Archive Pages Design$type=blogging

Maba Keluhkan Biaya Makrab



Mahasiswa baru (Maba) merasa keberatan dengan adanya kegiatan Malam Keakraban (Makrab) yang dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta. Tempat pelaksanaan yang di luar lingkungan kampus serta biaya yang mahal jadi masalah keberatan maba.

Seperti yang diungkapkan oleh maba jurusan Pendidikan Kimia Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) Safinah Adiliyah  yang mengeluhkan tempat pelaksanaan kegiatan makrab berada di luar kampus. Menurutnya dengan mengambil tempat kegiatan di luar kampus justru biaya yang harus di keluarkan akan lebih besar. “Biaya pendaftarannya Rp90 ribu, kalau untuk aku yang anak kosan kan lumayan mahal, lebih baik beli buku daripada harus bayar,” keluh Fina, Minggu (8/10).

Senada dengan Fina, maba Jurusan Tarjamah Fakultas Adab dan Humaniora Muhammad Syihabuddin Asyraf  juga mengeluhkan biaya pendaftaran makrab yang mencapai Rp200 ribu. Menurut Syihab kegiatan tersebut diperuntukkan pada maba agar dapat menambah wawasan tentang jurusan. Namun Ia mempertanyakan kegiatan makrab yang bertujuan untuk lebih mengenal jurusannya tapi malah sebaliknya mengapa harus berada di luar kampus.

Ketika dikonfirmasi kepada ketua HMJ Tarjamah Imam Maksum Amrullah tentang biaya makrab yang mahal Ia menjelaskan bahwa pihaknya membatalkan acara makrab. Saat ditanya alasannya, Imam tidak memberitahukan alasan mengapa kegiatan yang semula dijadwalkan pada 13-15 Oktober tersebut dibatalkan.

Menanggapi persoalan makrab tersebut, Ketua Jurusan Tarjamah Moch. Syarif Hidayatullah tidak jadinya diselenggarakan kegiatan makrab di luar kampus karena pihak program studi tidak akan bertanggung jawab dengan kegiatan tersebut. Sesuai dengan surat edaran Rektor yang Ia terima tentang pelarangan kegiatan di luar kampus, Ia pun kemudian menerapkannya sesuai peraturan yang ada.

Lebih lanjut apabila HMJ ingin tetap melaksanakannya, Syarif  menekankan agar kegiatan tersebut berada di dalam kampus dan memiliki agenda acara yang  jelas. “Kegiatannnya harus berisi dengan nuansa akademik dan bukan untuk kegiatan senang-senang,” ujarnya, Senin (9/10).

Terkait kegiatan makrab yang berada di luar kampus, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Yusron Razak hanya menyerahkan kewenangan tersebut kepada pihak jurusan maupun fakultas. Menurutnya kegiatan ini berada di bawah jurusan dan pihak universitas pun tidak mempunyai wewenang untuk mengaturnya. “Semua kembali kepada pihak jurusan  tersebut dalam membuat peraturan terkait makrab. Termasuk juga di dalamnya peraturan biaya pendaftarannya,” ujarnya, Senin (9/10).

Lebih lanjut menurut Yusron, dalam pelaksanaannya pihak jurusan harus mengisi kegiatan tersebut dengan agenda yang positif seperti diisi dengan nilai-nilai akademis, edukatif dan islamis serta harus ada pendampingan dari dosen. “Harus ada yang mengawasi kegiatan tersebut minimal dari ketua jurusan tersebut,” tuturnya, Senin (9/10).


HS

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Maba Keluhkan Biaya Makrab
Maba Keluhkan Biaya Makrab
https://1.bp.blogspot.com/-P4GqtNBaAbE/WeBlI7HAZFI/AAAAAAAAJ3Y/cz4SgK4EBt0AH_xnWJOD3vYbvOytxKAuACLcBGAs/s320/template%2Bfoto%2Bweb%2Binstitut.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-P4GqtNBaAbE/WeBlI7HAZFI/AAAAAAAAJ3Y/cz4SgK4EBt0AH_xnWJOD3vYbvOytxKAuACLcBGAs/s72-c/template%2Bfoto%2Bweb%2Binstitut.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2017/10/maba-keluhkan-biaya-makrab.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2017/10/maba-keluhkan-biaya-makrab.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago