Archive Pages Design$type=blogging

Berwisata di Alam Pabangbon




Berfoto ria menjadi kegiatan yang disenangi oleh wisatawan  saat belibur. Wisata Panorama Pabangbon menawarkan pemandangan asri dan tempat berfoto yang indah.

Wisata rumah pohon kini memang sedang hits menjadi destinasi wisata, terutama para muda-mudi yang gemar berfoto ria. Tak heran sekarang kian banyak bermunculan wisata rumah pohon di berbagai daerah, termasuk di Kabupaten Bogor, Jawa Barat. 

Rumah Kayu Pabangbon, begitulah sebutan salah satu tempat wisata yang berada di Kabupaten Bogor bagian barat. Tempat wisata yang terletak di dataran tinggi Leuwiliang ini tak pernah sepi pengunjung. Pemandangan indah, udara sejuk dan spot berfoto yang kekinian menjadi daya tarik tempat wisata yang berada di dataran tinggi ini.

Meski tergolong tempat wisata baru, untuk sampai ke Rumah Kayu Pabangbon terbilang mudah. Apabila ditempuh dari Kota Bogor menuju arah Leuwiliang maka jarak yang ditempuh  kurang lebih 25 kilometer.  Jika berangkat dari Jakarta atau Depok maka pelancong bisa mengambil  perjalanan rute Parung  ke Atang Sanjaya kemudian mengambil jalur menuju Leuwiliang. Disarankan untuk para wisatawan memeriksa kendaraanya terlebih dahulu karena untuk sampai ke destinasi wisata jalan cukup terjal.

Pertama memasuki kawasan wisata, para pengunjung akan disambut gapura yang terbuat dari anyaman bambu yang bertuliskan besar “Panorama Pabangbong”. Usai melewati gapura utama, pengunjung dapat menikmati pemandangan alam yang asri. Spot foto yang ditawarkan tempat ini ada ayunan, dan rumah pohon dengan berbagai bentuk seperti kupu-kupu yang diberi berbagai warna. Semakin lama berjalan-jalan  di Rumah Kayu Pabangbon, maka pengunjung tak hanya disuguhkan oleh pemandangan alam yang indah saja. Akan tetapi juga terdapat banyak aktifitas alam, seperti camping ground, offroad track, cross track, dan hammock.

Wisata Pabangbon ini didirikan dan dikelola oleh Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) dan Pertani Bogor. Dengan dibangun tempat wisata ini masyarakat sekitar juga  sangat senang karena banyaknya lapangan pekerjaan yang tersedia. Tiket masuk yang dibebankan kepada pengunjung sebesar Rp10 ribu. Sedangkan pengunjung akan dimintai Rp5 ribu tambahan per wahana untuk fotonya.

Selepas puas  berjalan-jalan dan berfoto, pengunjung dapat beristirahat dan membeli makanan di warung-warung yang tersedia di lokasi wisata Pabangbon dengan harga terjangkau. Banyak warung yang memang disediakan untuk pengunjung dengan suguhan berbagai macam makanan, sehingga wisatawan tidak usah takut kelaparan selama di sana.

Wisata yang terletak di Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor ini tidak pernah sepi pengunjung. Akan tetapi jangan takut karena ukuran halaman yang cukup luas tidak menjadikan rumah kayu ini padat meski banyak pengunjung. Ketika akhir pekan para pengunjung harus bersabar untuk berfoto di spot-spot  karena antreannya yang panjang dapat memakan waktu hingga satu jam lamanya.

Melakukan perjalanan ke  Rumah Kayu Pabangbon tidak harus merogoh kocek terlalu dalam. Lokasinya pun tidak terlalu jauh dari ibu kota dan kota Bogor. Tempat ini sangat disarankan bagi wisatawan yang mencari destinasi wisata alam dengan banyak spot foto bagus dan unik.

Lya Esdwi Yani Syam Arif

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
PERSMA INSTITUT - UIN JAKARTA: Berwisata di Alam Pabangbon
Berwisata di Alam Pabangbon
https://3.bp.blogspot.com/-ZXt7h8S9F88/WgHI-UtumeI/AAAAAAAAJ-E/nBn6hAOAvxYCNli5iEiFihud9ehuULjXACLcBGAs/s320/1494594869146.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-ZXt7h8S9F88/WgHI-UtumeI/AAAAAAAAJ-E/nBn6hAOAvxYCNli5iEiFihud9ehuULjXACLcBGAs/s72-c/1494594869146.jpg
PERSMA INSTITUT - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2017/11/berwisata-di-alam-pabangbon.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2017/11/berwisata-di-alam-pabangbon.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago