Archive Pages Design$type=blogging

Alternatif Cintai Quran


                          
         
Lingkungan tidak selamanya memberikan dampak positif, seperti halnya yang dialami Zaid Muzayyan. Pria asal Depok ini memiliki masa lalu yang kelam. Kebut-kebutan hingga terjun dalam gelapnya dunia malam menjadi agenda rutinnya bersama teman-teman.  Meninggalnya sang teman akibat ulah kebut-kebutan di jalan, ditambah kematian sang ayah, membuatnya tersadar akan perilaku menyimpangnya selama ini.

Berangkat dari pengalaman pahit, Zaid mulai mengajak teman-teman sepermainannya untuk berubah. Awalnya ia menyadarkan teman-temannya dengan membandingkan lantunan ayat suci Alquran dengan Elektronik Dance Music. Rasa tenang yang didapatkan setelah mendengar untaian Alquran itu berhasil menggugah teman-temannya. Akhirnya pada 2015 terbentuklah komunitas Club Motor Mengaji (CMM) sebagai wadah menyalurkan hobi bermotor sekaligus sarana syiar Islam. 

Berbagai kegiatan pun dilakukan untuk menyiarkan Islam, sesuai dengan visinya yakni memasyarakatkan Alquran dan meng-Alqurankan masyarakat. Misalnya, kumpul sesama anggota diselingi belajar tata cara membaca Alquran. Kegiatan ini dilakukan di salah satu anggota CMM di Tebet pada Selasa malam. Kegiatan rutin pun dilanjutkan pada Jumat malam dengan membagikan makanan di jalanan pada orang-orang yang kurang mampu di sekitar daerah Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi.

Tak hanya itu, CMM ini pun mengadakan touring sambil menghafal Alquran di setiap rest area. Menghadapi Bulan Ramadan mendatang, komunitas yang sudah berdiri tiga tahun ini akan melaksanakan kegiatan sosial. Seperti, Ngaji on The Caffe (ngofe), Sahur Asyik (saik) yaitu sahur bersama dengan anak yatim di panti asuhan, Tenda Berbagi yakni memberi ta’jil di jalanan, serta mengajak touring anak yatim ke villa yang disebut Touring gift a happines.

Meskipun kegiatan utamanya selalu berkaitan dengan motor, namun dalam merekrut anggota, kepemilikan motor tidak menjadi syarat mutlak untuk bergabung di CMM. Masyarakat yang ingin bergabung, dapat menghubungi CMM melalui Instagram @clubmotormengaji. “Yang terpenting, calon anggota harus siap belajar Alquran dan mengajarkannya pula, juga siap untuk berdakwah,” tegas Zaid saat ditemui di Saturday Coffe, Depok, Jumat (27/04).

Kini, anggota CMM mencapai 150 orang, yang tersebar diseluruh Indonesia, seperti  Padang, Medan, Surabaya, Kuningan. Untuk mengembangkan relasi komunitasnya, CMM mengunjungi komunitas motor lainnya “Kemarin kami bersilaturahmi ke Komunitas CBR Indonesia pernah juga bersilaturahmi ke Komunitas N-Mex dan juga Komunitas Bikers Soleh,” tutur Zaid, (27/4).

Tujuan dibentuknya CMM tidak terlepas dari keinginan Zaid beserta kawan-kawannya dalam menekuni hobi sambil belajar berdakwah dan mengkaji Alquran. Pemuda asal Depok ini mengakui pernah terjerumus ke dalam pergaulan yang negatif. Alquran membuatnya berhasil keluar dari kelamnya kehidupan menuju lebih baik. “Saya ingin mengubah hobi yang suka bermaksiat, menjadi taat dan suka tobat,” ungkap anak keempat dari enam bersaudara itu, Jumat (27/04).

Kedepannya, Zaid berharap CMM bisa membuat cabang di berbagai daerah. Salah satu anggota CMM, Riza Mahdar, CMM memiliki ciri khas yang berbeda dengan komunitas motor lainnya. “Ini kumpulan anak motor yang sering berkunjung untuk kajian, melipir ke masjid, peka sosial, dan tidak kaku,” ujar Riza melalui whatsapp, Jumat (27/04).  Dirinya mengakui senang dapat menemukan kawan baru yang keakrabannya kuat. “Saya berharap CMM dapat mengayomi komunitas motor lainnya agar mengaji bersama,” tambahnya.

 SR

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
PERSMA INSTITUT - UIN JAKARTA: Alternatif Cintai Quran
Alternatif Cintai Quran
https://4.bp.blogspot.com/-mCotTIsXm4k/WvbYSsV8_HI/AAAAAAAAKVs/394PDvWqIWAvJYZogDNRUeGIx_hYf8RUACLcBGAs/s320/komunitas%2Bsefir.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-mCotTIsXm4k/WvbYSsV8_HI/AAAAAAAAKVs/394PDvWqIWAvJYZogDNRUeGIx_hYf8RUACLcBGAs/s72-c/komunitas%2Bsefir.jpg
PERSMA INSTITUT - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2018/05/alternatif-cintai-quran.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2018/05/alternatif-cintai-quran.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago