para difabel. Para difabel disuguhkan tarian daerah, seperti tari piring dan juga penampilan perkusi dari grup Social welfare Percussion yang memainkan musik menggunakan barang-barang bekas. Tak hanya terhibur, Devi selaku difabel yang kehilangan kakinya, mengaku termotivasi setelah menghadiri kegiatan yang diadakan mahasiswa kessos ini. “Senang bisa dapat pelajaran banyak dari kegiatan ini, dan bisa terhibur juga,”  tuturnya saat ditemui di teater Lantai dua Fidikom, Jumat (4/5).

Rangkaian acara Disfair tahun ini berbeda dengan tahun lalu, Disfair kali ini hanya berlangsung satu hari, sedangkan acara Disfair tahun sebelumnya berlangsung berhari-hari. Selain waktu pelaksanaan, yang berbeda dari Disfair 2018 kali ini khusus mengundang para difabel yang kehilangan salah satu anggota tubuhnya seperti kehilangan kaki atau tangan. Berbeda dengan Disfair sebelum-sebelumnya yang mengundang para difabel yang kehilangan penglihatan dan pendengaran.

Senada dengan Devi, Ujang yang juga merupakan difabel mengaku menjadi lebih bersemangat setelah mengikuti kegiatan Disfair ini. “Acaranya bagus, saya jadi lebih semangat untuk melanjutkan hidup,” ujarnya, Jumat (4/5). Ia menambahkan diumurnya yang sudah senja bisa lebih bermanfaat lagi untuk orang banyak.

Bentuk Kepedulian mahasiswa terhadap difabel tak hanya dilakukan oleh mahasiswa Kessos saja, mahasiswa  Fakultas Psikologi beserta para alumni Fakultas Psikologi yang bergabung dalam Komunitas Share Yours menggelar kegiatan sosial ke Panti Sosial Wisma Tuna Ganda, pada Minggu (29/4). Panti yang terletak di Cimanggis Depok tersebut telah merawat banyak penghuni difabel. Sebagai lembaga yang memiliki tugas sosial demikian, panti tersebut membutuhkan banyak dukungan publik.

Sebagai ketua pelaksana, Aat berharap agar acara Disfair bisa lebih baik untuk kedepannya dan bisa menebar kebaikan lebih luas lagi bagi para difabel. “saya berharap disfair-disfair tahun depan bisa lebih baik lagi, dapat mengundang difabel lebih banyak lagi, dan mengubah pandangan negatif orang-orang terhadap para difabel,” Tutupnya, Jumat (4/5).


SR

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition humanitas Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel video wawancara
false
ltr
item
PERSMA INSTITUT - UIN JAKARTA: Disfair 2018: Tunjang Semangat Difabel
Disfair 2018: Tunjang Semangat Difabel
https://3.bp.blogspot.com/-sFabPUK-7mI/WvbZxRhFGUI/AAAAAAAAKV4/WhZp2Eafrz8cAsS_vQifMa2zPbtcgl8SQCLcBGAs/s320/kampusianan%2Bsefi.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-sFabPUK-7mI/WvbZxRhFGUI/AAAAAAAAKV4/WhZp2Eafrz8cAsS_vQifMa2zPbtcgl8SQCLcBGAs/s72-c/kampusianan%2Bsefi.jpg
PERSMA INSTITUT - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2018/05/disfair-2018-tunjang-semangat-difabel.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2018/05/disfair-2018-tunjang-semangat-difabel.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago